Pengertian, Jenis-Jenis, dan Struktur Biografi

Diposting pada

Pengertian, Jenis-Jenis, dan Struktur Biografi – Sering sekali kita membaca biografi tentang seorang tokoh tanpa mengetahui proses pembuatannya ataupun makna biografi tersebut lebih dalam.

Pengertian, Jenis-Jenis, dan Struktur Biografi
Pengertian, Jenis-Jenis, dan Struktur Biografi

Saat kita ingin mengenal lebih jauh tentang seorang tokoh beserta sejarah hidupnya, maka bisa dikatakan bahwa kita sedang mencari biografi seseorang.

Lalu apa sebenarnya Biografi itu?

Apa saja jenis – jenisnya?

Dan bagaimanakah strukturnya?

Simak penjelasannya berikut.

Pengertian Biografi

Biografi berasal dari kata Bios yang berarti hidup, dan Graphien yang berarti tulis, sehingga Biografi berarti tulisan lengkap tentang kehidupan seseorang.

Baca Juga :

Dalam biografi tidak hanya tertulis tentang biodata hidup seperti tanggal lahir, tanggal kematian, ataupun riwayat pekerjaan seseorang, namun mencakup cerita lebih dalam lagi tentang kehidupan seseorang dari sejak dilahirkan hingga meninggal dunia.

Cerita tersebut dapat mencakup peristiwa, karya – karya yang pernah dibuat atau dilakukan, bahkan kisah perjalanan hidupnya yang menyentuh.

Isi teks biografi bisa disebut juga merupakan bentuk teks tentang kisah tokoh yang mengarungi kehidupannya, baik itu kelebihan, masalah, ataupun kekurangan dari tokoh dibuat dalam bentuk teks yang menginspiratif banyak orang.

Jadi dapat disimpulkan bahwa Biografi merupakan kisah perjalanan hidup seseorang secara lengkap dari sejak ia dilahirkan, menuju tahap dewasa, tua, bahkan sampai wafat.

Teks biografi tidak ditulis oleh pribadi, namun ditulis oleh orang lain, yang ikut merasakan perjalanan hidup bersama, ataupun ditulis kembali berdasarkan sumber – sumber terpercaya.

Dalam menulis sebuah biografi seorang tokoh tertentu, kita pastinya akan membutuhkan banyak sumber – sumber penunjang seperti koran, buku harian, surat – surat, kliping, ataupun dari berita, yang kemudian dirangkum menjadi sebuah biografi perjalanan hidup seseorang serta peranannya.

Ciri – ciri Biografi

Teks – teks Biografi memiliki ciri – ciri, diantaranya:

  • Biografi memuat isi informasi tentang tokoh yang hanya berdasarkan akan fakta sesuai kisah perjalanan hidup tokoh tersebut.
  • Memuat pengalaman hidup seorang tokoh, misalnya dari awal merintis karir hingga akhirnya menjadi sukses, sehingga patut di teladani dan mempengaruhi pembaca.
  • Biografi berisi kisah yang menginspirasi dan memotivasi pembaca.
  • Gaya penulisanya berbentuk seperti narasi sehingga sangat menarik untuk dibaca.
  • Teks biograpi juga sangat terstruktur dengan sangat jelas dan baku, meliputi orientasi, peristiwa, dan reorientasi.

Jenis – Jenis Biografi

Setelah mengetahui pengertian Biografi, sebelum mencoba membuat biografi seorang tokoh, maka kita perlu untuk mengetahui perbeaan dari jenis – jenisnya.

1). Biografi Berdasarkan Sudut Pandang Penulis

Terbagi menjadi dua yaitu:

  • Autobiografi, yaitu kisah perjalanan hidup yang ditulis sendiri oleh tokohnya.
  • Biografi, yaitu penulisan kisah hidup yang ditulis oleh orang lain dengan seizin tokoh dan mendapat sepengetahuan dari tokoh yang bersangkutan (Authorized Biography), atau tanpa seizin dan sepengetahuan tokoh yang ditulis kisahnya (Unauthorized Biography), misalnya karena sudah wafat.

2). Biografi Berdasarkan Isinya

Terbagi menjadi dua yaitu Biografi perjalanan hidup dan perjalanan karir.

  • Biografi perjalanan hidup merupakan biografi yang isinya adalah perjalanan hidup secara lengkap seorang tokoh, bisa mencakup kisah hidup yang penuh lika – liku, paling berkesan, ataupun yang menginspirasi.
  • Biografi perjalanan karir merupakan biografi yang berisi perjalanan karir seseorang dari sejak nol hingga pada karir tertentu, sebagian besar tokoh memiliki akhir karir yang mencapai kesuksesan tertentu.

3). Biografi Berdasarkan Persoalan yang Dibahas

  • Biografi politik, yaitu penulisan kisah tokoh – tokoh dari sudut pandang politik, terkadang isinya mengandung kepentingan dari sosok tokoh ataupun penulisnya. Adapun untuk mengumpulkan bahan – bahannya, penulis perlu untuk melakukan riset secara menyeluruh terlebih dahulu.
  • Biografi Intelektual, merupakan penulisan tentang kisah hidup seorang tokoh melalui segenap penemuan dan riset yang kemudian dituangkan dalam gaya penulisan ilmiah.
  • Biografi Jurnalistik, merupakan penulisan biografi yang dihasilkan dari wawancaa terhadap tokoh secara langsung. Merupakan biografi yang membutuhkan keterampilan dari wawancara penulis.

4). Biografi Berdasarkan Penerbit

  • Biografi yang berupa buku sendiri, yaitu biografi yang diterbitkan atas inisiatif sendiri, biaya penulisan, percetakan, hingga pemasaran ditanggung oleh produsen. Biografi ini memuat kisah perjalanan hidup seorang tokoh yang diperkirakan akan dapat menarik perhatian masyarakat.
  • Buku Subsidi, merupakan buku biografi yang dibiayai produksinya sebagian ataupun sepenuhnya oleh sponsor, biasanya karena buku ini memiliki segi komersial dengan harga jual yang diperkirakan sangat tinggi atau tidak terjangkau.

Struktur – Struktur Biografi

Adapun dalam penulisan biografi, memiliki beberapa struktur, diantaranya:

  • Orientasi, merupakan pengenalan pada biografi yang memiliki gambaran umum tentang tokoh yang akan diceritakan.
  • Kronologi kisah tokoh, yaitu berisi peristiwa atau perjalanan kehidupan yang pernah dialami oleh seorang tokoh, baik yang berkesan ataupun kisah yang menginspiratif. Bisa mencakup cerita yang menyenangkan, menegangkan, mengesankan, bahkan menyedihkan yang dialami tokoh selama meraih mimpinya. Berisi juga tentang pengalaman hidup tokoh dari awal karir hingga mencapai kesuksesan.
  • Reorientasi, merupakan bagian akhir atau penutup dari penulisan, yang berisi kesimpulan dari penulis tentang tokoh ataupun pandangan penulis terhadap tokoh yang dikisahkan. Bagian ini bisa bersifat optional terkadang bisa ditulis ataupun tidak.

Demikian penjelasan singkat tentang biografi, jenis, dan strukturnya. Semoga bermanfaat.

Gambar Gravatar
Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *