Pengertian, Contoh, Proses dan Perbedaan Endositosis dan Eksositosis

Diposting pada

Pengertian, Contoh, Proses dan Perbedaan Endositosis dan Eksositosis – Mungkin ada yang masih kurang paham atau bahkan belum tau tentang Endositosis dan Eksositosis yang merupakan sebuah proses yang terjadi dalam tubuh manusia.

Pengertian, Contoh, Proses dan Perbedaan Endositosis dan Eksositosis
Pengertian, Contoh, Proses dan Perbedaan Endositosis dan Eksositosis

Endositosis merupakan proses yang sangat penting bagi tubuh karena dapat meregulasi berbagai proses seperti pengambilan nutrisi, proses masuknya obat, pertumbuhan dan diferensiasi, mitosis, polaritas, masuknya pathogen, dan lain-lain.

Endositosis adalah transport makromolekul dan materi yang sangat kecil ke dalam sel dengan cara membentuk vesikula baru dari membran plasma.

Dalam proses ini, sebagian dari membran plasma terbenam dan membentuk sebuah kantong. Setelah kantong ini semakin dalam, maka kantong akan terjepit dan membentuk vesikula.

Dan Eksositosis adalah proses yang hampir serupa dengan Endositosis, perbedaannya Eksositosis merupakan transport molekul besar misalnya protein yang dibawa untuk melintasi membrane plasma dari dalam ke luar sel (sekresi). Proses Eksositosis dilakukan dengan cara menggabungkan vesikula yang berisi molekul yang dipindahkan dengan plasma.

Ada tiga jenis Endositosis, yaitu :

  • Fagositosis (pemakanan seluler)

Fagositosis adalah poroses yang terjadi ketika sel memakan suatu partikel dengan kaki semu (pseudopod). Kaki semu ini membungkus partikel di dalam kantong yang tergolong sebagai vakula. Pencernaan partikel terjadi setelah vakuola menyatu dengan lisosom yang mengandung enzim hidrolitik.

  • Pinositosis (peminuman seluler)

Pinositosis adalah proses peminuman tetesan fluida ekstraseluler dalam vesikula kecil yang dilakukan oleh sel. Pinositosis tidak bersifat spesifik dalam substansi yang telah ditranspor karena ada zat yang larut ke dalam sel.

  • Endositosis yang diperantarai reseptor membutuhkan ligan.

Berikut ini contoh dari proses Endositosis yang terjadi dalam tubuh :

Sel darah putih yang memakan bakteri penyakit. Sel darah putih tersebut akan membungkus bakteri dan menangkapnya dalam suatu vakuola makanan yang selanjutnya dicerna oleh lisosom.

Dan berikut ini contoh Eksositosis

Proses pengeluaran zat dari dalam sel-sel kelenjar saat terjadi peristiwa sekresi. Cairan enzim tersebut kemudian dimasukkan ke dalm vakuola. Vakuola itu menuju ke tepi sel, kemudian membrane plasma akan membuka sehingga akan keluar enzim tersebut dari dalam sel.

Terdapat pula perbedaan antara Endositosis dan Eksositosis, perbedaan tersebut adalah

Endositosis

  • Endositosis akan menelan pertikel makanan dengan cara memperluas membran plasma yang mengelilingi partikel makanan.
  • Membantu membawa molekul masuk ke dalam sel.
  • Menciptakan vesikel.
  • Dalam prosesnya, Endositosis akan menerima nutrisi.
  • Sel-sel akan menelan dan menghancurkan pathogen.
  • Berguna untuk migrasi adhesi dan sel.

Eksositosis

  • Mengusir molekul dan benda yang berukuran terlalu besar untuk melewati membrane sel.
  • Memiliki neurotransmitter.
  • Menyebabkan kerusakan pada vesikel.
  • Ada pelepasan enzim, hormone, protein dan glukosa untuk digunakan di bagian tubuh lainnya.
  • Membantu mengeluarkan sampah atau kotoran dari dalam tubuh.
  • Sel-sel berkomunikasi dengan system kekebalan tubuh atau mekanisme pertahanan dari sel badan dalam kasus infeksi.

Jadi dapat bahwa Endositosis dan Eksositosis merupakan proses yang sangat penting untuk menjaga keseimbangan tubuh. Kedua proses ini bertujuan untuk melakukan sirkulasi di dalam tubuh.

Baca Juga :

Endositosis sendiri terbagi menjadi tiga Janis, yaitu Fagositosis (pemakanan seluler), Pinositosis (peminuman seluler), dan Endositosis. Endositosis dan Eksositosis juga memiliki perbedaan terkait dengan fungsi-fungsinya.

Demikian tadi hal-hal yang menyangkut dengan Endositosis dan Eksositosis, semoga artikel ini dapat  memberi  pengetahuan baru atau menambah pengetahuan bagi para pembaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.