Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

12 Jenis Obat Antibakteri Untuk Infeksi Kucing dan Anjing

Obat Antibakteri Untuk Infeksi Kucing dan Anjing – Banyak para pecinta kucing dengan berbagai jenis baik para peternak kucing maupun penjual kucing ras yang sudah mengetahui khasiat dari Propolis untuk penyembuhkan serta mengobati berbagai macam jenis penyakit kucing dan anjing secara alami bahkan murah bila harus pergi ke dokter hewan.

Antibiotik untuk Anjing

Ada beberapa nama-nama obat kucing :

1. Albon ( Sulfadimethoxine )

Antibiotik jenis ini biasanya dipakai untuk keperluan infeksi bakterial coccidia yang berakibat masalah pencernaan kucing (coccidiosis).

Aturan Dosis yang dianjurkan dokter untuk penggunaan obat jenis ini adalah 25mg/lb setara dengan 55mg/kg berat badan di hari pertama, setelah selang 24 jam kemudian dosisnya diturunkan jadi 12.5mg/lb atau setara 27.5mg/kg sendok teh per lb berat badan. Obat ini sensitif dan keras untuk kucing hamil dan menyusui!

2. Amoxicilin

antibiotik jenis ini cukup familiar ditelinga kita dengan cangkupan yang lebih luas dapat juga digunakan untuk pengobatan kucing seperti kasus infeksi oleh bakteri E Coli, Staphylococcus aureus dan Proteus mirabilis yang berakibat penyakit Upper Respiratory tract Infection (URI) .

Dosis yang ideal adalah antara 5 – 10mg/lb atau sekitar 22mg/kg berat badan setiap 12 jam dan tidak lebih dari 14 hari.

3. Aspirin

Aspirin sering digunakan untuk penghilang rasa sakit, dan terutama kucing dengan kasus demam, HCM. tetapi pemberian dosis aspirin dalam dosis berlebih justru akan membahayakan nyawa kucing, karena metabolisme kucing berbeda dengan manusia akan mengurai aspirin dalam tubuhnya cukup lama yaitu dalam 3 hari!.

Dosis ideal untuk kucing adalah 10mg/kg setiap 48 -72 jam. melebihi dosis tersebut di atas sangat bagi nyawa kucing.

4. Baytril (Enrofloxacin)

Obat ini khusus untuk hewan dan sangat langka dinegara kita. Tapi obat ini paling ampuh digunakan untuk kasus Respiratory Tract Infections dan Urinary Tract Infections yang disebabkan bakteri E.coli, Staphylococcus, Pasteurella, Proteus, Klebsiella, Bordetella bronchiseptica dan Group D Streptococcus.

Dosis yang dianjurkan adalah 5mg/kg/hari. Melebihi dosis akan berakibat kerusakan pada retina kucing. Dianjurkan digunakan kucing dibawah usia 12 minggu.

5. Buspar (Buspirone Hydrochloride )

Obat ini khusus hanya diberikan melalui resep psikiater. tetapi ternyata mempunyai efek yang positif pada kucing, Dosis yang ideal ialah 2.5 – 5mg/cat 2-3 kali sehari.

Antibiotik untuk Anjing

Berbagai jenis Penyakit disebabkan karena infeksi bakteri khusus nya pada anjing.sebagai gambaran umum seperti pada manusia.

Penggunaan antibiotik untuk mengobati anjing tak dapat dipungkiri. Penggunaan Antibiotik untuk keperluan gigi tidak cocok dengan yang dikonsumsi manusia, tetapi karena sangat penting untuk sang pemilik agar dapat mengetahui tentang antibiotik yang mana saja yang bisa diberikan untuk anjing untuk infeksi yang berbeda.

Banyak sekali macam antibiotik untuk anjing kesayangan kita tergantung pada jenis bakterinya  dan ini yang paham adalah dokter hewan. Berikut adalah daftar antibiotik yang biasa digunakan untuk mengobati anjing.

Antibiotik untuk Anjing

  1. Amoksisilin (Amoxi-Tabs, Biomox, Robamox-V, Amoxi-Drop, Amoxi-Inject). Antibiotik jenis ini biasa digunakan untuk infeksi organisme bakteri dan digunakan untuk mengobati infeksi pada gigi anjing, dan sebagai antibiotik infeksi kandung kemih anjing
  2. Amoksisilin-asam klavulanat (Clavamox, Augmentin). Antibiotik jenis ini ialah kombinasi amoksisilin serta asam klavulanat. khusus pada case tertentu infeksi yang disebabkan bakteri Staphylococcus. Hal ini sering digunakan untuk mengobati luka gigitan terinfeksi serta infeksi pada kulit anjing.
  3. Cefpodoxime Proxetil (Simplicef, Vantin). antibiotik ini biasa digunakan dalam pengobatan infeksi telinga, infeksi kandung kemih serta abses dan infeksi dermatologis anjing.
  4. Kloramfenikol (Chloromycetin, CHPC). Antibiotik ini sangat berguna dalam pengobatan infeksi pneumonia atau infeksi sistem saraf pusat ( kelenjar prostat ) dan dapat Juga berguna dalam mengobati infeksi mata dan penyakit muskuloskeletal pada anjing jenis besar.
  5. Doxycycline (Vibramycin). antibiotic jenis ini sering digunakan dalam pengobatan penyakit anjing jenis penyakit gangguan pernapasan bagian atas ( Lyme ) atau infeksi yang disebabkan karena kutu kutu dan infeksi saluran pada kencing anjing.
  6. Eritromisin (Ery-tab, Ery-Ped, Eryc). jenis antibiotik ini sering juga dipakai untuk mengobati gangguan sistem pencernaan atau infeksi usus yang disebabkan oleh bakteri
  7. Orbifloxacin (Orbax). jenis antibiotik ini sering dipakai untuk mengobati infeksi yang disebabkan oleh bakteri yang dikenal sebagai Pseudomonas serta infeksi pada kulit anjing.

You May Also Like

About the Author: ilmudasar

Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *