33 Manfaat Buah Pepaya : Kandungan Dan Efek Sampingnya

Diposting pada

Manfaat Buah Pepaya : Kandungan Dan Efek Samping Buah Pepaya – Pepaya memiliki nama latin Carica Papaya adalah buah yang berasal dari Negara Meksiko dan Amerika Selatan.

Nama papaya sendiri di Indonesia berasal dari Bahasa Belanda yaitu Papaja, saat ini di Indonesia tentu sudah banyak sekali kita temukan buah yang judtru sering kita sebut dengan Kates ini.

Buah ini memiliki rasa yang sangat lezat yang tentu saja menjadi kegemaran banyak orang. Tapi, tahukah kamu beberapa manfaat buah papaya yang ternyata sangat banyak dan berguna untuk tubuh, diantaranya:

Manfaat Buah Pepaya

  1. Memperlancar Sistem Pencernaan

Telah banyak diketahui saat ini bukan hanya Manfaat Buah Kiwi tetapi buah papaya juga memiliki manfaat yaitu memperlancar sistem pencernaan, untuk kamu yang memiliki masalah dengan pencernaan.

Seperti tidak rutinnya BAB atau sembelit, bahkan hal ini juga biasanya dilakukan oleh orang tua yang memiliki anak dengan masalah pencernaan yang sama. Buah papaya dapat menjadi solusinya.

  1. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Pepaya dapat menjaga sistem imun dalam tubuh agar terhindar dari berbagai penyakit. Hal ini dikarenakan Pepaya mengandung Vitamin C yang dipercaya mampu memulihkan tenaga untuk kamu yang habis sakit, dan memperbaiki daya tahan tubuh.

  1. Mencegah Kanker

Kamu juga pasti sudah mengetahui kan bahawa ternyata bukan hanya buah papaya saja yang saat ini dapat dikonsumsi dan tentunya memberikan banyak manfaat untuk tubuh, tetapi ternyata daun papaya juga yang sering kita konsumsi sebagai lalapan, ternyata memiliki manfaat yaitu mencegah penyakit kanker.

Hal ini dikarenakan dalam daun papaya mengandung antioksidan yang dapat mencegah perkembangan sel kanker dalam tubuh.

  1. Mencegah Penyakit Jantung

Manfaat buah Pepaya yang lainnya adalah mencegah penyakit jantung sama halnya seperti manfaat buah alpukat, hal ini karena dalam setiap buah papaya mengandung Vitamin C 33% lebih banyak daripada jerulk.

Maka, cobalah untuk rutin mengkonsumsi buah papaya ya gaes untuk kesehatan jantungmu!

  1. Menjaga Kesehatan Tulang

Kekurangan zat kalsium di dalam tubuh dapat mengakibatkan tulang menjadi cepat rapuh dan beresiko 50% lebih besar menderita Osteoporosis.

Hal ini tentu saja dapat kamu hindari jika kamun rutin mengkonsumsi buah papaya, karena kandungan kalsium di dalam buah papaya dapat mencukupi kebutuhan kalsium kamu.

  1. Menyuburkan Rambut

Buah papaya bukan hanya bermanfaat untuk kesehatan, tetapi juga dipercaya memiliki manfaat untuk kecantikan rambutmu.

Menurut Penelitian, orang yang mengkonsumsi buah papaya lebih sering, akan mengurangi resiko kerusakan rambut seperti rontok dan patah-patah.

  1. Menyehatkan Mata

Pepaya mengandung Zat Antioksidan Zeaxanthin yang dapat melindungi mata dari sinar ultraviolet yang dapat membahayakan mata dari degenerasi makula yang dapat mengakibatkan katarak dan rabun.

  1. Mencegah Pembukuan Darah

Pepaya mengandung Zat Fibrin yang membantu meningkatkan aliran darah. Dan tentunya akan menghambat pembekuan darah yang dapat mengakibatkan Penyakit Jantung Dan stroke.

Beberapa manfaat buah papaya tadi tentu saja akan kamu dapatkan jika kamu rutin dan mengkonsumsinya sesuai dengan takaran gizi yang dibutuhkan, jadi kamu pelu konsultasikan dulu dengan ahli gizi ya gaes dan jangan sampai mengkonsumsinya secara berlebihan!

Baca Juga :

Kandungan Buah Pepaya

Beberapa kandungan gizi yang terdapat dalam buah papaya diantaranya:

  1. Air
  2. Karbohidrat
  3. Kalori
  4. Serat
  5. Protein
  6. Gula
  7. Lemak
  8. Vitamin A
  9. Vitamin C
  10. Vitamin D
  11. Vitamin E
  12. Vitamin K
  13. Kalsium
  14. Zat Besi
  15. Magnesium
  16. Potasium
  17. Fosfor
  18. Zinc
  19. Sodium

Efek Samping Buah Pepaya

Buah Pepaya memang memiliki rasa yang sangat lezat, dengan tekstur daging yang lembut dan berwarna orange membuat buah papaya banyak disukai dan diminati banyak orang.

Tetapi dibalik semua itu, jangan sampai mengkonsumsi buah ini secara berlebihan ya gaes karena justru memberikan efek samping yang tidak baik untuk tubuh. Beberaa efek samping tersebut diantaranya adalag:

  1. Diare

Buah papaya memang dapat mengobati masalah pencernaan seperti sembelit, tetapi jika dikonsumsi secara berlebihan justru akan menimbulkan masalah baru yaitu diare.

Diare tentu saja akan membuat penderitanya dehidrasi dan kekurangan cair, jadi harap berhati-hati ya gaes!

  1. Keguguran

Meskipun hal ini belum diketahui kebenarannya, tetapi mengkonsumsi buah papaya secara berlebihan dipercaya dapat membuat keguguran bagi ibu hamil.

Hal ini dikarenakan Enzim Papain yang dapat merangsang keluarnya janin sebelum waktunya dan dapat merusak selaput tertentu untuk perkembangan janin.

  1. Menyebabkan Alergi

Kandungan Papain bisa saja menempel pada kulit buah papaya, nah jika kamu mengkonsumsi buah ini sedcara berlebihan maka bisa saja mengalami alergi seperti ruam-ruam kemerahan pada kulit, gatal diseluruh tubuh bahkan mengaibatkan mual dan muntah.

Jadi, konsumsilah dengan batasan yang normal ya gaes!

  1. Menyebabkan Batu Ginjal

Menurut Penelitian, Kelebihan Vitamin C dapat mengakibatkan seseorang mengalami penyakit batu ginjal.

Hal ini juga tentu bisa dialami oleh seseorang yang mengkonsumsi buah papaya secara berlebihan, karena buah papaya mengandung Vitamin C yang cukup tinggi. Untuk mengatasi gangguan pada ginjal silahkan membaca artikel Manfaat Buah Pisang.

  1. Menyebabkan Gangguan Pernafasan

Salah satu efek samping lainnya jika mengkonsumsi Buah papaya secara berlebihan adalah timbulnya gangguan pernafasan seperti batuk, pilek, alergi, hidung tersumbat dan juga untuk rentan waktu yang lebih panjangnya dapat mengakibatkan asma. untuk mengatasi asma baca Manfaat Buah Kiwi.

  1. Menurunkan Kadar Gula

Menurunnya kadar gula secara berlebihan dalam tubuh dapat mengakibatkan seseorang menjadi cepat lelah dan tidak bersemangat.

Hal ini juga dapat mempengaruhi mood seseorang menjadi mudah marah dan merasa was-was, oleh karena itu Konsumsi papaya secara berlebihan dapat berdampak tidak baik.

Beberapa efek samping tersebut tentu tidak akan kamu alami jika kamu mengkonsumsi nya dalam batasan yang wajar ya gaes, dan tentunya kamu juga perlu berhati-hati.

Beberapa Olahan Pepaya

Saat ini ada beberapa olahan papaya yang dapat kamu nikmati, dengan cara membelinya atau pun juga membuatnya sendiri nih gaes.

Dan untuk kamu para ibu rumah tangga biasanya lebih memilih untuk membuatnya dan menyajikannya sebagai cemilan yang lezat untuk suami dan buah hati.

Nah, admin akan memberikan sedikit tips mengolah papaya yang tentunya mudah dan dapat kamu coba membuatnya dirumah:

  1. Manisan Pepaya

Kalau cemilan yang satu ini tentu sangat digemari oleh anak-anak. Hal ini karena rasa buah papaya yang sangat manis dan ditambahkan dengan tambahan gula.

Dan untuk kamu yang ingin mencobanya, silahkan menyajikan dalam keadaan dingin ya gaes!

  1. Rujak Pepaya

Disaat cuaca panas menyerang, mengkonsumsi buah yang segar-segar dapat menjadi solusinya.

Kamu perlu mencoba untu membuat rujak papaya, caranya dengan mengiris buah papaya kecil-kecil dan dicampurkan dengan bumbu seperti cabai, bawang dan gula.

Jangan lupa tambahkan sedikit asam jawa dan diamkan di lemari pendingin. Hmm, rasanya pasti sangat lezat.

  1. Dicampurkan bersama Agar-agar

Cemilan Ini juga tentu sangat cocok pada saat musim panas ya gaes, dengan mencampurkan irisan buah papaya diatas agar-agar yang telah kamu panaskan dan mendiamkannya beberapa saat di lemari pendingin, tentu akan diminati oleh buah hati, selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *