27 Manfaat Buah Alpukat Kandungan dan Efek Samping Untuk Kesehatan

Diposting pada

Manfaat, Kandungan dan Efek Samping Buah Alpukat – Dalam hal bentuk, buah alupkat dan juga pir memiliki bentuk yang tidak jauh berbeda.

Yang menjadi pembeda diantara kedua buah ini adalah mengenai tekstur daging dan juga warnanya.

Biasanya, orang memakan alpukat dengan dijadikan sebagai campuran salat, jus, maupun langsung diambil dagingnya dan biasanya juga ditambahkan dengan gula pasir.

Buah alpukat memang sudah terkenal sejak lama akan manfaat atau khasiatnya.

Mungkin salah satu khasiat yang paling anda ingat adalah buah ini dapat digunakan untuk menyehatkan mata karena kandungan vitamin A di dalamnya.

Akan tetapi, sebenarnya masih ada banyak manfaat lain yang terkandung di dalam buah yang memiliki nama avocado dalam bahasa Inggris tersebut.

Manfaat Buah Alpukat

1). Menjaga kesehatan jantung

Manfaat pertama yang bisa anda dapatkan dengan mengkonsumsi buah alupkat secara rutin adalah jantung anda akan tetap sehat.

Seperti yang kita tahu jantung memiliki fungsi utama karena sebagai pemompa darah ke seluruh tubuh.

Bayangkan jika jantung tidak berfungsi dengan baik, maka akan mengakibatkan aliran darah juga terganggu.

Seseorang yang mengalami masalah kesehatan jantung akan membuatnya berpotensi menderita stroke.

Oleh sebab itu, untuk membuat jantung anda tetap sehat, maka anda bisa mengkonsumsi buah alpukat secara rutin.

Hal ini karena alpukat mengandung asam lemak yang berperan di dalam membuat lemak darah menjadi imbang.

Selain itu, berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan oleh peneliti yang berasal dari Meksiko, kandungan yang ada di dalam alpukat dapat membantu menurunkan kolesterol.

Tentu hasil penelitian ini memberikan kabar baik bahwa ternyata buah alpukat juga bisa menjadi salah satu buah yang dapat menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh.

2). Menurunkan terjadinya sindrom metabolisme

Berdasarkan apa yang telah dipaparkan oleh Organic Facts, seseorang yang mengkonsmsi buah alpukat secara rutin dan tidak berlebihan maka akan membuatnya bisa menurunkan terjadinya sindrom metabolisme.

Perlu anda ketahui bahwasanya sindrom metabolisme adalah sebuah kondisi yang bisa mengakibatkan seseorang menderita stroke maupun juga penyakit jantung, bahkan diabetes.

Dengan memakan alpukat, maka kandungan nutrisi yang cukup tinggi tersebut akan dapat mengatur hormonn sehingga menurunkan resiko anda mengalami penyakit kencing manis atau diabetes.

Selain itu, alpukat juga dapat digunakan sebagai salah satu obat untuk anda yang memiliki resiko terkena penyakit kardiovaskuler, tekanan darah tinggi, dan lain sebagainya.

Hal ini diperkuat dengan penjelasan yang dipaparkan oleh Nutrition Jurnal bahwasanya seseorang yang menderita masalah sindrom metabolisme bisa mengkonsumsi buah alpukat karena kandungan di dalamnya lah yang akan mengatasi kondisi tersebut.

3). Pencegah kanker

Apakah anda tahu bahwa alpukat ternyata menjadi salah satu buah yang dapat mencegah kanker?

Kandungan phytochemical yang ada di dalam alpukat merupakan kandungan yang sangat baik untuk mencegah agar anda tidak menderita kanker tenggorokan.

Penjelasan ini diperkuat dengan dilakukannya sebuah penelitian di Universitas Ohio dimana seseorang yang mengkonsusmi buah alpukat secara rutin, maka ia akan memiliiki resiko yang lebih kecil terkena kanker dibandingkan mereka yang tidak mengkonsumsinya.

Nantiya, phytochemical tersebut akan memiliki peran di dalam menghambat terjadinya perutmbuhan sel sehingga anda bisa terhindar dari kanker.

Selain itu, zat aktif ini juga dapat berfungsi untuk mencegah agar supaya anda tidak sampai menderita perubahan DNA dan juga sel yang mana kondisi tersebut disebabkan radikal bebas.

4). Melancarkan pencernaan

Selain Manfaat Buah Pir ternyata Buah alpukat adalah salah satu buah yang dapat digunakan untuk melancarkan pencernaan.

Jadi, bagi anda yang memiliki masalah pencernaan, maka kami sarankan agar anda mengkonsumsi buah alpukat secara rutin.

Hal ini dikarenakan kandungan serat yang cukup tinggi dalam buah ini sangat baik untuk memperlancar pencernaan.

Bahkan, kandungan serat tersebut lebih banyak jika anda bandingkan dengan gandum, sayuran, maupun juga kacang-kacangan.

Memang, makanan yang mengandung serat menjadi makanan yang direkomendasikan karena dapat melancarkan masalah pencernaan.

Selain itu, buah alpukat juga mengandung lemak sehat yang sangat baik menjaga kesehatan pencernaan anda.

Kandungan Buah Alpukat

Di bawah ini kami akan menjelaskan mengenai apa saja kandungan yang ada di dalam buah alpukat yang harus anda ketahui:

  1. Kalori sebanyak 113 kkal
  2. Lemak sebanyak 10 gram
  3. Serat sebanyak 4,6 gram
  4. Vitamin K sebanyak 14 mg
  5. Gula sebanyak 0,2 gram
  6. Karbohidrat sebanyak 6 gram
  7. Vitamin C sebanyak 6 mg
  8. Potassium sebanyak 343 mg
  9. Vitamin E sebanyak 1,3 mg
  10. Vitamin B5 dan B 6 masing-masing 2 mg dan 0,4 mg
  11. Asam folat sebanyak 60 mg
  12. Magnesium sebanyak 19,5 mg
  13. Monounsaturated Fats
  14. Karotenoid
  15. Zat Besi
  16. Phytonutrient
  17. Vitamin A
  18. Copper
  19. Protein

Efek Samping Buah Alpukat

1). Obesitas

Efek samping pertama yang akan kami jelaskan kepada anda yakni mengenai obesitas.

Ya, kandungan kalori yang cukup tinggi dalam buah alpukat yang mencapai 277 tersebut dapat meningkatkan resiko mengalami obesitas atau memilki berat badan yang brelebih.

Dengan mengkonsumsi alpukat, maka kebutuhan kalori tubuh anda sekitar ΒΌ bisa terpenuhi.

Maka dari itu, bagi anda yang merasa sudah memiliki berat badan cukup atau sedang dalam program diet, tidak disarankan untuk mengkonsusmi buah alpukat. Jika memang terpaksa, maka konsumsi setengah saja.

2). Alergi

Dengan rasa yang manis dan berbagai manfaat di dalamnya, siapa yang menyangka bahwa ternyata buah alpukat juga menyebabkan alergi.

Kandungan latex dan juga serbuk sari yang ada di dalam alpukat dapat mengakibatkan reaksi alergi meskipun memang alergi tersebut hanya dialami oleh beberapa orang saja.

Beberapa orang yang mengalami alergi ditandai dengan terjadinya gatal yang dialami pada area mulut, bibir, maupun juga tenggorokan yang dialami pada saat orang tersebut mengkonsumsi alpukat.

Bahkan, untuk kasus alergi yang lebih parah malah bisa mengakibatkan seseorang mengalami mual dan sakit perut dan bahkan muntah.

3). Gangguan pencernaan

Meskipun alpukat mengandung kadar serat yang tinggi yang berfungsi melancarkan pencernaan, namun bukan berarti anda boleh makan buah tersebut dalam porsi yang banyak.

Kandungan serat yang terlalu banyak masuk ke dalam tubuh malah bisa menimbulkan permasalahan pada pencernaan anda.

Seseorang yang mengkonsumsi alpukat secara berlebihan, ia bisa menderita gangguan pencernaan seperti sembelit. Sembelit merupakan sebuah kondisi ketika seseorang jarang dan kesulitan buang air besar.

Untuk mengatasi pencernaan silahkan baca artikel berikut :

4). Migrain

Efek samping yang juga timbul akibat mengkonsumsi buah alpukat dalam porsi yang berlebihan adalah migrain.

Migrain juga disebut dengan sakit kepala sebelah yang disebabkan karena tubuh mengkonsumsi makanan yang mengandung Tyramine dalam jumlah yang cukup banyak.

Maka dari itu, anda dilarang mengkonsumsi alpukat secara berlebihan karena bisa menyebabkan anda mengalami migrain maupun juga sakit kepala.

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan terkait manfaat, kandungan dan efek samping buah alpukat. Semoga bermanfaat. Terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *