Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Pengertian, Cara dan Langkah Pelaksanaan Bimbingan dan Penyuluhan

Pengertian, Cara dan Langkah Pelaksanaan Bimbingan dan Penyuluhan – Di sekolah adalah tempat berkumpulnya para siswa dengan berbagai macam karakter dan keunikannya. Terkadang karakter dan keunikan inilah yang memunculkan masalah masalah. Maka dari itu dibutuhkan bimbingan dan penyuluhan demi tujuan untuk memecahkan masalah masalah siswa.

Pengertian, Cara dan Langkah Pelaksanaan Bimbingan dan Penyuluhan

Pengertian, Cara dan Langkah Pelaksanaan Bimbingan dan Penyuluhan

Namun, kesalahan dalam memberikan bimbingan dan penyuluhan justru bisa berakibat fatal. Selain bakat dan potensi anak tidak berkembang, prestiasi menjadi minim dan permasalahan kenakalan siswa akan muncul ke permukaan. Maka dari itu, berikanlah bimbingan dan penyuluhan terbaik demi siswa siswa anda.

Baca Juga :

Nah, pada artikel berikut ini kami akan menjelaskan tentang bimbingan dan penyuluhan yang kami lihat dari segi pengertian, cara dan pelaksanaannya. Semoga artikel ini bisa membantu meningkatkan kualitas bimbingan dan penyuluhan yang ada di sekolah sekolah.

PENGERTIAN BIMBINGAN DAN PENYULUHAN

Pengertian bimbingan dan penyuluhan ini kami petakan secara terpisah saja. Agar pembahasannya menjadi lebih mudah dan jelas. Ini dia pengertian pengertian tersebut, yaitu :

  • Pengertian Bimbingan

Bimbingan adalah pemberian bantuan kepada orang lain demi tujuan agar dia sadar akan dirinya sendiri dan lingkungannya. Pemberian bantuan yang dimaksud tidak berbentuk objek atau kebendaan. Bukan berbentuk uang, hadiah, makanan melainkan bantuan yang berupa dorongan, nasehat atau motivasi.

Bimbingan ini dilakukan secara kontinue dan berkelanjutan. Diharapkan dari bimbingan ini, individu merasa memiliki motivasi yang kuat untuk mengembangkan kemampuan pribadinya dalam menyelesaikan masalah, mencapai prestasi dan lain lain.

Nah, dari deskripsi diatas bisa ditarik kesimpulan kalau bimbingan adalah pemberian bantuan guru kepada siswa yang berbentuk motivasi, nasihat dan dorongan agar siswa sadar dengan kompetensi dan keahliannya sehingga siswa mampu meningkatkan bakat minatnya, sifat sifat baiknya untuk menyelesaikan masalah serta untuk meraih prestasi prestasi belajarnya.

  • Pengertian Penyuluhan

Penyuluhan adalah komunikasi antara ahli dengan orang lain. Tujuan dari komunikasi ini adalah mengorek informasi sebanyak banyaknya, tentang masalah yang dialami oleh orang tersebut. Nah, informasi inilah yang akan diolah oleh sang ahli sebagai landasan pemberian bantuan atau bimbingan paling tepat kepadanya.

Menurut istilah bahasa inggris, penyuluhan disebut counseling. Maka dari itu orang yang ahli memberikan counseling disebut conselor.

Biasanya penyuluhan atau konseling ini dilakukan pada pertanian. Tetapi seiring maraknya instrumen penyuluhan yang diajarkan di kampus kampus, aplikasi atau penerapan penyuluhan juga merambah dunia pendidikan.

Nah, biasanya penyuluhan atau konseling pendidikan ini dilakukan oleh guru BK kepada siswanya di luar jam pelajaran.

Nah dari pengertian diatas bisa kita simpulkan kalau pengertian penyuluhan adalah wawancara yang dilakukan oleh guru kepada siswanya tentang permasalahan yang sedang dialami, dan hasil wawancaranya akan digunakan sebagai landasan guru untuk membimbing siswanya menyelesaikan masalah mereka sendiri secara tepat.

CARA CARA BIMBINGAN DAN PENYULUHAN

Bimbingan dan penyuluhan harus dilakukan secara tepat, sistematis, dan kontinue. Cara cara atau bentuk bentuk bimbingan dan penyuluhannya pun harus runtut dan terorganisir dengan baik.

Menurut para ahli, cara cara bimbingan dan penyuluhan harus melewati 5 tahapan yang disebut dengan perencanaan, pelaksanaan, penilaian, Analisis dan tindak lanjut.

  1. Tahap Perencanaan

Pada tahap ini, seorang guru harus memiliki format khusus tentang bimbingan dan penyuluhan baik dari segi sasaran, tujuan, metode, materi, waktu dan tempat yang dibuat secara tertulis.

  1. Tahap Pelaksanaan

Pada tahap pelaksanaan atau action, seorang guru harus mencatat semua proses bimbingan dan penyuluhan yang terjadi sesuai dengan format perencanaan yang sudah terbuat sebelumnya.

  1. Tahap Penilaian

Pada tahap ini, seorang guru harus mencatat semua hasil bimbingan dan penyuluhan yang dikonversinya menjadi angka angka atau nilai aksara.

  1. Tahap Analisis Hasil

Setelah ketiga tahap sudah dilakukan baru anda memasukkan tahap yang keempat yaitu tahap analisis hasil. Tujuannya adalah untuk membaca hasil bimbingan dan penyuluhan secara menyeluruh demi tujuan untuk mencari hal hal yang masih perlu ditindaklanjuti dari bimbingan dan penyuluhan yang diberikan.

  1. Tahap Tindak lanjut

Tahap tindak lanjut merupakan cara terakhir dalam pemberian bimbingan dan penyuluhan. Tahap tindak lanjut disini adalah melakukan intervensi bimbingan dan penyuluhan yang baru terhadap siswa yang masih memiliki kekurangan setelah diberikan bimbingan dan penyuluhan yang pertama.

LANGKAH LANGKAH PELAKSANAAN BIMBINGAN DAN PENYULUHAN

Langkah langkah dan pelaksanaan bimbingan dan konseling terbagi menjadi 5, yaitu :

  • Mengidentifikasi karakter dan pola berpikir siswa yang membutuhkan bimbingan
  • Mengidentifikasi masalah yang sedang menimpa siswa
  • Menentukan program bantuan yang akan diberikan.
  • Proses pemberian bimbingan dan penyuluhan dijalankan
  • Menilai Keberhasilan bimbingan dan penyuluhan

Itulah pengertian bimbingan dan penyuluhan yang kami kolaborasikan dengan cara dan pelaksanaannya untuk siswa siswa di sekolah. Semoga ada manfaatnya untuk kita semua.

Baca Juga : Pengertian Bimbingan Preventif dan Kuratif

The Author

ilmudasar

Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ilmu Pengetahuan Dasar © 2018