Pengertian Dan Bahaya Menggunakan Themes Dan Plugin Nulled

Pengertian Dan Bahaya Menggunakan Themes Dan Plugin Nulled

Pengertian Dan Bahaya Menggunakan Themes Dan Plugin Nulled – Bagi para pengguna website mungkin sudah ada sebagian yang mendengar tentang Themes dan Plugin Nulled, namun mungkin juga ada yang belum tahu tentang  dua hal tersebut.

Lalu sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan Themes dan Plugin Nulled itu? Di sini akan kami paparkan tentang pengertian dua hal tersebut diatas.

Themes dan Plugin Nulled yaitu merupakan suatu bajakan dari theme dan plugin WordPress yang berbayar dan itu didistribusikan secara illegal di internet.

Para distributor themes dan plugin nulled beranggapan bahwa plugin dan theme WordPress itu sudah memiliki lisensi GPL maka dengan demikian mereka boleh-boleh saja mendistribusikan theme dan plugin nulled ini.

GPL tersebut adalah singkatan dari General Public License. Biasanya lisensi ini digunakan di software-software gratis.

Dan dikeluarkan oleh seseorang yang bernama Richard Stallman dari Free Software Foundation untuk GNU Project, dan lisensi ini mengizinkan sebuah software untuk digunakan, dimodifikasi, serta didistribusikan secara gratis oleh siapa saja.

WordPress itu sendiri memang dirilis dengan lisensi GPL sebab WordPress merupakan software open-source yang bisa digunakan serta dimodifikasi oleh siapa saja.

Memang jika kalian sudah faham arti dari lisensi GPL, maka ini tidak salah. Namun sebenarnya theme dan plugin nulled ini juga memiliki risiko jika digunakan.

Untuk para developer theme dan plugin WordPress dengan adanya nulled themes dan plugins, tentu saja kalian akan mengalami kerugian.

Akan tetapi bagi pengguna itu sendiri, nulled themes dan plugins dapat membahayakan keamanan website WordPress kalian.

Bahaya Menggunakan Themes Dan Plugin Nulled

Lalu apa sih bahaya dari menggunakan themes dan plugin nulled tersebut? Berikut ini adalah beberapa bahayanya :

1). Keamanan Website

Bahaya yang pertama jika kalian menggunakan Plugin dan themes nulled untuk WordPress hal ini sangat berbahaya untuk keamanan WordPress kalian.

Dua hal tersebut dikenal dapat membawa malware. Kode ini biasa disebarkan dengan melalui berbagai file untuk menyamarkan diri dan hal itu tentu saja yang membuatnya susah untuk dideteksi dan diperbaiki apabila website kalian sudah kena hack.

Kalian mungkin saja juga akan kehilangan data saat di-hack. Bahkan, bisa saja kalian di de-index dari search engine atau mesin pencari karena dianggap mendistribusikan malware.

2). Privacy

Kemudian bahaya selanjutnya jika menggunakan Nulled themes dan plugins untuk WordPress akan dapat memiliki berbagai kode berbahaya tersembunyi di dalamnya.

Kode-kode ini bisa saja digunakan untuk mencuri informasi dari website WordPress kalian.

Yang dimaksud dengan informasi di sini yaitu informasi-informasi seperti misalnya username, alamat email, dan password.

Apabila website kalian merupakan sebuah toko online atau website yang menyimpan data berbagai pelanggan, maka informasi pelanggan kalian juga akan dalam bahaya.

Hacking jenis ini memang susah sekali untuk dideteksi. Bahkan bisa saja tidak akan diketahui karena website WordPress tetap akan berfungsi seperti biasa.

3). SEO Website Kalian Akan Menjadi Buruk

Lalu bahaya berikutnya jika menggunakan plugin dan theme bajakan untuk website WordPress kalian yaitu dapat memberikan dampak buruk bagi SEO website yang kalian miliki.

Sebab nulled themes dan plugins ini bisa memberikan link spam ke website kalian atau bahkan akan membajak user kalian dan melakukan re-direct ke website-website yang tidak aman.

Sebenarnya aktivitas seperti ini agak susah dideteksi jika hanya dengan dilihat karena link-link ini biasa tersembunyi di dalam sebuah  kode.

Bisa juga kalian tidak akan diredirect saat kalian akan login ke akun WordPress kalian.

Namun search engine bisa langsung tahu dan akan langsung memberikan penalty ke website yang kalian miliki, dengan menghilangkan website kalian dari halaman ranking search engine atau berhenti meng-index website kalian.

Tentu saja kalian tahu bahwa usaha SEO bukanlah sesuatu yang bisa kalian lakukan hanya dalam waktu semalam. Jika sampai SEO kalian terpengaruh, maka kalian akan butuh waktu lama untuk bisa memperbaiki SEO website kalian tersebut.

Bahkan bisa saja kalian harus membuat website baru karena tidak mungkin memperbaiki SEO website yang lama.

Baca Juga Mengenai SEO :

4). Nulled Themes dan Plugin Ilegal Untuk Digunakan

Memang ada banyak sekali themes dan plugins WordPress yang memiliki sifat open source.

Namun sebenarnya ada beberapa dari mereka yang juga memiliki mixed license atau lisensi campur.

Yang dimaksud yaitu ada beberapa bagian dari kode yang sebenarnya dilindungi oleh copyrights dan apabila kalian menggunakan nulled themes dan plugins, maka sebenarnya kalian menggunakan produk-produk ini secara ilegal.

5). Kalian Tidak Akan Mendapatkan Update

Themes dan plugins kebanyakan biasa diupdate untuk memperbaiki bugs yang mungkin ada pada mereka.

Kadangkala update juga dapat dilakukan dalam rangka menambah fitur baru atau dalam memperbaiki isu keamanan.

Jika kalian menggunakan nulled WordPress themes dan plugins, maka kalian tidak akan mendapatkan update-update tersebut karena mereka tidak memiliki lisensi yang valid.

Maka dengan demikian, website WordPress kalian hanya akan menggunakan versi yang sudah tertinggal.

Dan juga kalian tidak bisa membersihkan mereka dari bug atau ancaman keamanan lainnya.

WordPress sendiri biasa merilis versi baru dengan secara regular dan terkadang themes dan plugins perlu di update agar kompatibel dengan versi terbaru WordPress.

Sebab nulled themes dan plugins tidak bisa diupdate, maka website kalian bisa saja tidak bisa diakses jika terlalu ketinggalan versinya.

Itulah beberapa bahanya dari menggunakan Themes dan Plugin Nulled, dan tentu saja masih banyak bahaya-bahaya yang lainnya untuk website kalian.

Baca Juga : Plugin Yang Wajib di Instal untuk Blog Baru

Tinggalkan komentar