9 Plugin Yang Wajib di Instal untuk Blog Baru

9 Plugin Yang Wajib di Instal untuk Blog Baru

Plugin Yang Wajib di Instal Untuk Blog Baru – Plugin merupakan kode software yang berfungsi untuk menjalankan fitur tambahan dalam sebuah blog, khususnya blog WordPress.

Fitur tambahan tersebut digunakan berguna untuk memberikan fungsi yang lebih lengkap yang tidak dibawa WordPress versi default.

Untuk itu, bagi Anda pemilik blog baru perlu menginstall beberapa plugin yang penting dan wajib. Apa sajakah itu? Simak ulasan di bawah ini!

Plugin yang Wajib Diinstall untuk Blog Baru

Install beberapa plugin berikut ini agar website atau blog yang Anda miliki dapat bekerja secara optimal.

1). Yoast SEO

Anda pasti menginginkan website Anda berada di posisi teratas dalam mesin pencari. Maka dari itu website Anda membutuhkan plugin yang berkaitan dengan peningkatan rating website, salah satunya yaitu Yoast SEO.

Plugin ini akan membantu blog Anda mendapatkan tempat teratas dalam search engine seperti Google.

Walaupun banyak plugin SEO yang bisa Anda gunakan, namun Yeost SEO adalah plugin SEO yang terpopuler dan terpercaya dengan fitur yang powefull dan penggunaan yang mudah (user friendly).

Ada beberapa fitur yang bisa Anda gunakan dari Yoast SEO, diantaranya:

  • Page Analysis. Fitur ini memberikan informasi terkait nilai SEO dari website Anda, mulai dari panjang kata, alt tags pada gambar (apakah sudah berisi focus keyword), hingga meta description yang benar.
  • Meta & Link Elements. Dengan fitur ini Anda dapat mengontrol halaman yang website yang mucul pada mesin pencarian Google.
  • XML Sitemaps. Fitur Yoast yang satu ini membantu Anda menciptakan sitemaps serta memberitahukan keberadaan website Anda pada berbagai mesin pencari seperti Google, Yahoo, atau Bing. Ketika Anda mempublikasikan postingan atau memperbarui situs web, maka plugin XML Sitemaps yang telah terinstal akan memberikan informasi tersebut secara otomatis kepada search engine.

Baca Juga : Cara Optimasi Onpage

2). Akismet

Mungkin Anda pernah menjumpai komentar spam di blog yang tidak Anda inginkan.

Tentu akan sangat mengganggu jika blog Anda dipenuhi dengan komentar negatif atau spam.

Nah, untuk mengatasi masalah tersebut, Anda perlu menginstal Aksismet. Plugin ini akan membantu Anda menfilter atau menyaring komentar yang masuk ke situs blog Anda. Sehingga Anda bisa memilih komentar yang ingin ditampilkan atau dihapus.

3). WP Smush

Website dengan loading yang sangat cepat tentu lebih disukai pengguna internet. Jika website yang Anda miliki lemot atau loading lama tentu Anda bisa kehilangan visitor secara perlahan-lahan.

Salah satu penyebab loading lama pada web adalah gambar yang terlalu banyak dan besar.

Loading yang lambat membuat pengunjung akan menutup halaman web sebelum terbuka.  Tentu Anda tidak inginkan kehilangan visitor?

Maka dari itu, Anda perlu mengintasl WP Smush. Plugin tersebut membantu mengompress gambar yang Anda unggah dalam website, sehingga membuat halaman lebih ringan dan loading tidak terganggu.

Tak perlu khawatir dengan kualitas gambar yang dihasilkan setelah di-compress. Pasalnya WP Smush tidak akan mempengaruhi kualitas gambar yang Anda unggah. Gambar yang diunggah akan tetap terlihat jelas.

Baca Juga :

4). WP Super Cache

Seperti yang sudah disinggung di atas, bahwa kecepatan loading website sangat berpengaruh dengan jumlah visitor dan tingkat kepuasan mereka terhadap situs Anda.

Selain mengompres gambar dengan WP Smush, kecepatan loading wesbite juga bisa ditingkatkan dengan menginstal plugin WP SUper Chace.

Chace adalah tempat penyimpanan data sementara pada browser yang digunakan. Artinya, browser akan menyimpan halaman website yang sudah pernah diakses.

Browser akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk dapat memuat keseluruhan halaman website untuk pertama kali saat pengunjung membuka situs Anda.

Hal inilah yang bisa membuat laoding menjadi lebih lama ketika visitor mengunjungi situs Anda kembali.

Namun, dengan adanya WP Super Chace ini, browser akan menyimpan halaman website Anda sehingga ketika browser membuka situs yang sama, tidak harus memuat ulang keseluruhan halaman web dari awal. Sehingga waktu yang diperlukan untuk membuka situs Anda akan lebih cepat.

5). JetPack

JetPack merupakan plugin blog yang wajib Anda instal karena memberikan banyak keuntungan dalam satu plugin.

Plugin ini berisi berbagai fitur yang akan membantu mengoptimalkan kinerja website Anda, diantaranya statistik pengunjung, sosial media share, blog subscriber, grammar correction, dan masih banyak lagi.

Ada beberapa fitur unggulan yang diberikan JetPack untuk situs Anda, diantaranya:

  • Statistik harian. Fitur ini akan memberikan informasi pengunjung yang dapat ke website Anda. Bahkan menampilkan informasi link apa saja yang diklik pengunjung dan halaman artikel mana saja yang dibaca.
  • JetPack juga memberikan perlindungan keamanan dari serangan spammer dan memonitoring website saat mengalami downtime.
  • Image performance (photon). Photon akan membantu Anda mengoptimasi gambar yang ada pada web sehingga bisa menghemat bandwidth.

6). Google Driver

Selanjutnya, plugin yang tak kalah penting dan wajib Anda instal adalah Google Driver. Mengapa ini penting?

Menginstall Google Driver untuk blog Anda berguna untuk melakukan backup data ketika terjadi error pada blog Anda.

Sehingga data konten yang ada di dalam website bisa tersimpan dengan aman dalam Google Drive.

Plugin ini akan bekerja dengan melakukan backup home directory serta database website secara rutin.

7). Contact Form 7

Selanjutnya, Anda juga harus menginstal plugin Contact Form 7. Apa fungsinya? Plugin ini berfungsi mempermudah pengunjung website Anda untuk menghubungi Anda.

Keberadaan contact form pada website sangatlah penting untuk membangun interaksi dan komunikasi dengan para pengujung website Anda. Terutama jika website Anda adalah online store atau company profile.

8). AddThis

AddThis merupakan salah satu plugin social sharing yang berfungsi menambah tombol share pada halaman Anda ke berbagai media sosial.

Plugin tersebut penting untuk dimiliki setiap website karena akan membantu meningkatkan pengunjung situs Anda dan tentunya bisa meningkatkan trafik blog. AddThis memiliki beberapa fitur unggulan, diantanya:

  • Adanya tombol share yang bisa diletakkan di awal atau akhir konten artikel.
  • Tombol share bersifat dinamis. Artinya akan ikut turun ketika Anda melakukan scroll halaman ke bawah.
  • Adanya tombol share untu mobile.
  • Lengkap dengan tombol follow akun media sosial.
  • Terintegrasi dengan Google Analytics.
  • Memberikan informasi statistik jumlah share secara harian.

9). iThemes Security

Demi meningkatkan keamanan website, Anda juga perlu menginstal plugin iThemes Security.

Plugin ini memiliki fitur penting untuk menjaga keamanan situs Anda, mulai dari scan virus hingga blokir alamat IP. Beberapa fungsi utama plugin iThemes Security adalah:

  • Memblokir alamat IP tertentu yang dicurigai.
  • Berfungsi untuk mengubah alamat URL dasboard.
  • Memberikan pemberitahuan melalui email setiap kali ada yang login atau mengakses situs Anda.
  • Melakukan scan malware secara otomatis sesuai penjdwalan.
  • Dapat menutup dashboard pada jam-jam tertentu.

Nah, itulah 9 plugin yang wajib diinstall untuk blog baru Anda. Lengkapi blog Anda dengan plugin-plugin wajib di atas untuk meningkatkan kinerja blog secara efektif dan optimal.

Baca Juga : Kesalahan Yang Harus Dihindari Oleh Seorang Blogger Pemula

Tinggalkan komentar