16 Manfaat Buah Duku : Kandungan dan Efek Samping

Diposting pada

Manfaat Buah Duku : Kandungan dan Efek Samping Buah Duku Apakah anda tahu buah duku?

Buah duku merupakan salah satu buah yang paling dikenal di daerah Palembang, dimana buah ini menjadi salah satu buah yang paling disukai oleh masyarakat yang ada di sana.

Buah duku memiliki tekstur yang lembut dan rasanya yang manis ini ternyata sering dijadikan sebagai cemilan keluarga.

Selain itu, buah ini juga mulai banyak yang mengembangkannya sebagai hidangan, baik untuk pencuci mulut maupun digunakan sebagai campuran makanan lainnya.

Selain memiliki rasa yang manis, ternyata duku juga memiliki banyak manfaat yang bisa rasakan ketika anda memakan buah ini secara teratur.

Bahkan, untuk anda para wanita akan langsung menjadikan buah duku sebagai salah satu buah favorit anda jika anda tahu bahwa ternyata buah ini memiliki manfaat dalam dunia kecantikan.

Langsung saja silahkan simak baik-baik penjelasan kami di bawah ini mengenai apa saja manfaat, kandungan dan efek samping yang terdapat di dalam buah duku yang perlu anda tahu.

Manfaat Buah Duku

1). Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Siapa yang menyangka bahwa buah yang memiliki bentuk tidak terlalu besar ini ternyata memiliki khasiat yang begitu besar.

Ya, buah duku merupakan salah satu buah yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh anda ketika anda memakannya secara rutin.

Seseorang yang memiliki sistem kekebalan yang sudah mulai menurun, maka akan membuatnya gampang terserang penyakit, seperti flu, batuk, maupun penyakit lainnya.

Hal ini dikarenakan sistem kekebalan tubuh yang bertugas melawannya pun tidak bisa karena kondisinya sendiri sedang menurun.

Oleh sebab itu, untuk mencegah agar supaya kondisi yang anda alami tidak semakin parah, maka anda perlu meningkatkan sistem kekebalan tubuh anda.

Salah satu cara yang bisa anda lakukan adalah dengan mengkonsumsi buah duku.

Kandungan vitamin C yang ada di buah ini nantinya akan memiliki peran besar di dalam menjaga serta meningkatkan sistem imunitas atau kekebalan tubuh anda sehingga akan membuat tubuh anda lebih kuat terhadap serangan virus, bakteri, maupun juga kuman.

2). Kesehatan kulit

Seperti yang sudah kami sebutkan di awal bahwasanya buah duku merupakan salah satu buah yang direkomendasikan bagi anda yang ingin mendapatkan kulit yang bersih dan juga mulus.

Buah duku mengandung vitamin C dan vitamin E sama halnya dengan manfaat buah kiwi yang mana kedua vitamin ini memang dibutuhkan untuk kesehatan kulit.

Anda harus mengkonsumsi duku secara rutin namun tidak berlebihan agar supaya anda mendapatkan kulit yang putih, bersih, dan juga mulus.

Dengan begitu, anda bisa tampil lebih percaya diri ketika anda harus menghadiri acara-acara penting seperti acara pernikahan atau reuni.

3). Untuk mengendalikan kolesterol

Bagi anda yang termasuk seseorang dengan kadar kolesterol tinggi, maka kami sarankan untuk makan duku.

Mengapa?

Karena buah duku sudah terbukti menjadi salah satu  aman untuk dimakan oleh seseorang yang memiliki masalah dengan kolesterol. Memang bukan sebuah hal yang baru karena di dalam duku mengandugn vitamin C yang mana vitamin tersebut memiliki banyak manfaat.

Cara kerja dari vitamin C tersebut adalah akan mengubah kadar kolesterol menjadi asam empedu sehingga kolesterol yang ada di dalam tubuh anda menjadi berkurang.

Seperti yang kita tahu bahwa seseorang yang memiliki masalah kolesterol tinggi bisa mengakibatkannya mengalami berbagai macam penyakit, seperti hipertensi atau juga kencing manis.

Buah lainnya yang mengatasi kolesterol :

4). Melancarkan pencernaan

Tidak jauh berbeda dengan manfaat yang terkandung dalam buah sirsak, buah duku juga berfungsi untuk membantu melancarkan pencernaan.

Hal ini karena buah duku termasuk salah satu buah yang mengandung kadar serat cukup tinggi yang memang dibutuhkan tubuh untuk memperlancar pencernaan.

Bahkan, kandungan serat yang ada di dalam buah duku mencapai 2 gram untuk buah duku 100 gram.

Dengan kata lain, bagi anda yang mengalami masalah dengan pencernaan, maka buah duku menjadi salah satu buah terbaik yang kami rekomendasikan untuk anda makan.

Sementara itu, kandungan kalori dan juga zat besi yang ada di dalam buah duku ternyata lebih banyak daripada apel dan jeruk yang tentu akan sangat bermanfaat untuk anda.

Mengatasi pencernaan lainnya : Manfaat Buah Pir

Kandungan Buah Duku

Berikut ini akan kami berikan informasi seputar kandungan yang ada di dalam buah duku:

  1. Kalori sebesar 63 kkal
  2. Protein sebesar 1 gram
  3. Lemak sebesar 0,2 gram
  4. Karbohidrat sebesar 16,1 gram
  5. Kalsium yang mencapai 18 mg
  6. Fosfor mencapai 9 mg
  7. Zat besi 1 mg
  8. Vitamin B1 sebesar 0,05 mg
  9. Vitamin C 9 mg

Efek Samping Buah Duku

Meskipun memang buah duku merupakan buah yang memiliki banyak manfaat, namun jika anda mengkonsumsinya dalam takaran yang berlebih bisa menyebabkan anda mengalami berbagai masalah.

Hal inilah yang sering dikatakan bahwa buah duku juga memiliki efek samping.

Adapun efek samping yang bisa anda alami ketika mengkonsumsi buah duku dalam takaran yang berlebih antara lain:

1). Meningkatkan berat badan

Bagi sebagian orang, memiliki berat badan yang berlebih tentu merupakan impian karena mungkin pada waktu itu ia termasuk orang yang kurus.

Akan tetapi, bagi anda yang sedang dalam program diet atau yang sudah memiliki berat badan ideal, kami tidak menganjurkan anda mengkonsumsi buah duku dalam jumlah yang berlebih.

Hal ini dikarenakan buah duku mengandung kadar karbohidrat yang cukup tinggi sehingga ketika anda makan buah duku, maka secara tidak langsung anda sedang makan nasi.

Padahal, waktu itu anda sedang dalam program diet dan menghindari nasi karena bisa menyebabkan peningkatan berat badan. untuk diet anda bis amembaca artikel kami yang lainnya : Manfaat Buah Salak

Maka dari itu, anda tidak dianjurkan untuk makan buah duku dalam jumlah yang banyak.

Namun, bagi anda yang masih memiliki berat badan yang belum ideal, dipersilahkan untuk mengkonsumsi buah duku.

2). Mengakibatkan maag

Untuk anda yang pernah memiliki gangguan maag, tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi buah duku.

Seseorang yang menderita maag memang menjaga tubuhnya agar tidak sampai mengkonsumsi makanan yang sulit untuk dicerna.

Buah duku termasuk salah satu makanan yang sulit dicerna oleh lambung sehingga harus dihindari.

Oleh sebab itu, anda dilarang makan buah duku dalam takaran yang berlebih karena bisa menyebabkan penyakit maag anda kambuh.

3). Meningkatkan resiko diabetes

Kandungan fruktosa yang terdapat dapa buah duku menjadi salah satu yang dihindari untuk anda yang memiliki resiko terkena penyakit kencing manis.

Selain itu, kandungan kolesterol yang ada dalam buah duku juga memiliki peranan penting yang bukan hanya menyebabkan anda terkena diabetes, melainkan juga bisa menyebabkan anda menderita darah tinggi atau hipertensi.

Anda sebaiknya tidak memakan buah duku dalam jumlah yang banyak karena hanya akan merugikan diri anda sendiri.

Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan kepada anda mengenai apa saja manfaat, kandungan dan efek samping buah duku. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *