Pengertian Blog : Fungsi, Jenis, dan Contohnya

Pengertian Blog : Fungsi, Jenis, dan Contohnya

Di era modern ini, blog menjadi salah satu platform yang mendominasi kehidupan manusia. Hampir semua orang mendapatkan informasi secara cepat dan update melalui blog ata website.

Bahkan banyak orang kini menjadi blogger untuk berbisnis dan menghasilkan pendapatan dari blog.

Nah, bagi Anda yang masih awam tentang blog, berikut penjelasan tentang pengertian, fungsi, jenis, dan contoh blog yang perlu Anda pahami.

Pengertian Blog

Blog adalah singkatan dari “web log” yang diartikan sebagai fitur web yang memuat berbagai macam konten, mulai dari tulisan, gambar, maupun video atau audio dalam suatu laman.

Istilah tersebut digunakan pertama kali pada tahun 1997 oleh Jorn Barger dan kemudian disempurnakan oleh Peter Merholz pada tahun 1999 dengan nama “Blog”.

“Web Log” sendiri mengandung makna sekelompok web pribadi yang selalu menampilkan update informasi secara berkali oleh pemiliknya, dengan konten yang unik dan memiliki ciri khas yang berbeda-beda.

Baca Juga :

Sekilas tentang sejajar blog

Pengertian Blog : Fungsi, Jenis, dan Contohnya
Pengertian Blog : Fungsi, Jenis, dan Contohnya

Awal mula terbentuk blog dimulai pada tahun 1994, dimana Justin Hall membuat sebuah jurnal pribadi online yang bernama links.net.

Jurnal online yang dimiliki Justin mempunyai tampilan yang sangat sederhana, yaitu tediri dari laman berlatar belakang putih polos dan kemudian diisi dengan konten tulisan.

Sebelum dikenalkan pertama kali oleh Jorn Barger dengan istilah “web log” dan disempurnakan oleh Peter Merholz dengan sebutan “Blog”, saat itu jurnal online yang dibuat oleh Justin belum disebut sebagai blog, tetapi dikenal dengan sebutan “personal home page”.

Justin menggunakan “personal home page” untuk menuliskan kehidupan pribadinya, mulai dari keluarga, sekolah, hingga asmara.

Fungsi Blog

Bukan tanpa alasan blog dapat berkembang pesat hingga sekarang. Hal tersebut dikarenakan blog memiliki fungsi yang menguntungkan pemiliknya, diantaranya sebagai berikut:

1). Sarana Mengasah Kemampuan Menulis

Fungsi utama blog adalah sebagai sarana mengasah kemampuan menulis. Konten utama yang disajikan di dalam blog adalah berupa tulisan atau teks, walaupun didukung pula oleh gambar, video, atau audio.

Melalui blog, Anda bisa mengasah kemampuan Anda dalam menciptakan tulisan yang berkualitas, mulai dari gaya bahasa, susunan kalimat, dan sebagainya.

Selain itu, bagi Anda yang menggunakan blog untuk tujuan pribadi (blog pribadi), blog bisa dijadikan sarana untuk menuangkan kejadian yang Anda alami dalam sebuah tulisan.

2). Sebagai Media Publikasi

Blog juga berfungsi sebagai media publikasi yang luas dan menjangkau banyak orang.

Melalui blog, Anda bisa membagikan kisah inspiratif yang Anda miliki sehingga diketahui lebih banyak orang.

Anda juga bisa berbagi karya Anda melalui blog, mulai dari artikel, cerpen, karya ilmiah, dan sebagainya.

Tak hanya itu saja, blog juga membantu Anda mempublikasikan dan mempromosikan produk bisnis Anda dengan mudah.

3). Menunjukkan Profesionalitas

Manfaatkan blog untuk menunjukkan profesionalitas Anda dengan bidang-bidang tertentu yang Anda kuasai.

Sebagai seorang profesional Anda bisa berbagi ilmu melalui blog kepada pengguna internet.

Hal ini akan membuat orang-orang yang membaca artikel Anda, mengetahui keahlian yang Anda miliki dan mendapatkan manfaat dari artikel yang Anda bagikan.

4). Sebagai Sarana Branding

Bagi perusahaan, Blog dimanfaatkan untuk mempromosikan brand usaha atau produk yang mereka miliki.

Tak hanya oleh perusahaan, secara pribadi Anda juga bisa menjadikan blog sebagai sarana branding bagi diri Anda sendiri.

Anda dapat membuat konten di blog yang berisi portofolio diri Anda. Hal ini bisa berguna jika suatu saat Anda melamar kerja dan perusahaan meminta jejak digital portofolio Anda.

5). Sebagai Penghasil Uang

Terakhir, blog juga berfungsi sebagai salah satu sumber pendapatan penghasil uang.

Tak heran jika saat ini banyak full blogger sukses yang menghasilkan uang dari blognya.

Untuk mendapatkan uang dari blog, Anda bisa mendaftarkan situs Anda ke layanan pengiklan seperti Googel Adsense.

Tingkatkan trafik blog dengan konten-konten yang semakin berkualitas, sehingga pendapatkan yang Anda peroleh juga semakin banyak.

Jenis Blog

Kemunculan awal blog hanya digunakan sebagai jurnal online pribadi untuk menceritakan kehidupan personal setiap orang.

Namun, dengan berkembangnya zaman kini blog tidak hanya digunakan untuk tujuan pribadi, tetapi digunakan untuk banyak hal, seperti bisnis.

Saat ini blog sudah berkembang pesat dan memiliki beberapa jenis. Berikut jenis-jenis blog yang perlu Anda ketahui.

1). Blog Pribadi

Seperti yang dilakukan oleh Justin Hall, blog yang ia miliki digunakan untuk menuliskan cerita kehidupan pribadinya.

Inilah yang menjadi tujuan awal bloger yaitu untuk kebutuhan pribadi atau yang kini dikenal dengan istilah populer Blog Pribadi.

Sama seperti jurnal harian yang digunakan untuk menuliskan pengalaman sehari-hari, blog pribadi juga digunakan untuk menuliskan cerita pribadi yang dialami pembuat. Dapat dikatakan bahwa blog pribadi disebut juga sebagai buku harian online.

Blog pribadi lebih bebas dalam mengunggah konten di dalamnya, tanpa aturan yang rumit, namun tetap tidak memposting hal-hal yang bertentangan dengan hukum.

Pemilik blog bisa leluasa menuliskan cerita pribadianya di dalam blognya sendiri, tanpa harus memikirkan tata bahasa atau ketentuan penulisan yang baku dan professional.

Semua yang ditulis berdasarkan keinginan penulis dengan gaya bahasanya masing-masing.

2). Blog Profesional

Tak hanya blog pribadi, blog juga mulai berkembang menjadi Blog Profesional. Jenis blog yang sat ini sedikit berbeda dengan blog pribadi yang cenderung tidak memiliki batasan-batasan khusus.

Dalam blog profesional lebih banyak memiliki batasan dan ketentuan khusus tentang konten yang diunggahnya.

Sehingga dapat menunjukkan profesionalitas pemilik maupun penulis blog tersebut.

Jika dalam blog pribadi tidak memperhatikan penulisan konten, maka daam blog profesional ini mulailah memiliki aturan khususnya dalam hal SEO.

Pemilik blog tidak hanya menyajikan konten artikel yang biasa saja, akan tetapi menyajikan konten artikel SEO sehingga membantu meningkatkan rating blog itu sendiri.

Baca Juga : Cara Menulis Artikel SEO Friendly

Professional blog lebih menekankan pada kualitas konten sehingga membuat pembaca tertarik untuk membaca artikel dari situs tertentu.

3). Blog Bisnis

Bukan hanya untuk kebutuhan pribadi, blog juga digunakan dalam berbisnis.

Banyak perusahaan besar bahwa usaha kecil menengah (UKM) yang membuat blog dengan tujuan mendatangkan trafik untuk website toko onlinenya.

Sehingga berpeluang mendapatkan lebih banyak pembeli dan pelanggan untuk bisnisnya.

Mengapa harus memiliki blog? Di era serba digital ini, masyarakat lebih banyak mengakses internet untuk menacari tahu apa yang mereka butuhkan, termasuk dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Hal ini memberikan kesempatan pada Anda untuk mengenalkan produk Anda kepada masyarakat melalui blog atau website. Sehingga masyarakat lebih mudah mendapatkan produk yang mereka butuhkan di toko online Anda.

Contoh Blog

Berikut ini beberapa contoh blog terkenal yang bisa Anda jadikan inspirasi untuk membuat blog.

1). Trinity Traveler

Trinity Traveler merupakan blog yang berisi tentang perjalanan wisata ke berbagai wilayah.

Blog ini merupakan travel blog pertama di Indonesia yang berdiri sejak 2005. Anda bisa mengakses blog ini di situs naked-traveler.com.

Banyak kisah perjalanan yang menginspirasi yang dibagikan dalam situs tersebut. Bahkan Trinity juga berhasil menerbitkan berbagai buku tentang traveling yang sebagian telah diterjemahkan ke dalam Bahasa Inggris.

Keberhasilannya tersebut membuat Trinity mendapatkan gelar National Best Selling Author dengan 14 buku tentang travelling.

Sementara, di tahun 2017 salah satu bukunya berjudul Trinity, The Naked Traveler diadaptasi menjadi sebuah film yang diperankan oleh Maudy Ayunda.

2). Anak Jajan

Blog selanjutnya tak kalah populer adalah Anak Jajan yang bisa diakses melalui anakjajan.com.

Situs ini berisi tentang review makanan dari berbagai tempat makan atau restouran diberbagai wilayah.

Situs ini dikelola oleh pasangan Marius Tjenderasa dan Julia Veronica. Meskipun memiliki situs dengan nama berbahasa Indonesia (Anak Jajan), namun konten artikel di tulis dalam bahasa Inggris.

Walaupun demikian, Anda tidak perlu khawatir karena tersedia fitur terjemahan ke Bahasa Indonesa dalam blog tersebut.

3). Diana Rikasari

Blog pribadi milik Diana Rikasari membahas tentang hal-hal yang berkaitan dengan fashion. Jika Anda tertarik dengan topik fashion, Anda bisa mengunjungi situs dianarikasari.blogspot.com.

Ia konsisten menyajikan mengunggah konten-konten dengan fashion yang unik dan modern yang bisa dijadikan sebagai inspirasi.

Ini juga menjadi blog online shop yang bisa digunakan oleh para pengunjung untuk berbelanja berbagai aksesoris fashion.

Diana mendesain blognya dengan tema yang colorful dan youth sehingga lebih fresh dan menarik.

4). Mira Sahid

Tak banyak blogger yang membuat situs tentang parenting dan Mira menjadi salah satu blogger yang menyajikan berbagai informasi dengan tema parenting.

Tak hanya aktif menulis di blog, Mira seorang ibu rumah tangga, juga merupakan seorang founder dari Emak Blogger dan instruktur Yoga.

Ia menjadi salah satu blogger cukup terkenal karena pernah menghadiri berbagai acara Talk Show di Televisi maupun muncul dalam Koran dan majalah.

Anda bisa mengakses situs mirasahid.com untuk mendapatkan berbagai informasi, tips dan trik tenang parenting.

5). Mas Sugeng Blog

Terakhir contoh blog yang akan kami bahas adalah “Mas Sugeng Blog”. Jika Anda pengguna internet yang mencri informasi tentang dunia blog atau website, tentu sudah tidak asing lagi dengan situs sugeng.id.

Pasalnya, website milik Mas Sugeng ini kerap berada dihalaman utama atau paling tidak Top 3 di mesin pencari.

Baca Juga :

Blog ini cocok bagi Anda yang ingin belajar blog dari awal untuk pemula maupun bagi Anda yang ingin mengembangkan blog lebih maksimal.

Demikianlah ulasan tentang pengertian, fungsi, jenis, dan contoh blog. Semoga informasi di atas dapat memberikan wawasan tambahan bagi Anda, khususnya pemula yang ingin menekuni dunia blog.

Tinggalkan komentar