5 Jenis Tools Online Untuk Keyword Research

5 Jenis Tools Online Untuk Keyword Research

Jenis Tools Online Untuk Keyword Research – Ketika Anda membuat website atau blog, Anda perlu menemukan keyword yang tepat untuk disisipkan pada konten Anda.

Sebagai elemen utama dari SEO, penggunaan keyword yang relevan dapat meningkatkan jumlah pengunjung blog Anda hingga berkali-kali lipat.

Pertanyaannya, bagaimana cara menemukan keyword berkualitas tinggi yang memang digunakan oleh para pengguna internet ketika mencari sebuah informasi?

Untuk mempersingkat waktu Anda dalam menemukan keyword, terdapat banyak tools keyword research yang dapat Anda gunakan secara gratis maupun berbayar.

Mengejutkannya, tools yang gratis ternyata tidak kalah kualitasnya dengan tools berbayar.

Jenis Tools Online Untuk Keyword Research

Ini dia beberapa jenis tools online keyword research terbaik yang dapat membantu web Anda untuk mencapai peringkat 1 di mesin pencari web.

1). Jaaxy

Tool yang satu ini bisa menjadi pilihan utama Anda apabila Anda kebingungan untuk mencari keyword yang sesuai untuk konten Anda.

Jaaxy memberikan banyak pilihan keyword yang tidak bisa Anda temukan di tools lain.

Pada tiap keyword, Jaaxy juga menyediakan informasi lengkap berupa kompetisi dengan web lain, volume pencarian keyword dan lain sebagainya.

Salah satu fitur lain yang membuat Jaaxy spesial adalah Quoted Search Result (QSR).

Dengan adanya fitur ini, Anda bisa mengetahui jumlah website yang menggunakan keyword bersangkutan untuk mencapai peringkat tinggi di mesin pencari.

Semakin rendah nilai QSR, maka semakin rendah kompetisi dan akan semakin besar kemungkinan Anda untuk memperoleh peringkat 1 di mesin pencari web.

2). Google Search Console

Berbeda dari tools keyword research pada umumnya, tool yang satu ini juga bisa digunakan untuk menganalisis penggunaan keyword dan respon pengunjung terhadap konten Anda.

Dengan menggunakan fitur Performance Report, Anda bisa mengetahui halaman web Anda yang paling banyak dikunjungi sekaligus keyword yang mengundang para pengguna internet untuk berkunjung ke web Anda.

Ditambah lagi, Anda juga bisa memadukan Google Search Console dan Google Analytics untuk menemukan informasi mendalam dari keyword tertentu, termasuk diantaranya jumlah klik, impresi, rasio klik terhadap impresi (CTR), dan peringkat di mesin pencari web.

3). Ahrefs Keyword Explorer

Selain informasi yang lengkap meliputi volume pencarian dan potensi trafik, Anda juga bisa memperoleh data kuantitatif mengenai tingkat kesulitan keyword tersebut.

Semakin tinggi nilainya, maka semakin banyak kompetitor yang perlu Anda kalahkan untuk mendapatkan peringkat tinggi di mesin pencari.

Uniknya lagi, Ahrefs Keyword Explorer juga menyajikan informasi mengenai jumlah backlink yang Anda butuhkan untuk mencapai peringkat 10 teratas untuk keyword bersangkutan.

4). SECockpit

Jika Anda adalah pakar di bidang SEO atau berniat mendalami SEO secara serius, maka SECockpit adalah tool keyword research yang tepat bagi Anda.

Dengan fitur lengkap meliputi perkiraan trafik, kompetisi secara organik hingga tren pencarian, Anda dapat mengoptimasi SEO halaman web Anda secara sempurna.

Fitur unik yang ditawarkan SECockpit bisa Anda manfaatkan mulai dari pencarian kata kunci.

Tool ini menyediakan berbagai sinonim kata kunci pada platform Google, Adwords, Amazon hingga Youtube.

Hal ini tentu saja menjadi keuntungan tersendiri apabila Anda aktif di berbagai platform selain google.

Bukan hanya itu saja, SECockpit juga menyediakan informasi lengkap yang ditawarkan tool Google Keyword Planner seperti volume pencarian bulanan dan Cost Per Click (CPC).

Selain itu, tersedia juga kolom niche yang merangkum berbagai informasi yang dapat membantu Anda untuk menentukan apakah keyword tersebut tepat untuk Anda gunakan atau tidak.

Sementara itu, kolom top result akan menyampaikan informasi mengenai tingkat kesulitan untuk mencapai peringkat 1 dengan keyword tersebut.

Fitur spesial lain yang dapat Anda manfaatkan adalah filtering, yang mana Anda dapat mengatur kriteria keyword yang Anda inginkan.

Tersedia lebih dari 100 filter mulai dari volume pencarian keyword hingga level kompetisi.

5). io

Jika Anda tidak ingin menggunakan tool yang terlalu rumit, maka KeywordTool.io dapat menjadi pilihan yang tepat.

Cara menggunakannya cukup simpel dan tool ini hanya menyediakan informasi yang benar-benar penting dan relevan saja seperti volume pencarian, tren, CPC dan tingkat kesulitan/kompetisi.

Terlebih lagi, disediakan juga fitur spesial bernama Competitor Analyzer. Dengan fitur ini, Anda bisa melihat list ide keyword yang digunakan oleh web kompetitor Anda. Jika Anda kehabisan ide untuk konten Anda, tool ini akan sangat berguna.

Baca Juga :

Itu dia 5 jenis tools online keyword research yang dapat Anda manfaatkan ketika membuat konten pada web Anda.

Banyak tersedia tools keyword research di internet, namun tidak semuanya memberikan hasil yang optimum dengan fitur yang lengkap.

Oleh karena itu, Anda dapat mencoba terlebih dahulu kelima tools diatas, baru kemudian menentukan tools yang memang sesuai untuk kebutuhan Anda.

Tunggu apa lagi, raih peringkat 1 di mesin pencari web dengan menggunakan tools keyword research yang tepat.

Tinggalkan komentar