Cara Memperbaiki Crawl Errors Pada Google Webmaster

Cara Memperbaiki Crawl Errors Pada Google Webmaster – Kadang kala pada saat kalian membuka sebuah website kadang muncul tulisan “Eror 404” sebenarnya penyebab utama crawl error yang biasa sering terjadi yaitu karena ada beberapa halaman yang tidak ada, atau web itu tidak eksis lagi.

Dan error ini biasa disebut dengan Error 404. Hal ini bisa dikarenakan faktor kelalaian dari kalian para blogger, bisa juga bawaan dari template, atau bisa jadi karena ada faktor – faktor yang lain.

Biasanya google mencoba crawl blog kalian dengan secara keseluruhan agar dapat terindex secara penuh dalam search engine, akan tetapi tidak jarang ada halaman yang search engine tidak temukan dalam blog yang kalian miliki dan kebanyakan kadang para blooger tidak sadar akan hal itu.

Tentu saja hal itu tidak baik bagi blog kalian jika pada saat google melakukan crawl terlalu banyak ditemukan Page Not Found dalam blog tersebut.

Crawl Error atau Page Not Found juga merupakan masalah yang sangat biasa terjadi dan tidak dapat dihindari, maka  semakin bertambahnya usia situs maka jumlah error juga akan semakin banyak.

Dan secara tidak langsung masalah ini akan mempengaruhi kualitas SEO blog dan tingkat kepercayaan search engine.

Karena dengan adanya crawl error dapat mengindikasikan kesehatan blog, jadi semakin banyak jumlah error yang ditemukan oleh search engine pada blog yang kalian kelola maka situs kalian dianggap tidak sehat dan tidak terawat. Dengan begitu efeknya terhadap SEO dan perkembangan blog juga akan buruk.

Nah bagi kalian yang memiliki blog atau website dan terjadi error, tenang saja ada solusi untuk mengatasi itu semua. Lalu bagaimana cara memperbaiki crawl errors tersebut? Inilah beberapa cara mengatasi hal tersebut :

1). Silahkan login pada Google Webmaster Tools anda dan masuk menu Crawl

Langkah yang pertama yang harus kalian lakukan yaitu kalian harus login ke Google Webmaster Tools kalian.

Jika kalian belum mempunya silahkan daftar terlebih dahulu ke Google Webmaster Tools.

Tapi pasti kalan sudah memiliki akunnya. Setelah kalian login maka pilihlah blog mana yang akan kalian perbaiki, setelah itu masuk ke meni Crawl.

2). Lihat pada sub menu Crawl Error

Setelah kalian masuk kemenu crawl maka kalian lihat ke sub menu Crawl Error, disitu nanti akan ada list Url mana saja yang mengalami error saat proses crawl.

Perlu kalian cermati bahwa disini ada dua versi Crawl Error yang harus kalian perbaiki, yang pertama yaitu pada versi Desktop lalu yang kedua yaitu versi Smartphone. 

dari gambar tersebut dapat dilihat bahwa disitu ada tiga Url yang error. Kalian bisa mencatat Url – url tersebut pada notepad atau kalian juga bisa dowload laporan tersebut yang nantinya dapat dibuka dengan Ms. Excel.

3). Kemudian buka menu Google Index yang ada pada sidebar

Setelah Url – url yang tadi kalian catat dan kalian simpan. Sekarang yang harus kalian lakukan adalah buka menu Google Index yang ada pada sidebar, dan kemudian akan muncul beberapa sub menu dan silahkan kalian pilih Remove URLs.

Pada gambar tersebut langkah berikutnya yaitu kalian klik Temporarily Hide seperti pada nomor satu, dan kemudian akan muncul kolom, pada kolom tersebut yang di beri nomor dua, masukkan Url Error milik kalian (Url yang telahkalian simpan tadi) seperti berikut ini : Http://AlamatBlogKalian/UrlErrorKalian

Lalu gantilah tulisan warna biru dengan alamat blog kalian, dan ganti tulisan warna merah dengan Url Error.

Kemudian klik Continue. Dan  lakukan juga hal ini satu per satu pada Url yang error baik versi Desktop atau Smartphone.

Setelah itu pastikan bahwa URL sudah benar, kemudian untuk Request Type kalian pilih Temporaily hide page from search results and reove from cache. Lalu kemudian kalian klik Submit Request.

Dan sampai disini proses request agar URL kalian akan aman atau Crawl sudah berhasil
Kalian hanya menunggu prosesnya kurang lebih 1×24 jam.

4). Masuk Lagi Pada Menu Crawl

Sambil menunggu proses Remove Url pada langkah yang sebelumnya tadi, kalian bisa langsung masuk pada langkah berikutnya.

Yaitu silahkan kalian masuk lagi ke menu Crawl lalu kemudian pilih sub menu Crawl Error. pada langkah ini kalian akan tandai semua Url – url error tadi menjadi sudah diperbaiki (Mark As Fixed).

Dan silahkan kalian centang semua Url Error tersebut dan klik tombol Mark As Fixed. Apabila sudah melakukan Mark As Fixed maka akan muncul konfirmasi dan kalian bisa klik ok.

Setelah kalian melewati beberapa langkah diatas, maka kalian hanya tinggal menunggu blog kalian dikunjungi oleh google, dan biasanya 1×24 jam.

Kemudian setelah itu kalian akan dapat melihat status Error pada Crawl sudah hilang.

Updated: April 2, 2019 — 7:08 pm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *