4 Jenis dan Ciri-ciri Manusia Purba

Diposting pada

Jenis dan Ciri-ciri Manusia Purba – Mungkin kita semua pernah belajar bahwa pernah ada manusia purba yang pernah tinggal dan menetap di bumi ini.

4 Jenis dan Ciri-ciri Manusia Purba
4 Jenis dan Ciri-ciri Manusia Purba

Namun ternyata teori seperti ini tidak luput dari berbagai macam kontroversi, meskipun juga masih ada beberapa orang yang percaya dan mendukung pendapat tersebut.

Akan tetapi, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan penjelasan mengenai jenis dan ciri-ciri manusia purba yang pernah ada di Indonesia.

Perlu anda tahu bahwa sebenarnya tidak kurang dari 10 jenis dan ciri-ciri manusia purba yang ada di Indonesia yang tentu saja kesemuanya tersebut jarang anda temukan di buku-buku sejarah karena buku sejarah saat ini sudah mulai menafikan pembahasan mengenai manusia purba.

Jika berbicara mengenai pembahasan umum, bahwa manusia purba itu sendiri dibagi kedalam 3 macam, yang pertama disebut dengan Meganthropus atau Manusia Besar, Pitecanthropus atau Manusia Kera Berjalan, dan juga Homo atau Manusia Cerdas.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai hal tersebut, maka silahkan anda simak penjelasan kami berikut ini.

Ada hal yang penting dan harus anda ingat bahwa penjelasan yang akan kami berikan ini bukan semata-mata karena kami mendukung dan meminta anda mempercayai teori mengenai adanya manusia purba, melainkan hal ini hanya merupakn sharing pengetahuan bagi anda semuanya dan semoga bermanfaat.

1. Meganthropus Palaeojavanicus

Untuk jenis manusia purba yang pertama ini pertama kali ditemukan oleh seorang arkeolog yang bernama Van Koenigswald yang mana dari namanya saja anda sudah bisa menyadari bahwa ia berasal dari Belanda.

Fosil tersebut pertama kali ditemukan di daerah Sangiran pada sekitar tahun 1936.

Perlu anda ketahui bahwa manusia purba yang berasal dari Indonesia cenderung berbeda jika dibandingkan dengan manusia purba yang ada di negara lain.

Pada waktu itu kebanyakan fosil yang ditemukan tidak jauh berbeda dengan kondisi yang mirip dengan orang barat.

Ketika fosil ini pertama kali ditemukan membuat banyak arkeolog semakin bersemangat untuk terus menemukan dan menggali informasi mengenai Meganthropus Palaeojavanicus.

Manusia purba yang satu ini diperkirakan hidup kurang lebih 1 sampai dengan 2 juta tahun yang lalu yang mana hal telah dibuktikan dengan cara peluruhan karbon. Beberapa ciri yang ada pada Meganthropus Palaeojavanicus antara lain sebagai berikut:

  • Memiliki otot rahang yang cenderung kuat serta tulang pipi yang sedikit melebar.
  • Meganthropus Palaeojavanicus tidak memiliki dagu, namun ada tonjolan yang berada di bagian belakang.
  • Perawakan pada Meganthropus Palaeojavanicus cenderung tegap serta tulang kening yang agak menonjol.

2. Pitecanthropus Erectus

Manusia purba yang ada di Indonesia ini diperkirakan hidup kurang lebih sekitar 1 sampai dengan 2 juta tahun yang lalu yang pada waktu itu berdasarkan keterangan dari arkeolog bahwa Indonesia sering mengalami bencana alam yang kemudian juga menjadi sebab mengapa wilayah yang ada di Indonesia terdiri dari pulau-pulau.

Beberapa ciri yang ada pada Pitecanthropus Erectus antara lain seperti berikut:

  • Pitecanthropus Erectus berjalan tegak, meskipun memang pada struktur tengkoraknya masih ada hubungannya dengan kera.
  • Karena memiliki struktur tengkorak kera, maka kemungkinan besar ukuran otak yang ada pada Pitecanthropus Erectus kecil sehingga kecerdasannya pun lebih baik sedikit dibandingkan dengan hewan.
  • Pitecanthropus Erectus merupakan jenis manusia yang suka mengumpulkan makanan atau yang lebih dikenal dengan istilah Food Gathering.

Yang menjadikan banyak arkeolog tertarik untuk mengkaji Pitecanthropus Erectus adalah karena jika mereka berhasil mendapatkan bukti yang otentik, maka hal ini bisa dijadikan sebagai bukti untuk mendukung Teori Charles Darwin.

3. Pitecanthropus Soloensis

Dari namanya mungkin anda sudah tahu bahwasanya manusia purba yang satu ini berasal dari Jawa Tengah, lebih tepatnya berasal dari Solo.

Beberapa ciri yang ada pada Pitecanthropus Soloensis berdasarkan informasi yag kami dapatkan antara lain sebagai berikut:

  • Memiliki tonjolan yang lebih lebar di bagian tengkorak dan juga memiliki hidung yang cenderung lebih kuat serta pipi yang menonjol.
  • Pitecanthropus Soloensis memiliki tinggi kurang lebih mencapai 168 sampai dengan 180 cm.
  • Pitecanthropus Soloensis termasuk pemakan segala, yakni pemakan tumbuhan dan juga daging atau yang disebut juga dengan omnivora.
  • Perawakan dari Pitecanthropus Soloensis tegap dan juga ada perlekatan pada bagian otot tengkuk yang kuat dan juga agak besar.

4. Pitecanthropus Mojokertois

Manusia purba kali ini berasal dari Jawa Timur yakni dari Mojokerto. Seseorang yang telah menemukan fosil Pitecanthropus Mojokertois adalah Eungene Dubois yang pada waktu itu digadang-gadang sebagai penemuan fosil terbesar dan terheboh.

Untuk ciri dari manusia purba yang berasal dari Mojokerto ini tidak jauh berbeda dengan manusia purba yang telah kami bahas sebelumnya.

Namun yang disayangkan adalah masih minimnya pengetahuan dan bukti yang memberikan penjelasan mengenai Pitecanthropus Mojokertois tersebut.

Itulah penjelasan dari kami mengenai jenis dan ciri-ciri manusia purba yang pernah ada di Indonesia. Semoga bermanfaat.

Baca Juga : Manusia Purba Di Indonesia

Gambar Gravatar
Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *