25 Manfaat Buah Pir : Kandungan dan Efek Samping
25 Manfaat Buah Pir : Kandungan dan Efek Samping

25 Manfaat Buah Pir : Kandungan dan Efek Samping

Diposting pada

Manfaat Buah Pir : Kandungan dan Efek Samping Buah Pir – Siapa yang tidak mengenai buah pir? Tentu semua dari Anda sudah mengenai buah yang dalam Bahasa Inggris ini disebut dengan Pear.

Buah pir memang sudah terkenal sejak dahulu karena mengandung berbagai macam manfaat untuk kesehatan.

Salah satu manfaat dari buah pir yang bisa Anda dapatkan adalah ia bisa digunakan sebagai solusi bagi Anda yang memiliki masalah pencernaan.

Bukan hanya itu saja, ternyata buah pir menjadi salah satu jenis buah yang disarankan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil karena memang di dalamnya mengandung kadar nutrisi yang cukup tinggi.

Selain, dengan mengkonsumsi buah pir maka buah ini dapat digunakan untuk mencegah bayi yang dikandung dari terkena berbagai macam gangguan saraf yang biasanya terjadi pada trisemester pertama.

Maka tidak heran jika buah pir merupakan salah satu buah yang menjadi primadona dan bahkan dijadikan sebagai cemilan wajib karena ingin mendapatkan khasiat yang terkandung di dalamnya.

Bagi Anda yang ingin tahu lebih lanjut mengenai apa saja manfaat, kandungan dan efek samping buah pir, maka silahkan Anda simak ulasan yang akan kami berikan di bawah ini.

Manfaat Buah Pir

Berikut ini kami akan menjelaskan kepada Anda mengenai apa saja manfaat yang ada di dalam buah pir yang bisa Anda rasakan ketika Anda mengkonsumsinya secara rutin.

  1. Untuk kesehatan sistem pencernaan

Manfaat pertama yang bisa Anda dapatkan ketika mengkonsumsi buah pir dengan rutin adalah ia dapat menjadi sebuah obat alami yang akan membantu menyehatkan sistem pencernaan Anda.

Hal ini bisa Anda lihat pada kandungan seratnya yang mencapai 3.10 gram sehingga tidak heran jika buah pir memang dapat memperlancar sistem pencernaan.

Bahkan, dengan mengkonsumsi buah pir secara rutin, maka kebutuhan serat Anda sebesar kurang lebih 18 persen bisa terpenuhi.

Anda juga harus tahu bahwa kandungan serat yang ada di dalam buah ini bersifat Non-Soluble Polysaccharide. Dengan kata lain, serat tersebut sangat baik untuk menjaga kesehatan usus.

  1. Sebagai program diet

Buah pir juga terkenal sebagai buah yang mengandung kadar kalori rendah. Hal ini menjadikan buah pir dijadikan sebagai salah satu buah yang wajib dikonsumsi bagi Anda yang sedang menjalankan diet.

Selain itu, kandungan serat yang cukup tinggi pun nantinya akan membuat Anda bisa kenyang hanya dengan mengkonsumsinya.

Manfaat lain dari serat tersebut adalah sebagai salah satu cara untuk meningkatkan proses pembakaran di dalam tubuh atau yang lebih kita kenal dengan sebutan metabolisme.

Maka dari itu, Anda bisa mengkonsumsi buah pir secara rutin bagi Anda yang memang saat ini sedang menjalankan program diet.

  1. Meningkatkan sistem imun

Seseorang yang memiliki sistem kekebalan tubuh atau sistem imun yang rendah akan membuatnya mudah terserang beragam penyakit.

Untuk mencegah hal tersebut, maka Anda bisa mengkonsumsi buah pir. Hal ini dikarenakan buah pir mengandung vitamin C yang memang memiliki peranan penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda.

Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2003, dijelaskan dan dibuktikan bahwasanya vitamin C tersebut nanti akan berfungsi sebagai antioksidan yang akan melawan radikal bebas yang bisa mengancam kesehatan Anda.

Buah pir juga mengandung beberapa zat seperti vitamin A, Lutein, Flavonoid, dan lain sebagainya yang memang juga berperan menjaga maupun meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

  1. Obat pencegah kanker

Siapa yang mengira jika buah yang mudah dan sering Anda temukan di pasar atau toko buah tersebut ternyata bisa digunakan untuk mencegah kanker.

Hal ini tidak terlepas dari kandungan zat yang berfungsi sebagai antioksidan yang nantinya akan berperan sebagai penangkal terhadap zat karsinogenik yang mana zat tersebut bisa menjadi sebab terjadinya mutasi sel menjadi sel tumor atau kanker.

Berdsarkan apa yang telah dijelaskan oleh Dr. Margaret E. Wright, kandungan antikoksidan dalam buah pir akan membuat seseorang yang mengkonsumsinya bisa terhindar dari resiko terkena kanker paru-paru.

Kandungan Buah Pir

Seperti yang sudah kami jelaskan di awal bahwa salah satu alasan mengapa buah ini menjadi primadona adalah karena memiliki kadar nutrisi yang cukup tinggi yang tentu akan sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Di bawah ini kami akan menjelaskan mengenai apa saja kandungan yang ada di dalam buah pir. Sekedar informasi bahwa kami mengambil contoh dari buah pir yang memiliki berat kurang lebih 100 gram.

  1. Air sebesar 83.96 gram
  2. Energi sebesar 57 Kcal
  3. Karbohidrat sebesar 13.81 gram
  4. Protein sebesar 0.38 gram
  5. Lemak Total sebesar 0.12 gram
  6. Serat sebesar 3.10 gram
  7. Asam Folat 7 µg
  8. Niacin sebesar 0.157 mg
  9. Asam Panthotenic 0.048 mg
  10. Riboflavin sebesar 0.025 mg
  11. Thiamin sebesar 0.012 mg
  12. Vitamin A sebesar 23 IU
  13. Vitamin C sebesar 2 IU
  14. Vitamin E sebesar 0.12 mg
  15. Kalsium sebesar 9 mg
  16. Fosfor sebesar 11 mg
  17. Zinc sebesar 0.10 mg
  18. Lutein-Zeaxanthin sebesar 45 µg

Efek Samping Buah Pir

Buah pir memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan Anda, namun bukan berarti Anda bisa mengkonsumsi buah pir dalam jumlah yang berlebihan.

Sebenarnya buah pir bisa menimbulkan efek samping, namun efek samping tersebut hanya dialami oleh seseorang yang mengkonsumsinya secara berlebihan atau dikonsumsi oleh seseorang dengan penyakit tertentu.

  1. Menyebabkan masalah pada usus

Salah satu manfaat mengkonsumsi buah pir adalah berfungsi menjaga kesehatan usus Anda. Namun hal ini bukan berarti Anda boleh mengkonsumsinya dalam jumlah yang banyak.

Kandungan karbohidrat yang cukup besar dan zat lainnya malah tidak disarankan untuk sampai masuk ke dalam tubuh seseorang yang menderita penyakit usus besar.

  1. Menyebabkan perut kembung

Efek samping yang juga bisa Anda alami ketika mengkonsumsi buah pir secara berlebihan adalah produksi gas dalam tubuh Anda akan meningkat.

Hal ini yag kemudian menjadi sebab mengapa perut Anda menjadi kembung dan terkadang sampai menimbulkan sakit perut. Tentu Anda tidak ingin kondisi ini terjadi pada diri Anda yang akan mengganggu segala aktivitas Anda.

Oleh sebab itu, konsumsi buah pir sewajarnya dan sesuai dengan kebutuhan agar supaya Anda tidak sampai mengalami perut kembuh atau juga sakit perut.

  1. Meningkatkan resiko diare

Buah pir juga dapat membuat Anda mengalami gejala diare meskipun sebenarnya buah ini merupakan salah satu buah yang akan menjaga sistem pencernaan Anda.

Anda tidak dianjurkan mengkonsumsi buah pir dalam jumlah yang banyak, melebihi batas yang ditentukan. Jika Anda tetap melakukannya, Anda akan mengalami gejala diare.

Beberapa gejala diare tersebut antara lain perut mulas, kembung, sakit perut, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, jangan makan buah pir secara berlebihan jika tidak ingin mengalami hal tersebut.

Demikian penjelasan dari kami berkaitan dengan manfaat, kandungan dan efek samping buah pir. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *