Cara Membuat Website Dengan Banyak Bahasa di WordPress

Cara Membuat Website Dengan Banyak Bahasa di WordPress

Cara Membuat Website Dengan Banyak Bahasa di WordPress – Saat ini internet berkembang dengan pesat dan mendunia.

Hampir sebagian besar aktivitas dilakukan secara digital, mulai dari komunikasi, mencari informasi, dan berbagi informasi kepada banyak orang.

Berkembangnya internet diiringi pula dengan perkembangan blog khususnya WordPress.

Kini banyak blogger yang mulai aktif membangun blog baik blog pribadi, blog profesional, hingga blog bisnis.

Anda bisa memanfaatkan blog untuk pengembangan bisnis Anda tidak hanya secara lokal, namun bisa internasional.

Untuk menjangkau berbagai negara, tentu dibutuhkan berbagai bahasa (multibahasa) sehingga dapat mempermudah pengguna internet dari berbagai negara untuk memahami konten yang Anda tampilkan dalam situs Anda.

Memang bukan perkara mudah untuk membuat website bisa mendukung berbagai bahasa.

Namun jangan khawatir, kami akan memberikan informasi cara membuat website dengan banyak bahasa di WordPress. Bagaimana caranya? Simak ulasan di bawah ini!

Baca Juga :

Membuat WordPress dengan Berbagai Bahasa

Agar blog WordPress mendukung banyak bahasa (multibahasa) dibutuhkan plugin khusus yaitu Weglot Translate.

Ini merupakan alat yang akan menjadi solusi bagi Anda yang ingin menciptakan blog WordPress dengan berbagai bahasa.

Tak perlu khawati, karena plugin Weglot memberikan hasil terjemahan yang berkualitas dan mudah dipahami.

Plugin ini mampu menerjemahkan konten yang ada dalam situs Anda ke dalam berbagai bahasa dengan mudah tanpa perlu melakukan setting dengan kode tertentu.

Weglot Translate mempunyai dashboard yang user friendly, sehingga memudahkan pemilik blog untuk mengedit terjemahan maupun membeli terjemahan yang profesional.

Plugin ini membantu menciptakan konten website multibahasa yang SEO Friendly sehingga mudah terindeks oleh mesin pencari Google.

Cara Menggunakan Weglot Translate untuk Multibahasa Pada WordPress

Bagi Anda yang penasaran dan ingin melengkapi website Anda dengan plugin penerjemah bahasa, simak langkah-langkahnya berikut ini:

1). Install Plugin Weglot dan Aktifkan

Untuk bisa menggunakan plugin penerjemah bahasa Weglot, Anda perlu menginstal dan mengaktifkannya terlebih dahulu. Bagaimana caranya?

  • Pertama, buka dashboard Admin WordPess Anda.
  • Kemudian klik menu Plugins – Add New – Pilih plugin “Weglot Translate” (untuk mempermudah pencarian plugin, Anda bisa mengetikkan Weglot pada kolom search. Kurang lebih seperti gambar di bawah ini:
Cara Membuat Website Dengan Banyak Bahasa di WordPress
Cara Membuat Website Dengan Banyak Bahasa di WordPress
  • Setelah menemukan plugin Weglot Translate, selanjutnya Klik Install Now untuk melakukan konfigurasi.
  • Langkah selanjutnya yaitu melakukan integrasi Plugin dan Server Weglot. Untuk melakukan integrasi, Anda membutuhkan API KEY (bisa didapatkan dengan mengklik link Login to Weglot to get your API KEY) yang terdapat pada main configuration.

  • Maka Anda akan dibawa pada halaman Pendafatraan situs resmi Weglot.
  • Copykan API KEY yang sudah Anda dapatkan tadi, dan pastekan ke dalam kolom API KEY di Main Configurations.

  • Perhatikan gamber di atas. Pada kolom Original Language, isilah bahasa asli yang ingin Anda gunakan dalam website Anda. Misalnya “Bahasa Inggris/English” atau Anda juga bisa mengisinya dengan “Bahasa Indonesia”. Kemudian, pada kolom “Destinasi Languages”, masukkan berbagai bahasa yang Anda inginkan, agar konten dalam blog Anda bisa diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa sesuai yang Anda tentukan dalam “Destinasi Languages”. Untuk memasukkan bahasa yang lebih banyak, pisahkan dengan tanda koma (,).
  • Selanjutnya, dibagian “Language Button Appearance” lakukan setting tombol navigasi untuk pengunjung situs Anda jika ingin menerjemahkan ke dalam bahasa lain. Kurang lebih akan muncul tampilan sebagai berikut:

  • Jika semua sudah diisi dan disetting sesuai keinginan Anda, jangan lupa tekan “Save” atau simpan.

Mudahkan? Proses installasi plugin Weglot sudah selesai. Kini Anda bisa mengedit terjemahan teks dari konten yang Anda unggah.

2). Edit Teks Terjemahan

Jika langkah pertama sudah selesai, maka saatnya melanjutkan ke langkah kedua yaitu mengedit teks terjemahan.

  • Silakan kunjungi dashboard Weglot, maka Anda akan menemukan dua menu yaitu “Visual Editor” dan “List of Translations”. Untuk mengedit terjemahan, klik “Visual Editor”, maka Anda bisa mengedit terjemahan secara langsung melaluli website dan melakukan hal tersebut secara live. Berikut tampilan dashboard Weglot untuk mengedit terjemahan.

  • Saat Anda klik “Visual Editor”, maka akan muncul tampilan pop up yang menyediakan sebuah kolom. Kurang lebih tampak seperti gambar berikut:

Anda bisa mengisi kolom-kolom tersebut dengan bahasa asli yang tampil dalam website dan terjemahannya sesuai dengan pilihan bahasa yang sudah Anda tetapkan di awal saat setting Weglot.

  • Tekan OK untuk mengakhiri dan menyimpan terjemahan yang sudah Anda tuliskan.

Mudahkan? Weglot tergolong plugin terjemahan yang memiliki tampilan sederhana. Jadi, bagi Anda yang masih awam dengan blog WordPress, tidak perlu khawatir. Anda bisa belajar dengan mudah menggunakan plugin Weglot.

Keuntungan menggunakan WordPress dengan banyak bahasa (Multibahasa)

Ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika blog Anda didukung oleh multibahasa.

1). Lebih mudah meningkatkan trafik Blog

Semakin banyak dukungan bahasa dalam satu konten di dalam website Anda, maka semakin banyak kemungkinan website Anda memiliki rating yang tinggi.

Sebagai contoh, jika Anda menetapkan 5 bahasa di dalam satu konten, maka Google akan merangking dalam 5 konten yang terpisah.

2). Dapat menjangkau lebih banyak pengguna Internet

Fitur multibahasa yang Anda terapkan dalam website Anda, juga membantu untuk menjangkau lebih banyak audiens (pengguna internet). Dengan adanya fitur multibahasa, memiliki kemungkinan diakses lebih banyak orang dari berbagai dunia, karena mendukung bahasa yang berbeda-beda.

Jika website yang Anda miliki bergerak dalam bidang bisnis, maka ini bisa menjadi kesempatan besar bagi Anda untuk mendapatkan calon pembeli.

Pertimbangan Pembuatan Website Multibahasa

Beberapa orang bertanya “Apakah membuat website multibahasa itu sangat penting?”.

Jika Anda melihat keuntungannya, tentu website multibahasa sangat penting untuk perkembangan situs Anda.

Baca Juga :

Walaupun demikian, ada beberapa pertimbangan yang perlu Anda lakukan sebelum membuat website multibahasa pada WordPress, diantaranya sebagai berikut:

  • Lihat terlebih dahulu audiens yang mengakses situs Anda berasal dari mana. Hal ini berguna untuk menetapkan bahasa yang ingin Anda terapkan dalam website Anda.
  • Time on site. Selain mengetahui lokasi audiens, cek juga berapa lama audiens atau pengunjung mengunjungi situs Anda.
  • Lihat respon. Cek kembali situs Anda, bagaimana respon audiens terhadap website Anda melalui like, komentar, maupun share. Sehingga Anda akan melihat audiens dari negara mana yang lebih banyak berinteraksi dengan halaman Anda.

Tiga point di atas bisa dijadikan patokan sebelum membuat website WordPress mendukung multibahasa.

Demikianlah ulasan tentang cara membuat website dengan banyak bahasa di WordPress yang dapat Anda praktikkan pada website Anda. Selamat mencoba.

Tinggalkan komentar