Cara Optimasi Onpage Website Baru

Cara Optimasi Onpage Website Baru

Cara Optimasi Onpage Website Baru – Di tengah-tengah persaingan yang semakin ketat di dunia digital, khususnya website atau blog, Anda sebagai blogger harus dapat bersaing secara sehat.

Anda perlu memikirkan bagaimana cara agar artikel yang Anda tulis dan posting dapat dijangkau dan dibaca oleh pengguna internet?

Salah satu caranya yaitu dengan optimasi SEO onpage. Bagaimana caranya? Simak ulasan berikut ini!

Sekilas tentang SEO Onpage

Bagi Anda yang sudah lama menjadi blogger tentu tidak asing lagi dengan istilah SEO onpage.

SEO onpage merupakan sebuah upaya yang dilakukan oleh pemilik blog atau website untuk mendapatkan rating teratas di mesin pencarian.

Cara ini juga bertujuan untuk meningkatkan jumlah pengunjung situs. Onpage berkaitan dengan berbagai aspek yang berhubungan dengan website, seperti konten artikel.

Jadi, Anda perlu menciptakan sebuah konten dimana konten yang Anda buat bisa menarik dan membuat pengunjung betah di situs Anda untuk membaca artikel maupun berinteraksi lainnya.

Semakin lama pengunjung berada di situs Anda, menunjukkan semakin tinggi kepuasan pengunjung terhadap konten yang Anda sajikan.

Inilah yang dicari Google dan akan membuat situs Anda memiliki rating yang tinggi.

Bagaimana Cara Optimasi Onpage untuk Website Baru?

Anda bisa melakukan optimasi onpage pada website baru Anda, sehingga bisa menyaingi website-website yang sudah berumur. Bagaimana caranya?

1). Pilih Keyword yang Tepat

Untuk mengoptimasi SEO onpage, Anda perlu memperhatikan kata kunci (keyword) yang Anda gunakan. Berikut beberapa prinsip penting dalam pengunaan kata kunci:

  • Pilih kata kunci sesuai artikel. Tentukan beberapa kata kunci yang sesuai dengan topik artikel yang ingin Anda. Letakkan kata kunci secara menyebar pada setiap paragraf tulisan. Namun, jangan memenuhi artikel dengan keyword yang terlalu banyak, sehingga membuat artikel tidak enak dibaca.
  • Memanfaatkan tool untuk menentukan kata kunci yang tepat. Anda bisa menggunakan bantuan tool khusus seperti Keyword Planner untuk membantu menentukan kata kunci yang tepat.
  • Tentukan jenis keyword yang ingin Anda gunakan. Apakah Anda ingin menggunakan kata kunci yang bersifat informatif seperti “cara optimasi onpage website” atau berdasarkan pada lokasi tertentu, misalnya menyebutkan sebuah kota seperti “jasa pembuatan website di Bandung”. Sesuaikan jenis kata kunci berdasarkan isi website dan artikel yang ingin Anda buat.
  • Gunakan keyword yang serupa. Anda juga bisa menambahkan¬† keyword lain yang serupa dengan keyword utama atau kenal dengan istilah LSI Keyword. LSI (Latent Semantic Indexing) keyword merupakan kata serupa atau sinonim dari keyword yang Anda gunakan. Contoh LSI Keyword bisa Anda lihat pada halaman bawah hasil pencarian di Google yang menampilkan beberapa pilihan kata serupa. Contohnya seperti berikut:
Cara Optimasi Onpage Website Baru
Cara Optimasi Onpage Website Baru

2). Buatlah Konten Berkualitas

Setelah Anda menentukan keyword yang tepat, kini saatnya membuat konten artikel yang berkualitas dengan menggunakan kata kunci yang telah Anda pilih.

Buatlah artikel yang memiliki nilai manfaat bagi pembaca. Ada beberapa prinsip dalam membuat konten yang berkualitas, yaitu:

  • Konten harus informatif. Buatlah artikel yang memberikan informasi penting kepada pembacanya. Sehingga ketika pengunjung yang datang ke situs Anda akan mendapatkan informasi yang mereka cari.
  • Gunakan bahasa yang mudah dipahami. Anggaplah bahwa pembaca Anda berasal dari berbagai kalangan, mulai dari mereka yang berpendidikan tinggi maupun tidak. Sehingga bahasa yang Anda gunakan dalam menulis artikel haruslah bahasa yang mudah dipahami oleh semua orang. Gunakan bahasa sehari-hari, namun tetap semi-formal sehingga mudah dipahami.
  • Buat judul menarik yang singkat dan jelas. Pembuatan judul artikel mampu mempengaruhi optimasi onpage website Anda. Oleh sebab itu, pilihlah judul yang menarik, singkat dan jelas. Jangan lupa isi meta data deskripsi pada konten Anda. Meta deskripsi ini akan muncul sebagai cuplikan hasil pencarian pada mesin pencari seperti Google. Buatlah deskripsi yang kuat dan menarik, agar memberikan alasan mengapa pengguna internet harus mengunjungi situs Anda dan membaca artikel.
  • Gunakan Subheading. Dalam pembuatan artikel website akan lebih baik jika menggunakan subheading untuk menjelaskan point-point penting yang ingin Anda sampaikan kepada pembaca. Artikel yang menggunakan subheading lebih mudah dipahami daripada artikel yang seluruhnya hanya berupa paragraf-paragraf.
  • Gunakan gambar atau video yang sesuai. Dukung konten Anda dengan penggunaan gambar atau video yang sesuai dengan isi artikel. Jangan lupa ganti file name gambar dengan nama yang mengandung kata kunci. Gambar tau video tersebut bisa membantu menjelaskan apa yang Anda tuliskan. Selain itu, artikel yang dilengkapi gambar atau video menjadi lebih menarik dan tidak membosankan saat dibaca.

Baca Juga : Cara Menulis Artikel SEO Friendly

3). Template Responsive

Cara optimasi onpage website baru yang tidak kalah penting yaitu dengan menggunakan template website yang responsive.

Artinya, tampilan situs dapat menyesuaikan perangkat yang digunakan. Tampilan website akan secara otomatis mengikuti perangkat komputer, laptop, tablet, maupun smartphone.

Dengan demikian, pengguna dapat mengakses situs Anda dan membaca artikel disana dengan nyaman.

4). Gunakan URL SEO-Friendly

Perhatikan permalinks atau URL Strings yang Anda gunakan, pastikan URL mudah dibaca dan mengandung kata kunci di dalamnya. Perhatikan beberapa prinsip URL SEO-Friendly untuk optimasi onpage website.

  • Diskripsi URL pendek namun mampu menggambarkan isi artikel.
  • Masukkan kata kunci di dalam URL.
  • Gunakan tanpa pisah (-) bukan underscore (_) untuk memisahkan antarkata dalam URL.

5). Kecepatan Website (Paga Speed)

Pengunjung tentu lebih menyukai situs website yang memiliki waktu loading cepat.

Loading website yang terlalu lama akan ditinggalkan oleh pengunjung satu per satu.

Tentu Anda tidak inginkan, kehilangan pengunjung dan menurunkan trafik blog Anda?

Maka dari itu pastikan website Anda memiliki kecepatan yang tinggi. Lakukan pengecekan secara rutin jika tiba-tiba website Anda mengalami laoding yang lambat dan perbaiki segera. Bagaimana cara mempercepat laju situs?

  • Gunakan layanan hosting yang tepat, sehingga menjamin kecepatan loading situs.
  • Minimalisir iklan dan redirect.
  • Lakukan optimasi kinerja Plugin.
  • Bersihkan HTML maupun coding CSS.
  • Lakukan optimasi dan compression pada gambar, sehingga tidak memperlambat proses loading.
  • Jangan lupa gunakan Google Analytic Account untuk mengecek tingkat kecepatan situs Anda, sehingga Anda bisa melakukan peningkatan jika website Anda masih memiliki kecepatan yang rendah.

Baca : Cara Mempercepat Loading Website

6). Lakukan Social Sharing

Tips terakhir untuk mengoptimasi SEO onpage website baru Anda yaitu dengan memaksimalkan social sharing.

Berikan kemudahan kepada pembaca blog Anda untuk membagikan artikel blog Anda ke berbagai media sosial.

Semakin banyak orang yang membagikan ke media sosial, memberikan peluang besar kepada situs Anda untuk dijangkau lebih banyak orang.

Baca Juga :

Hal tersebut tentu membantu Anda meningkatkan jumlah visitor dan meningkatkan trafik blog.

Oleh sebab itu, lengkapi website Anda dengan tombol social sharing dan biarkan pembaca artikel Anda turut berperan aktif untuk menyebarluaskan konten artikel yang Anda buat.

Nah, itulah beberapa cara optimasi onpage untuk website baru Anda. Bangun website Anda dengan tepat untuk mendapatkan rating teratas di mesin pencarian.

Tinggalkan komentar