18 Manfaat Buah Salak : Kandungan dan Efek Samping Buah Salak

Diposting pada

Manfaat Buah Salak : Kandungan dan Efek Samping Buah Salak : Buah salak merupakan salah satu buah khas yang berasal dari Indonesia.

Buah yang bentuknya unik ini menjadi salah satu buah yang datangnya musiman.

Karena memiliki kulit yang bersisik menyerupai ular, maka dalam Bahasa Inggris buah salak dinamakan Snake Fruit.

Adapun rasa dari buah ini adalah manis yang dikombinasikan dengan rasa asam. Tentu perpaduan rasa tersebut begitu enak di lidah sehingga buah salak menjadi salah satu buah favorit keluarga.

Ada banyak buah salak yang ada di Indonesia. Salah satu jenis yang paling terkenal yakni salak pondoh, yang mana buah tersebut berasal dari Yogyakarta.

Namun tahukah anda bahwa ternyata di dalam buah salak mengandung banyak manfaat untuk kesehatan?

Ada banyak manfaat yang bisa anda dapatkan ketika mengkonsumsi buah salak secara rutin.

Akan tetapi, bukan berarti anda diperbolehkan mengkonsumsinya dalam kadar yanng berlebihan.

Di bawah ini akan kami jelaskan mengenai apa saja manfaat, kandungan, dan efek samping buah salak yang bisa anda jadikan sebagai referensi karena mungkin ada salah satu atau beberapa manfaat dalam buah salak yang berguna untuk mengatasi masalah yang anda alami saat ini.

Manfaat Buah Salak

  1. Untuk Kesehatan Mata

Manfaat pertama yang akan kami jelaskan adalah bahwa salak memiliki khasiat yakni untuk membuat mata anda tetap sehat.

Hal ini dikarenakan salak mengandung beta-karoten yang memang merupakan salah satu zat yang berguna untuk membuat mata anda tetap dalam kondisi sehat.

Bagi anda yang bosan terus makan wortel atau apel, maka salak bisa menjadi alternatif lain yang bisa anda dapatkan di toko-toko buah.

Anda bisa menjadikan salak sebagai cemilan bersama keluarga ketika malam hari meskipun nanti anda jangan makan terlalu banyak.

  1. Untuk program diet

Sama halnya dengan manfaat yang terkandung dalam buah sirsak, salak juga merupakan salah satu buah pi;ihan untuk anda yang saat ini sedang menjalankan program diet.

Kandungan zat fitonutrien yang berperan sebagai pengganti karbohidrat. Dengan begitu, ketika anda mengkonsumsi salak, maka anda akan tetap merasa kenyang dan memiliki tenaga yang cukup untuk menjalankan aktivitas sehari-hari.

Dengan begitu, anda bisa mengurangi konsumsi nasi maupun makan lain yang mengandung lemak tinggi.

Selain itu, salak juga akan membuat sistem pencernaan anda menjadi lancar karena di dalamnya mengandung zat tanin.

Serat yang ada di dalam buah salak ini lah yang nantinya juga akan memberikan rasa kenyang ketika anda mengkonsumsi salak minimal 2 buah.

Maka dari itu, bagi anda yang sedang menjalani diet, maka kami sarankan agar anda mengkonsumsi salak sebagai salah satu alternatif untuk mendukung program diet anda.

Cara Mengatasi diet lainnya antara lain :

  1. Obat diare

Apa anda pernah mengalami diare? Diare merupakan sebuah penyakit yang akan menyebabkan penderitanya sering buah aing besar.

Selain itu, fases orang yang mengalami diare juga berbentuk cair. Kondisi seperti ini sudah pasti akan membuat seluruh aktivitas sehari-hari menjadi terganggu.

Bagi anda yang ingin mengobati diare secara alami, maka anda mengkonnsumsi salak.

Seperti yang kami jelaskan sebelumnya bahwa salak mengandung zat tanin. Zat ini nantinya akan membantu melawan bakteri yang menyebabkan anda menderita diare.

Anda hanya perlu mengkonsumsi salak beberapa buah dalam sehari. Namun, jangan sampai terlalu berlebihan.

  1. Kesehatan otak

Siapa yang menyangka bahwa salah satu manfaat yang terkandung dalam salak bisa berguna untuk menjaga kesehatan otak?

Alasan mengapa salak menjadi salah satu buah yang direkomendasikan untuk kesehatan otak adalah karena salak memiliki kadar kalsium maupun juga pektin yang cukup tinggi. Kedua zat ini memang memiliki fungsi untuk menjaga kesehatan otak.

Selain itu, salak juga merupakan buah yang berfungsi menjaga sistem saraf anda akan tetap bekerja dengan baik sehingga akan menghindarkan anda dari berbagai permasalahan yang berhubungan dengan saraf.

  1. Untuk kesehatan ibu hamil

Buah salak menjadi salah satu buah yang direkomendasikan untuk dijadikan sebagai cemilan bagi ibu hamil.

Hal ini bertujuan untuk menyehatkan ibu dan juga janin yang sedang dikandungnya.

Kandungan kalium yang cukup tinggi inilah yang akan menyehatkan bayi dan juga ibu hamil.

Selain itu, salak juga bisa menjadi salah satu buah untuk menghindarkan ibu hamil dari mengalami mual atau yang lebih terkenal dengan sebutan morning sick.

Yang dapat menyebabkan gangguan pada ibu hamil apabila mengosumsi buah berikut :

Kandungan Buah Salak

Di bawah ini merupakan daftar zat yang terkandung di dalam buah salak:

  1. Mengandung lemak sebesar 0,4 gram
  2. Kalsium sebesar 38 mg
  3. Protein sebesar 0.8 gram
  4. Vitamin C sebesar 8.4 gram
  5. Serat
  6. Fosfor sebanyak 31 mg
  7. Vitamin B
  8. Mineral
  9. Beta-karoten, dan lain sebagainya

Efek Samping Buah Salak

Setelah anda sudah paham mengenai manfaat dan juga kandungan yang ada di dalam salak, maka berikut ini akan kami jelaskan mengenai beberapa efek samping yang harus anda waspadai ketika anda gemar mengkonsumsi buah tersebut.

  1. Sembelit

Meskipun buah salak merupakan buah yang dapat mengatasi diare dan melancarkan sistem pencernaan, namun jika anda mengkonsusminya dalam jumlah yang banyak malah akan bisa menimbulkan anda mengalami sembelit atau yang juga disebut sebagai konstipasi.

Kandungan serat tidak dianjurkan untuk masuk ke dalam tubuh dalam jumlah banyak karena malah akan menghambat kerja dari sistem pencernaan anda.

Maka tidak heran jika salak juga merupakan salah satu buah yang menjadi sebab orang menderita sembelit.

Hindari makan salak dalam jumlah banyak dan perbanyaklah minum air putih jika anda merasa bahwa anda sudah menderita beberapa gejala sembelit.

Jika kondisi yang anda alami tidak kunjung membaik, maka anda bisa mengkonsumsiĀ  buah lain atau bisa pergi ke dokter untuk mendapatkan obat terbaik.

  1. Menyebabkan maag

Salak tidak dianjurkan untuk dikonsumsi bagi anda yang memiliki riwayat maag. Hal ini karena beberapa zat yang terkandung di dalam buah salak malah akan menyebabkan permasalahan pada lambung anda.

Maka dari itu, untuk anda yang pernah menderita maag. Sebaiknya hindari mengkonsumi salak atau minimal konsumsi sekali saja.

  1. Tidak dianjurkan bagi penderita tipes

Selain tidak baik bagi anda yang menderita maag, ternyata buah salak juga merupakan buah yang tidak dianjurkan dikonsumsi bagi anda yang merupakan penderita tipes.

Kandungan serat yang cukup tinggi memang dilaranng untuk masuk ke dalam tubuh seseorang yang menderita tipes.

Jika seseorang tersebut masih tetap mengkonsumsinya dalam jumlah banyak, maka akan menyebabkan tipesnya kambuh dan dikhawatirkan malah akan semakin parah. Oleh sebab itu, anda harus menghindari untuk tidak makan salak.

  1. Sembelit pada ibu hamil

Sembelit yang dialami bukan hanya untuk orang normal atau orang biasa, melainkan sembelit karena mengkonsumsi salak juga bisa dialami oleh ibu hamil.

Memang buah salak termasuk buah yang baik untuk ibu hamil dan bayi, namun anda tetap tidak dianjurkan makan dalam jumlah yang banyak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *