Mengetahui Tentang Asal – Usul Buah Plum Yang Lezat Dan Berkhasiat

Asal – Usul Buah Plum – Jika anda jalan – jalan ke mall, biasanya di rak – rak panjang buah pasar swalayan bisa melihat beberapa jenis buah impor diantaranya adalah buah yang mirip dengan apel tetapi berdaging agak lunak dan banyak mengandung air, berdiameter sekitar 3 – 5 cm.

Mengetahui Tentang Asal - Usul Buah Plum Yang Lezat Dan Berkhasiat

Mengetahui Tentang Asal – Usul Buah Plum Yang Lezat Dan Berkhasiat

Warna buah ini sangat cantik yaitu kuning dan oranye kemerahan dengan biji keras sekali, sehingga buah ini diklasifikasikan ke dalam kelompok buah stone fruit seperti peach dan nektarin. Orang Eropa menyebutnya dengan nama populer plum.

Sejarah ditemukannya buah plum (prunus spp) pertama kali adalah dikenalkan oleh bangsa Eropa sejak 200 tahun yang lalu.

Hingga saat ini, pemulia tanaman buah plum telah menghasilkan sekitar 40 varietas budidaya : 14 varietas plum Eropa (p. domestica), 18 varietas plum Jepang (p. salicina) dan 8 varietas plum ceri (p. cerasifera) serta sejumlah hasil silangan buah plum antar spesies.

Berbagai varietas plum tersebut dihasilkan dengan dua cara yaitu penyerbukan : penyerbukan sendiri dan penyerbukan silang. Dalam penyerbukan silang dibutuhkan dua varietas dari spesies yang sama dan memiliki waktu berbunga yang bersamaan.

Namun tidak setiap varietas bagus disilangkan dengan jenis yang lainnya dalam satu varietas. Anda mesti mempelajari terlebih dahulu varietas unggul yang akan dipilih untuk nantinya dibuat silang atau justru melakukan penyerbukan sendiri terhadap satu varietas unggul.

Plum banyak digemari oleh masyarakat dari beragam lapisan. Yang paling umum dikenal adalah tiga jenis buah plum yang terdiri dari beberapa varietas unggulan yaitu yellow peach, white peach atau plum China dan di pasar swalayan lebih suka menyediakan plum Jepang.

Buahnya berwarna ungu kemerahan dan sangat eksotik, banyak mengandung air dan rasanya sangat manis. Selain sebagai buah segar, plum dijual dalam bentuk olahan buah kaleng yang disebut prune. Makanan ini mengandung banyak mineral dan vitamin.

Di Eropa, plum biasa disajikan sebagai buah meja atau pencuci mulut selain plum juga diproses menjadi beragam produk olahan seperti cake, selai, jeli, manisan kalengan dan penyedap rasa buah untuk minuman atau campuran es krim.

Semua produk yang berbahan dasar dari buah plum disebut prune. Plum dan prune menurut Encylopedia of Fruitsfor Healthful Living adalah makanan olahan dari buah segar yang sangat kaya akan kandungan gizi dan berguna untuk kesehatan tubuh serta kecantikan kulit seorang wanita.

Tak heran jika di Jepang, plum banyak dikonsumsi oleh remaja putri untuk tujuan diet dan menjaga kehalusan kulit muka serta tubuh mereka.

Menurut Luther Burbank, pakar hortikultura tanaman plum dari Amerika Serikat, mengintroduksi plum aslinya berasal dari China kemudian dikembangbiakkan ke Kalifornia pada tahun 1885.

Plum yang pertama kali dibudidayakan di Jepang dan sekarang ini terkenal dengan nama plum Jepang adalah lebih tepat dibudidayakan di daerah beriklim sedang (tropis).

Tak mengherankan bila plum Jepang berhasil tumbuh subur di dataran tinggi desa Tulung Rejo, Batu, Malang dan banyak diolah menjadi manisan buah plum yang dikeringkan lalu dikemas ke dalam kotak – kotak cantik dan telah banyak dijual dimana diketahui buah plum kering kaya akan manfaat kesehatan terutama buat para wanita yang sedang melakukan program diet.

The Author

ilmudasar

Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *