9 Cara Mudah Menulis Artikel SEO Friendly

Cara Menulis Artikel SEO Friendly – Banyak blogger yang dapat menulis atau membuat artikel dengan cepat dan rapi.

Namun, apakah artikel yang dibuat benar-benar berkualitas dan memenhi standar SEO?

Untuk membuat situs Anda mendapatkan posisi teratas oleh mesin pencari, artikel yang ditulis tidak hanya panjang, namun juga harus SEO friendly.

Bagaimanakah cara menulis artikel SEO Friendly? Hal tersebut akan kami bahas dalam artikel berikut ini!

Cara Menulis Artikel SEO Friendly

Artikel yang berisi informasi bermanfaat akan kurang menarik jika tidak dikemas dengan tata bahasa yang baik sehingga menjadi artikel yang berkualitas. Artikel berkualitas yang dapat meningkatkan peringkat situs juga perlu didukung dengan artikel SEO. Nah, jika Anda belum memahami cara membuat artikel SEO friendly, coba simak cara-caranya di bawah ini!

1). User Experience (Pengalaman Pengguna)

Point utama dari artikel SEO friendly adalah berdasarkan pengalaman pengguna (user experience).

User experience yang dimaksud adalah aktivitas yang dilakukan oleh pengguna internet (visitor) saat menjejah situs Anda.

Mulai dari berapa lama user mengakses situs, berapa lama user berada pada satu lamanan dan berpindah ke halaman lain, respon dari artikel yang dibaca (menyukai, memberikan komentar, atau membagikan artikel ke media sosial), hingga artikel mana saja yang diklik dan dibaca.

Google mampu melacak aktivitas pengguna dalam situs Anda. Inilah mengapa faktor user experience sulit untuk dimanipulasi dengan menggunakan tool khusus untuk berbuat curang yang dilakukan pemilik blog.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi tingkat user experience terhadap blog Anda meningkat yaitu:

  • Desain blog/website profesional.
  • Memiliki navigasi yang mudah.
  • Loading cepat.
  • Konten artikel mudah dipahami, bebas typo, dan memberikan informasi yang jelas.

2). Pastikan Judul Artikel Mengandung Keyword

Cara selanjutnya yaitu membuat judul artikel yang memuat keyword. Tentukan keyword atau kata kunci yang Anda buat untuk artikel website.

Jangan lupa buatlah judul yang mengandung kata kunci yang sudah Anda tetapkan.

Hal ini akan membantu artikel Anda terindeks oleh Google dengan cepat. Walaupun ada istilah bahwa peletakan keyword pada judul lebih baik berada di sebelah kiri awal kata.

Semakin ke kiri semakin baik. Namun, hal ini juga perlu dipertimbangkan kembali, yang terpenting adalah membuat judul yang mengandung kata kunci dan enak dibaca.

Jangan sampai karena ingin memenuhi persyaratan SEO friendly, memaksa Anda untuk meletakkan keyword di sebelah kiri pada judul yang akhirnya membuat judul kurang enak dibaca bahkan membingungkan.

Sementara untuk panjang judul, usahakan membuat judul kurang dari 71 karakter.

Jangan terlalu panjang yang terlalu gamblang menyampaikan isinya, sehingga sudah tidak membuat orang penasaran. Atau terlalu pendek yang membuat orang lain tidak tertarik.

3). Tulislah Artikel yang Panjang dan Mendalam

Sudah terbukti banyak pengalaman bahwa semakin panjang artikel, semakin baik pula peringkatnya dalam search engine.

Namun, pastikan panjang artikel yang Anda tulis berkualitas dengan pembahasan mendalam.

Bukan hanya sekedar mengulang-ulang pembahasan, sehingga inti atau informasi yang disampaikan justru minim.

Gunakan bahasa pembahasan yang mudah dipahami, sehingga memudahkan pembaca mendapatkan informasi yang dicari dan mengerti makna artikel yang Anda tulis.

Anda juga bisa mendukung artikel Anda dengan gambar atau video sehingga membuat pembaca tidak mudah bosan membaca artikel Anda.

Selain panjang dan mendalam, tambahkan internal link dalam artikel yang Anda buat.

Internal link tersebut dapat memperkuat antar halaman yang satu dengan yang lain. (Baca Juga : Pengertian Internal Linking)

Hal ini berpeluang besar bagi Anda menarik pengguna untuk berlama-lama membaca situs Anda dengan membaca berbagai informasi yang ditampilkan.

4). Lakukan External Linking ke Situs yang Relevan

Perlu bagi Anda untuk melakukan external link ke situs-situs yang relevan dengan konten dalam website Anda.

Hal ini meningkatkan kepercyaan Google terhadap webiste Anda karena mereferensikan web lain yang relevan dan terpercaya.

Tak hanya itu saja, adanya external link dalam konten Anda akan membuat pengunjung yang sedang membaca situs Anda mendapatkan lebih banyak informasi, berdasarkan referensi link yang Anda berikan.

Website Anda akan memiliki value yang baik dimata Google maupun pengunjung karena memberikan referensi dari situs lain yang terpercaya untuk memperjelas topik yang Anda bahas dalam konten artikel.

5). Memasukkan LSI (Latent Semantic Indexing) Keyword

Cara menulis artikel SEO friendly selanjutnya yaitu memasukkan LS ke dalam artikel yang Anda buat.

LSI merupakan kata atau istilah yang relevan dengan keyword utama yang Anda gunakan. Bisa dikatakan, LSI merupakan sinonim dari keyword utama.

Jadi, selain menyiapkan keyword utama, siapkan pula persamaan kata yang akan Anda sisipkan ke dalam artikel yang ditulis.

LSI bisa Anda lihat dibagian bawah halaman pencarian. Sebagai contoh, jika Anda memasukkan kata kunci “cara menulis artikel SEO friendly”, maka LSI yang muncul adalah sebagai berikut:

gambar 1 – Contoh LSI (Latent Semantic Indexing)

Anda juga bisa menemukan keyword LSI dengan memakai tools tambahan seperti Google Suggestion, SEOpressor, atau Google Related Search.

6). Kurangi Menggunakan Tulisan Bold, Italic, dan Underline

Tingkat SEO artikel juga dipengaruhi oleh penggunaan bold, italic, dan underline pada tulisan yang Anda buat.

Penggunaan efek font tersebut memang dibutuhkan untuk mempermudah Google mengenali kata kunci atau keyword dalam artikel yang Anda buat.

Namun, pemakaian yang berlebihan justru akan mengganggu. Hal itu juga perpengaruh pada kepuasan pengguna saat membawa artikel Anda menjadi semakin menurun.

7). Gunakan Elemen h1,2, dan 3 dalam Menulis Artikel

Selanjutnya, jangan lupa perhatikan elemen terpenting lainnya dalam penulisan konten artikel di dalam website seperti h1, h2, dan h3.

Hal ini bertujuan untuk membuat artikel Anda semakin berkualitas.

Untuk tampilan default theme, H1 digunakan untuk judul website atau homepage, sedangkan untuk judul postingan gunakan h2. Untuk h3 digunakan sebagai elemen di dalam website untuk sidebar.

Hal ini berbeda dengan tampilan yang ada saat Anda menulis artikel, gunakan h1 untuk membuat judul artikel dan h2 sebagai sub judul.

8). Gunakan URL yang Penting, Namun Berisi Keyword

Selain judul dan konten yang mengandung keyword, artikel SEO friendly juga perlu didukung dengan penggunakan URL atau permalink yang mudah terdeteksi oleh mesin pencari yaitu URL yang pendek, jelas, dan memuat kata kunci. Agar permalink website SEO friendly, disarakan terdiri dari 3 – 5 kata.

9). Penggunaan Media ke dalam Artikel

Artikel yang SEO friendly tidak hanya terdiri dari teks saja. Namun, perlu didukung pula oleh media seperti gambar, infographics, video, dan sebagainya.

Hal ini akan meningkatkan kualitas artikel dan sehingga mudah terindeks oleh Google.

Bahkan, banyak yang menyatakan bahwa konten artikel yang disertai dengan media (gambar atau video) dibaca lebih banyak pengguna daripada yang tidak. Hal ini dikarenakan, konten yang didukung media lebih menarik dan tidak membosankan saat dibaca dalam waktu yang lama.

Jika Anda memasukkan gambar (image) ke dalam artikel, jangan lupa untuk mengubah file name gambar sesuai dengan topik yang Anda bahas dalam artikel.

Selanjutnya edit gambar yang Anda masukkan sesuai namanya. Perhatikan contoh berikut:

Isi atribut judul gambar dengan kata atau kalimat yang mengandung keyword. Jika gambar yang Ada masukkan banyak, gunakan keyword yang bervariasai atau LSI.

Apakah artikel yang Anda buat sudah SEO friendly? Jika belum Anda bisa mengubah dan membuatnya sekarang.

Demikianlah cara menulis artikel SEO friendly yang bisa Anda terapkan dalam penulisan artikel website Anda.  

Baca Juga : Kesalahan Yang Harus Dihindari Oleh Seorang Blogger Pemula

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *