Pengertian, Manfaat dan Jenis Content Marketing

Pengertian Content Marketing : Manfaat dan Jenis Content Marketing – Perkembangan teknologi dan informasi memudahkan manusia untuk saat ini.

Banyaknya industri yang bergerak di bidang apapun sekarang beralih menggunakan berbagai macam fasilitas yang sekarang menggunakan teknologi.

Salah satu yang menjadi perkembangan pesat di dunia teknologi adalah bidang bisnis.

Karena sekarang banyak sekali persaingan bisnis yang memacu berbagai perusahaan untuk mengedepankan produk-produk andalannya agar bisa terkenal tanpa harus menawarkan dari satu tempat ketempat lainnya.

Kali ini kita akan membahas apa itu Content marketing dan juga manfaatnya.

Pengertian Content Marketing

Dengan banyaknya pilihan dalam berbisnis di era digital sekarang bagi sebagian orang banyak yang belum tahu apa itu Content Marketing.

Nah buat kamu yang belum tahu apa itu Content Marketing bisa disimak penjelasan berikut ini.

Content Marketing adalah strategi pemasaran yang mempunyai memfokuskan pada content atau tulisan yang bisa menarik perhatian para pengunjung yang ada di website.

Dengan kata lain content marketing itu mengajak pengunjung website melalui promosi dengan kata-kata yang menarik sehingga mereka mau membeli barang kita tawarkan.

Bagaimana Agar Content Marketing Itu Efektif?

Walaupun sekarang banyak sekali yang menggunakan content untuk kegiatan promosi produknya tapi kamu belum tahu bagaimana cara agar content itu efektif.

Dibawah ini ada beberapa cara agar content marketing kamu bisa lebih efektif lagi dan bisa memiliki nilai jual :

1). Buatlah tulisan yang menarik

Kamu bisa lakukan dengan membuat tulisan promosi kamu lebih efektif dengan cara menuliskan kata-kata yang singkat padat dan jelas.

Dengan begitu para pengunjung yang akan membeli itu akan lebih tertarik tapi selain itu juga perhatikan kata-katanya agar bisa menarik para pembeli

2). Buat Gambar Produk Yang Simpel

Selain membuat tulisan yang menarik diperlukan juga gambar yang bisa membuat para pengunjung tertarik, dan jika kepingin efektif hendaknya kamu buat gambar yang cukup unik dan simpel dan tentunya dengan cara itu bisa membuat produk kamu lebih terkenal.

3). Promosikan Produk Di Social Media

Cara agar content marketing kamu bisa dilirik oleh para pengunjung di situs, kamu bisa promosikan produk kami dengan content yang menarik dan bagikan ke berbagai Social Media yang ada seperti Facebook, Twitter dan Instagram. Dengan begitu content marketing kamu bisa membantu menaikkan produk yang akan jual.

Manfaat Membuat Content Marketing

Tadi sudah disebutkan pengertian dari content marketing dan sekaligus juga memberi informasi tentang bagaimana cara agar content marketing bisa dilirik para pengunjung website.

Nah kali ini kita akan membahas tentang manfaat membuat content marketing supaya kamu bisa maksimal menjalankan bisnis kamu.

Dibawah ini ada beberapa manfaat jika kamu bisa memaksimalkan content marketing kamu:

1). Meningkatkan Jumlah Penjualan

Membuat content marketing tentunya akan melibatkan para konsumen yang akan membeli produk yang akan ditawarkan.

Konten menarik yang kamu tulis di produk kami nantinya mengubah persepsi dari yang tadinya hanya melihat konten kamu akhirnya menjadi pembeli produk yang kamu tawarkan.

Dan jika kamu mampu membuat konten yang menarik kamu akan mendapatkan bayaran yang sepadan dengan konten yang kamu buat.

2). Bisa Menarik Perhatian Pengunjung Website

Sebuah situs penjualan akan laris jika mereka mampu menarik perhatian para pengunjung.

Dengan banyaknya pengunjung yang melihat konten kamu di website bisa membuat penjualan barangnya akan meningkat setiap hari dan malahan setiap jam.

Penulisan konten yang menarik akan membuat para pengunjung website kamu akan lebih berlama-lama melihat produk kami yang ada di website. Disamping itu bisa membuat promosi produk kamu terkenal.

3). Membuat Produk Semakin Terkenal

Produk yang bagus tentunya akan semakin membuat konsumen percaya terhadap produk yang akan dijual.

Hal ini bisa dilakukan dengan mempromosikan produk kamu dengan membuat konten yang menarik perhatian para pengunjung website.

Apalagi sekarang dengan  membuat konten yang bagus akan membuat produk yang tadinya tidak terkenal menjadi terkenal. Kami bisa melihat apa saja produk yang diinginkan oleh konsumen.

4). Produk Akan Dipercaya Konsumen

Salah satu cara untuk produk kamu bisa dipercaya oleh konsumen adalah dengan  memberikan Konten yang bervariatif seperti membuat konten dengan memberikan testimoni dari konsumen supaya bisa dipercaya oleh calon pembeli.

Dan yang terpenting adalah pengunjung akan tertarik dengan isi dari konten tersebut.

Jenis-jenis Content Marketing

Buat kamu yang kepingin mempunyai usaha bisnis online kamu sebaiknya kenali jenis-jenis Content Marketing yang bisa kamu coba agar bisa untung dan bisa membuat penghasilan kamu bertambah.

Oleh karena itu dibawah ini ada beberapa jenis-jenis Content Marketing yang menguntungkan kamu:

1). Infografik

Content marketing jenis ini menjadi content marketing yang praktis dan mudah. Karena infografik bisa menyederhanakan jenis content dalam bentuk grafik.

Infografik ini bisa memudahkan untuk di share ke berbagai Social Media yang ada.

Bila kamu mendapatkan pesanan produk minuman ini bisa membantu kamu karena bentuk kalimatnya mudah seperti membahas tentang cara memilih minuman bersoda yang benar dll.

Dengan menggunakan content marketing ini bisa membuat produk kamu akan semakin terkenal.

2). Animasi Explainer

Jenis konten selanjutnya yang bisa kamu coba yaitu Animasi Explainer. Konten ini bisa menjelaskan produk anda secara singkat, padat dan jelas.

Animasi Explainer ini cocok digunakan bagi kamu yang ingin mempromosikan langkah menggunakan produk, tutorial menggunakan produk, promosi produk yang bisa dipahami dengan jelas.

Content marketing ini bisa kamu gunakan di YouTube, Instagram, dan website yang kamu miliki.

3). E Book

Jika kamu ingin meningkatkan jumlah peningkatan brand yang kamu jual kamu bisa gunakan EBook.

Karena E Book bisa menempatkan suatu produk semakin terkenal di era modern ini.

Misalnya kamu punya produk tentang usaha otomotif , kamu bisa tulis terbitkan tulisan berbentuk buku lalu bisa kamu jual ke konsumen kamu agar semakin tambah maju lagi dan semakin banyak yang tahu produk kamu.

Apalagi jika kamu menyebarkan E Book secara gratis bagi konsumen kamu, hal itu bisa membuat kepercayaan terhadap para konsumen semakin besar.

4). Product Review

Sebenarnya jenis content ini  sama saja dengan menulis artikel tapi bedanya yang ditulis disini bukan ditulis langsung oleh pemilik website tapi ditulis oleh para pelanggan yang mempunyai banyak followers.

Baca Juga :

Misalnya saat kamu ingin mempromosikan produk, kamu bisa minta ulasan dari para pelanggan yang banyak followers supaya Product Review nya bisa tampil di website.

Dengan menggunakan konten yang kamu tulis bisa jadi para pelanggan ini merekomendasikan produk yang ada di website kamu.

Itulah beberapa pengertian dari content marketing dan manfaatnya semoga kamu bisa menggunakan dari salah satu jenis content marketing diatas juga. Agar bisa menambah penghasilan kamu