Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Pengertian dan Jenis Literasi

Pengertian dan Jenis Literasi – Ada banyak sekali pengertian tentang Literasi. Misalnya saja seperti yang dipaparkan oleh Education Development Center (EDC), disana disebutkan bahwa Literasi adalah kemampuan Individu untuk menggunakan potensi dan skill yang dimiliki, di dalamnya juga termasuk kemampuan baca tulis.

UNESCO mengartikan bahwa Literasi adalah seperangkat keterampilan nyata, khususnya ketrampilan kognitif (membaca dan menulis) terlepas dari cara memperoleh dan oleh siapa diperolehnya.

Pengertian dan Jenis Literasi
Pengertian dan Jenis Literasi

Secara umum Literasi dapat diartikan sebagai kemampuan seorang individu dalam mengolah dan memahami saat membaca maupun menulis yang tidak terlepas dari ketrampilan bahasa (terkait dengan bahasa lisan maupun tulis) dan memerlukan kemampuan kognitif, pengetahuan tentang genre dan kultural.

Jenis Literasi

Terdapat 9 macam literasi yang mungkin bisa dipelajari melalui pendidikan, yaitu :

  • Literasi Informasi

Literasi Informasi adalah kemampuan seseorang dalam menentukan suatu informasi, kemampuan menemukan, dan kemampuan untuk mengevaluasi. Kemudian dari ketiga hal tersebut dimasukkan ke dalam format yang jelas dan mudah dipahami.

  • Literasi Statistik

Literasi Statistik merupakan kemampuan untuk melakukan pemahaman mengenai keperluan masyarakat terkait dengan suatu statistik. Sehingga hal-hal atau materi-materi yang telah dipublikasikan dapat dipahami oleh masyarakat.

  • Literasi Tekhnologi

Literasi Tekhnologi adalah kemampuan yang dimiliki seseorang untuk bekerja secara efektif, penuh dengan tanggung jawab, dan tepat. Kemampuan ini biasanya dimiliki seseorang untuk keperluan mendapat, mengelola, memproses, hingga mengkomunikasikan informasi-informasi tersebut.

  • Literasi visual

Literasi Visual adalah kemampuan dalam hal menafsirkan, menciptakan, dan menegosiasikan makna dari informasiyang berupa gambar visual. Atau dapat dikatakan pengolahan sebuah informasi ke dalam bentuk visual.

  • Literasi Kritikal

Literasi Kritikal adalah pendekatan instruksional yang menganjurkan untuk melakukan adopsi perspektif secara kritis terhadap suatu teks. Dapat juga dikatakan bahwa literasi ini bertujuan untuk mendorong pembaca agar menganalisis dan mencari pesan yang terkandung dalam teks tersebut.

  • Literasi Data

Literasi Data adalah kemampuan untuk melakukan analisis terhadap suatu data.

  • Literasi Digital

Literasi Digital adalah kemampuan dasar untuk menjalankan komputer, Internet, memahami, berpikir kritis, evaluasi media digital, dan merancang konten komunikasi.

  • Literasi Finansial

Literasi Finansial adalah kemampuan dalam membuat penilaian terhadap informasi serta keputusan yang efektif pada penggunaan dan pengelolaan uang. Kemampuan tersebut mencakup hal-hal yang berkaitan dengan bidang keuangan.

  • Literasi Kesehatan

Literasi Kesehatan adalah kemampuan untuk memperoleh, mengolah, dan memahami informasi dasar mengenai kesehatan serta layanan-layanan apa saja yang diperlukan dalam membuat keputusan yang menyangkut tentang kesehatan.

Selain jenis, Literasi ini juga terbagi dalam beberapa dimensi, yaitu:

  • Dimensi Bidang

Dimensi Bidang terdiri dari pendidikan, administrasi, komunikasi, militer, hiburan, dan lain-lain. Dimensi ini dapat menunjukan Literasi dalam sebuah bangsa.

  • Dimensi Geografis

Dimensi Geografis meliputi local, regional, nasional, dan internasional. Dimensi ini didasarkan pada pula pada tingkatpendidikan dan vokasionalserta jaringan social yang dimilikinya.

  • Dimensi Jumlah

Dimensi Jumlah merujuk pada banyak hal, misalnya bahasa, media, dan bidang ilmu. Literasi sama dengan kemempuan berkomunikasi.

  • Dimensi Fungsi

Dimensi Fungsi adalah literasi untuk menyelesaikan persoalan, mendapatkan pekerjaan, mencapai tujuan, mengembangkan pengetahuan, dan mengembangkan potensi diri.

  • Dimensi Ketrampilan

Dimensi Ketrampilan adalah cerminan literasi yang dimiliki seseorang. Hal ini meliputi membaca, menulis, menghitung, dan berbicara.

  • Dimensi Media

Dimensi Media terdiri dari teks, visual, cetak, dan digital. Perkembangan tekhnologi menjadi hal yang sangat berpengaruh dalam Dimensi ini.

  • Dimensi Bahasa

Dimensi Bahasa terbagi menjadi ke dalam beberapa hal yaitu etnis, local, nasional, regional, dan intrnasional.

Demikian tadi beberapa hal terkait dengan Literasi. Semoga artikel ini bermanfaat.

You May Also Like

About the Author: ilmudasar

Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *