26 Manfaat Buah Pisang : Kandungan Dan Efek Samping

Diposting pada

Manfaat Buah Pisang : Kandungan Dan Efek Samping Buah Pisang – Kita semua pasti sudah mengetahui, bagaimana mudahnya pisang di dapatkan di Negara kita Indonesia yang beriklim tropis ini.

Bukan hanya rasanya saja yang sangat lezat, tetapi pisang juga dapat kita temukan dengan harga yang sangat terjangkau, di samping itu pisang juga ternyata memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh nih gaes. Apa saja sih manfaatnya, yuk kita bahas:

Manfaat Buah Pisang

  1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Saat ini, sudah banyak sekali orang yang sedang menjalankan program diet menjadikan pisang sebagai salah satu solusinya.

Mengkonsumsi buah pisang sama halnya dengan manfaat buah salak yang dapat membuat perut merasakan kenyang sehingga mengurangi nafsu makan dan ngemil kamu loh gaes.

Selain itu juga, kandungan di dalam buah pisang ternyata dapat menurunkan gula darah berlebih bagi para pnderita obesitas.

  1. Menjaga Kesehatan Ginjal

Kandungan Potasium yang berada pada buah pisang, dapat melindungi ginjal 2x lebih sehat disbandingkan dengan buah yang lainnya.

Sehingga untuk kamu yang gemar mengkonsumsi buah ini, jangan takut untuk terkena penyakit ginjal yang ternyata sangat mengerikan ini.

  1. Mencegah Penyakit Kanker

Kanker merupakan penyakit yang sampai saat ini belum ditemukan obatnya dan menurut para peneliti tidak dapat hilang 100%.

Tapi tahukah kamu ternyata penyakit kanker dapat dicegah, diantaranya adalah dengan cara rutin mengkonsumsi buah pisang.

Buah pisang dipercaya memiliki kandungan Antiooksidan yang tinggi yang tentunya dapat mencegah radikal bebas di dalam tubuh.

Radikal bebas juga ternyata salah satu faktor yang dapat menimbulkan penyakit kanker.

  1. Meningkatkan Daya Ingat

Salah satu manfaat buah pisang yang lainnya adalah meningkatkan daya ingat. Nah, kalau ini sangat cocok untuk kamu yang ternyata sering banget kelupaan meletakkan barang barang atau apapun gaes.

Kandungan antioksidan yang tinggi di dalam buah pisang ternyata dapat membantumu untuk meningkatkan daya ingat juga memori yang penting, jadi tidak mudah melupakan sesuatu yah gaes!

  1. Meningkatkan Suasana Hati

Mungkin rekomendasi pertama yang akan admin rekomendasikan adalah wanita nih gaes, wanita memang memiliki mood atau suasana hati yang mudah berubah-ubah.

Sesaat dapat sangat gembira, tetapi sesaat juga menjadi bete atau marah. Terutama kalau lagi palang merah ya.

Hihii coba deh kamu mengkonsumsi buah pisang, buah ini ternyata dapat meningkatkan suasana hati kamu menjadi baik kembali.

  1. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Pisang juga dikenal sebagai buah yang mengandung serat yang tinggi. Hal inilah yang membuat pisang dipercaya dapat mengatasi masalah pencernaan dalam tubuh sama halnya seperti Manfaat Buah Kiwi.

Diantaranya adalah diare, dan radang usus. Dengan mengkonsumsi buah pisang, perlahan lahan diare akan hilang sehingga menetralkan sakit perut bagi penderitanya.

  1. Mencegah Penyakit Asma

Penelitan di London pernah menyebutkan bahwa pisang dapat menurunkan resiko penyakit asma bagi yang rutin mengkonsumsinya. Hal ini juga sudah banyak dilakukan oleh para peneliti di Amerika serikat.

Baca Juga :

Kandungan Buah Pisang

Dibalik beberapa manfaat buah pisang yang telah kita bahas tadi, tentu kita juga harus mengetahuinya kandungan apa saja yang berada di dalam buah pisang ini. Beberapa kandungan itu diantaranya adalah:

  1. Antioksidan dan Serat Yang Tinggi
  2. Vitamin C
  3. Vitamin A
  4. Triptofan
  5. Asam Amino
  6. Pottasium
  7. Peptin Dan Pati Resistan
  8. Kalium
  9. Vitamin B6
  10. Magnesium
  11. Karbohidrat
  12. Lemak
  13. Protein
  14. Zat Besi
  15. Kalori

Efek Samping Buah Pisang

Untuk emngkonsumsi buah pisang tentu juga harus kamu perhatikan kadar dan dosisnya ya gaes, jangan sampai berlebihan untuk tubuhmu, karena tentunya malah akan berimbas yang tidak baik atau bahkan penyakit lain yang akan muncul.

Setidaknya cukup konsumsi 2 pisang dalam sehari. Beberapa efek samping yang dapat ditimbulkan oleh pisang di antaranya adalah:

  1. Mudah Mengantuk

Telah kita bahas diatas bahwa pisang dapat meningkatkan suasana hati menjadi lebih baik, tetapi hal ini tidak berlaku jika kamu mengkonsumsi pisang secara berlebihan ya gaes, karena salah satu efek sampingnya yang bisa muncul adalah mudah mengantuk.

Hal ini dikarenakan pisang mengandung tryptophan yang dapat menghambat asam amino ke dalam otak, sehingga timbul rasa mengantuk yang berlebih.

  1. Detak Jantung Yang Terlalu Cepat

Efek samping yang lainnya adalah munculnya Hyperkalemia yaitu kondisi meningkatnya detak jantung yang mengakibatkan penderitanya merasakan sakit dan kesulitan bernafas, bahkan jika dibiarkan terus terjadi hal ini akan mengakibatkan gagal jantung atau stroke.

Wahh, mengerikan sekali ya gaes! Maka kamu perlu berhati-hati nih untuk mengkonsumsi buah pisang jangan sampai kelewatan batas ya! Untuk mengatasi gangguan pada jantung simak Manfaat Kulit Manggis dan Manfaat Buah Alpukat.

  1. Kerusakan Saraf

Pisang memang sangat direkomendasikan untuk kamu yang sedang proram menurunkan berat badan atau diet, tetapi hal ini ternyata juga berdampak sangat buruk loh jika kamu mengkonsumsi buah pisang setiap hari dengan tidak di selingi asupan karbohidrat yan lain seperti nasi.

Menurut peneliti, ini justru mengakibatkan kerusakan saraf dan jaringan di dalam tubuh, jadi sebaiknya kamu perlu menghindarinya.

  1. Hormon Tidak Seimbang

Hal ini dapat terjadi karena pisang mengandung zat xeniobotik yang dapat mengakibatkan hormon di dalam tubuh menjadi tidak seimbang jika dikonsumsi dalam jumlah banyak dan terus menerus.

Dan ketika hormone menjadi tidk seimbang biasanya mengakibatkan mudah kelekahan, siklus menstruasi yang tidak teratur, dan juga mood yang tidak seimbang bagi para wanita. Jadi, harap berhati-hati ya gaes terutama untuk kamu para wanita!

Beberapa Olahan Pisang

Selain dikonsumsi secara langsung, saat ini banyak sekali produsen  cemilan yang menawarkan pisang sebagai produk olahan pertamanya.

Nah, kamu juga dapat membuatnya sendiri gaes! Apa saja sih olahan pisang tersebut:

  1. Keripik Pisang

Kalau ini menjadi salah satu oleh oleh khas dari tampat tinggal admin nih gaes, yaitu Lampung.

Di lampung kamu akan banyak menemui banyak sekali took oleh oleh yang menjual keripik pisang untuk dibawa ke kota asalmu, mulai dari rasa coklat, strawberry, balado dan lainnya.

Rasanya juga sangat lezat loh gaes, hihii dan pastinya keripik pisang juga bukan hanya di jual di lampung, tetapi di kota lain juga sepertinya banyak kok gaes!

  1. Nugget Pisang

Olahan pisang yang selanjutnya dapat kamu coba memasaknya sendiri adalah nugget pisang, dengan cara iris pisang kecil kecil dan dilumuri dengan tepung roti lalu menggorengnya.

Tambahkan susu coklat atau mesis di atasnya, hmm baru membayangkannya saja tentu membuatmu menelan ludah bukan? Hihii rasanya pasti sangat lezat loh gaes!

  1. Bolu Pisang

Untuk kamu yang sangat menyukai bolu, makanan lembut dengan berbahan dasar roti ini.

Dapat kamu kreasikan dengan buah pisang juga, yaitu dengan mencampurnya pada adonan bolu dan memanggangnya.

Maka, jadilah bolu pisang yang tentunya memiliki rasa yang tak kalah lezat dengan bolu yang lain, atau juga kamu dapat mengiris pisang menjadi kecil-kecil dan meletakkannya di atas bolu tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *