Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Pengertian dan Ciri Filsafat

Pengertian dan Ciri Filsafat – Kalau kita berbicara mengenai Filsafat, pasti banyak diantara kita yang bingung dengan arti Filsafat itu sendiri dan apa yang dibahas di dalamnya.

Sangat jarang mata pelajaran di tingkat dasar dan menengah yang membahas tentang Filsafat ini.

Pengertian dan Ciri Filsafat
Pengertian dan Ciri Filsafat

Dan karena biasanya mat pelajaran tentang Filsafat ini diberikan di bangku Kuliah, disini akan disajikan artiikel yang akan sedikit membahas mengenai pengertian dan ciri-ciri Filsafat.

Kita akan membahas terlebih dahulu tentang pengertian Filsafat. Filsafat dapat diartikan menurut berbagai macam bidang ilmu, misalnya :

1). Menurut Terminologi

Filsafat menurut Terminologi dapat diartikan sebagai berikut:

  1. Filsafat adalah ilmu yang menyelidiki mengenai fakta dan prinsip tentang kenyataan dan tingkahlaku manusia.
  2. Filsafat adalah usaha manusia untuk mencari kejelasan yang dilakukan hingga sampai ke akarnya.
  3. Filsafat adalah analisa terhadap penalaran-penalaran mengenai suatu masalah untuk menantukan suatu tindakan.
  4. Filsafat diartikan sebagai ilmu yang menyelidiki tentang logika, etika, metafisika, dan teori Ilmu Pengetahuan.

2). Menurut Etimologi

Filsafat berasal dari bahasa Yunani yaitu “Philosophia” dari kata dasar ‘Philia’ yang berarti ‘cinta’ dan ‘Shopia’ yang memiliki arti ‘kearifan’.

Istilah ini kemudian berkembang dalam Bahasa Inggris, yaitu “Philosophy” yang memiliki arti hampir sama dengan istilah dalam bahasa Yunani.

‘Philos’ yang berarti ‘cinta’ dan ‘Shopy’ yang artinya ‘Pengetahuan’. Di Arab juga berkembang mengenai istilah Filsafat, namun kata Filsafat lebih dikenal dengan kata “Hikmah”.

Selain dari kedua hal yang tersebut di atas, masih terdapat banyak pengertian Filsafat dari para ahli seperti DC.Mulder; H. Hasbullah Bakri, dan lain-lain, serta definisi dari para Fulusuf, seperti Plato; Immanuel Kant;Aristoteles; dan lain-lain.

Filsafat sering dijadikan jalan untuk menyelesaikan masalah yang terjadi pada Manusia. Namun demikian, Filsafat memiliki ciri-ciri yang harus dipenuhi, yaitu :

  1. Memahami pandangan dunia luas dengan suatu analisa, karena Filsafat disini bertujuan untuk memahami kenyataan dengan cara menyusun pandangan terhadap dunia.
  2. Berfikir Komprehensif, yaitu seorang filusuf berusaha memberikan penjelasan terkait dengan dunia secara keseluruhan, termasuk dirinya sendiri. Tujuan dari Filsafat ini adalah mencari kebenaran dalam bentuk yang paling umum.
  3. Berfikir Rasional berarti perenungan Filsafat berdasarkan pada konsepsional yaitu hal-hal atau bagan yang bersifat logis dan antara yang satu dengan yang lain memiliki hubungan keterkaitan. Dalam penyelesaian permasalahan berdasarkan prinsip-prinsip logis.
  4. Adanya pemikiran yang keheren, yang dimaksud disini adalah perenungan filsafat berusaha untuk menyusun bagan yang runtut (tidak boleh mengandung pertentangan).
  5. Ada hubungan antar jawaban yang di filsafati, jadi dari banyak pertanyaan dibutuhkan jawaban yang berhubungan timbal balik.

Untuk menghasilkan Filsafat, tentu cara berfikir seorang Filusuf juga berbeda, berikut ini cara berfikir Filusuf, yaitu :

  1. Logis, yang memiliki arti semua hasil yang didapatkan haruslah masuk akal.
  2. Universal, yaitu cara berfikir secara Umum atau tidak terbatas pada hal tertentu.
  3. Sistematis, yaitu berfikir secara logis dan bergerak secara terstruktur.
  4. Radikal, yaitu berfikir hingga konsekuensi yang paling akhir.

Demikian tadi beberapa hal terkait dengan Filsafat, mulai dari Pengertian filsafat, ciri Filsafat, dan ciri berfikir seorang Filusuf.

Dengan artikel ini, besar harapan agar kita dapat mengetahui tentang Filsafat dan mungkin kita mulai tertarik dengan dunia Filsafat. Semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembaca dan penulis sendiri tentunya.

You May Also Like

About the Author: ilmudasar

Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *