Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Pengertian, Macam dan Jenis Resiko Dalam Bisnis

Pengertian, Macam dan Jenis Resiko – Kebanyakan dari kita sering menyebutkan tentang Resiko, namun apa sebenarnya resiko itu?

Dan apa saja resiko itu?

Dalam artikel ini akan dibahas mengenai resiko. Resiko atau risk adalah dampak atau akibat dari sesuatu hal yang mungkin saja bisa terjadi.

Pengertian, Macam dan Jenis Resiko
Pengertian, Macam dan Jenis Resiko

Resiko ini selalu dipandang sebagai hal yang merugikan atau membahayakan, namun terkadang ada pula resiko yang menguntungkan walaupun hanya terjadi pada beberapa hal saja. Resiko terbagi menjadi dua macam, yaitu :

  1. Resiko Spekulatif atau Resiko Bisnis

Resiko Spekulatif atau Resiko Bisnis adalah suatu keadaan yang dihadapi oleh sebuah perusahaan atau suatu usaha dimana resiko tersebut dapat merugikan namun dapat pula menguntungkan.

Misalnya jika dua perusahaan menjalin kerja sama, disana pasti terdapat sesuatu yang mungkin dapat menguntungkan kedua perusahaan tersebut atau mungkin merugikan kedua pihak, dan hal tersebut wajar dilakukan.

  1. Resiko Murni (Pure Risk)

Resiko Murni (Pure Risk) adalah suatu keadaan dimana suatu hal berakibat kerugian atau tetap (tidak terjadi peningkatan maupun penurunana) karena dalam hal tersebut tidak akan mungkin menguntungkan.

Misalnya seorang yang menjual pakan ternak di daerah rawan bencana, kemudian produk yang dijual tersebut musnah karena bencana alam.

Jika orang tersebut tidak berjualan di daerah tersebut, kemungkinan usahanya baik-baik saja.

Disini dijelaskan tentang pelaku usaha di suatu daerah rawan bencana yang dagangannya ditelan bencana dan kalaupun dia tidak berada di tempat tersebut, dagangannya juga belum tentu menguntungkan.

Selain macamnya, resiko yang sering dialami dalam dunia usaha juga terdapat beberapa jenis, yaitu:

  1. Resiko Perusahaan

Resiko Perusahaan adalah resiko yang dialami oleh perusahaan dan dampaknya akan mempengaruhi usaha tersebut.

misalnya sebuah perusahaan yang memproduksi sesuatu yang dilarang, maka perusahaan tersebut akan mendapatkan peringatan berupa denda atau bahkan sampai ditutup.

  1. Resiko keuangan

Resiko keuangan adalah resiko yang memiliki dampak kerugian terhadap kauangan suatu perusahaan.

  1. Resiko Likuiditas

Resiko Likuiditas adalah hal yang berkaitan dengan ketersediaan uang tunai dalam suatu perusahaan. Hal seperti ini dapat terjadi jika ada tagihan macet dari pelanggan yang menyebabkan terjadinya suatu permasalahan dalam ketersediaan uang tunai.

  1. Resiko Permodalan

Resiko Permodalan adalah resiko yang diakibatkan oleh kerugian penjualan, likuiditas, dan keuangan yang membuat modal usaha mengalami penurunan yang signifikan.

Misalnya produsen kaos yang di daerahnya sudah tidak mendapatkan tempat pemasaran karena sudah ada produsen kaos lain yang lebih populer dan lebih bagus, sehingga produsen kaos yang pertama tadi memiliki inisiatif untuk mengirimkan produknya ke luar kota untuk mendapatkan hasil penjualan yang lebih bagus. Namun semua tidak sesuai harapan karena di luar kota pun, kaos-kaos tersebut juga tidak laku.

Jadi produsen kaos yang pertama tadi harus rugi pengiriman barang dan tidak bisa balik modal karena biaya tadi termasuk anggaran di luar rencana.

  1. Resiko Pasar

Resiko Pasar adalah Resiko yang terjadi karena kegagalan pemasaran, kalah saing, dan minat masyarakat yang semakin kecil terhadap barang-barang yang telah diproduksi.

Demikian tadi macam-macam resiko dan jenis-jenis resiko yang sering terjadi di perusahaan. Karena dalam suatu perusahaan tidak pernah lepas dari resiko, maka hendaklah kita berfikir secara matang dulu sebelum melakukan sesuatu.

Dalam suatu perencanaan hal terkait dengan resiko akan disinggung, maka kita perlu untuk melakukan perencanaan terlebih dahulu agar setidaknya kita mendapat gambaran terkait dengan hal yang akan kita laksanakan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca, khususnya bagi penulis sendiri.

You May Also Like

About the Author: ilmudasar

Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *