Pengertian Biosfer Adalah : Karakteristik, Fungsi dan Faktor Penyebabnya

Pengertian Biosfer Adalah : Karakteristik, Fungsi dan Faktor Penyebab Biosfer : Bumi yang berbentuk bulat yang telah di huni oleh ratusan juta manusia dari ribuan tahun lamanya ini tidak semata-mata hanya berbentuk bulat.

Pengertian Biosfer Adalah : Karakteristik, Fungsi dan Faktor Penyebab Biosfer

Pengertian Biosfer Adalah : Karakteristik, Fungsi dan Faktor Penyebab Biosfer

Bumi ini terdiri dari beberapa lapisan yang memiliki fungsu dan keistimewaannya masing-masing.

Lapisan-lapisan bumi tersebut memiliki peran yang penting dalam kehidupan manusia.

Satu lapisan saja bermasalah maka kehidupan manusia di bumi dapat terancam.

Salah satu lapisan yang melapisi bumi yang memiliki peran sangat penting dalam kehidupan manusia adalah lapisan biosfer.

Baca Juga :

Pengertian Biosfer

Biosfer adalah bagian luar dari planet bumi yang mencakup darata, air dan udara yang memungkinkan adanya kehidupan dan proses biotik berlangsung. Menurut geofisiologi, biosfer adalah sistem ekologis global yang menyatukan

seluruh mahluk hidup dan hubungan antar mahluk hidup termasuk hubungan interaksinya dengan unsur litosfer (batuan), hidrosfer (air) dan atmosfer (udara) di bumi.

Biosfer berasal dari kata bios dan sphaira. Bios artinya hidup dan sphaira artinya lapisan.

Dengan begitu biosfer berari lapisan bumi yang ditinggali mahluk hidup untuk kelangsungan hidupnya sebagai tempat tinggal yang dinamakan biosfer. Biosfer adalah lapisan dimana tempat mahluk hidup tumbuh atau menjadi habitat bagi mahluk hidup baik manusia.

Flora dan fauna serta mikroorganisme lainnya. Lapisan biosfer sangat tipis hanya sekitar 9000 meter. Lapisan biosfer sejajar dengan tiga lapisan atmosfer lain seperti litosfer, hidrosfer dan antroposfer. (Baca : Pengertian Litosfer)

Karakteristik Biosfer

Bisfer memiliki karakteristik yang berbeda dengan lapisan lainnya, karakteristik biosfer meliputi:

  1. Fauna di padang rumput, padang rumput merupakan habitat bagi banyak fauna terutama hewan herbivora hal ini dikarenakan padang rumut memiliki ketersediaan air yang cukup banyak.
  2. Fauna di daerah gurun, meskipun gurun merupakan daerah yang memiliki kandungan air relatif lebih sedikit karena cuacanya yang sangat panas namun terdapat beberapa macam fauna tertentu saja yang dapat hidup di daerah gurun.
  3. Fauna di daerah tundra, tundra merupak dataran es atau salju yang letaknya berdekatan dengan kutub utara. Fauna yang dapat bertahan di daerah tundra memiliki bulu yang sangat tebal dan darah yang hangat.
  4. Fauna di daerah hutan tropis, daerah tropis bisa dikatakan daerah yang hampir dapat ditempati oleh seluruh mahluk hidup karena daerahnya yang bersahabat. Curah hujan tinggi dengan sinar matahari yang bersinar sepanjang tahun.
  5. Fauna di daerah taiga, fauna yang hidup di daerah ini seperti fauna jenis burung yang sedang melakukan migrasi dari daerah asalnya.
  6. Fauna di daerah kutub, kutub merupakan tempat yang sangat ekstrim dibandingkan dengan daerah lain karena es yang abadi itu menjadikan kutub ditinggali hanya beberapa fauna yang memiliki sistem pertahanan yang khusus dan bulu yang sangat lebat.
  7. Fauna di daerah perairan, organisme yang hidup di perairan dibedakan berdasarkan modelnya yaitu seperti bentos, plankton, nekton, neustin.
  8. Hutan hujan tropika, daerah ini merupakan daerah tropis yang dilalui oleh garis khatulistiwa.
  9. Hutan musim tropika, daerahini ditandai dengan pohon yang menggugurkan daunnya ketika musim kemarau.
  10. Hutan hujan iklim sedang, daerah ini tersebar pada iklim sedang.
  11. Hutan gugur, merupakan hutan yang didominasi oelh pohon tinggi dan kuat serta memiliki daun lebar.
  12. Hutan taiga, persebaran hutan taida berada pada daerah dingin yang dekat dengan daerah kutub.
  13. Stepa merupakan nama laind ari padang rumput yang hanya ditumbuhi rumpt saja.
  14. Sabana, merupakan padang rumput yang terdaat beberapa pohon kerdil yang bergerombol.
  15. Tundra, daerah yang berada di kutub dingin yang hanya ditumbuhi lumut.
  16. Gurun, daerah berpasir yang tidak dapat menyerap air.
  17. Terumbu karang, letaknya dibawah laut yang merupakan gunung kalsium yang tumbuh yang biasa disebut sebagai tumbuhan bawah laut.
  18. Padang lamun, merupakan tumbuhan yang sudah berbungan dan menjadi pohon yang tumbuh di dalam air.

Fungsi Biosfer

Dengan hidupnya mahluk hidup seperti flora dan fauna di lapisan biosfer ini, memiliki fungsi yang dapat saling menguntungkan untuk kehidupan. Diantaranya seperti:

  1. Bahan makanan sumber konsumsi
  2. Tujuan pendidikan dan penelitian
  3. Sarana rekreasi

Faktor Penyebab Biosfer

Kondisi dan keadaan yang ada di biosfer dipengaruhi oleh beberapa macam faktor berikut:

  • Iklim

Iklim adalah suatu kondisi suhu dan juga kelembaban udara yang terjadi di suatu wilayah untuk jangka waktu tertentu ataupun tidak tertentu.

  • Kondisi Geologi

Kondisi lingkungan fisik alam sekitar yang mencakup berbagai macam hal seperti tingkat suhu lingkungan, keberadan air, udara dan berbagai macam lainnya.

  • Ketinggian Tempat

Ketinggian tempat dapat memengaruhi kehidupan organisme mahluk hidup di bumi.

  • Faktor Biotik

Faktor terakhir yang dapat mempengaruhi kondisi biosfer adalah faktor biotik yaitu faktor-faktor mahluk hidup yang mendukung kehidupan organisme mahluk hidup lainnya.

Baca Juga :

Tempat yang kita tinggali saat ini ialah lapisan biosfer yanga ada di bumi. Kebertahanan biosfer dipengaruhi oleh pola hidup manusia dalam menjaga lingkungannya untuk tetap utuh dan terjaga sebagai tempat untuk melangsungkan kehidupan.

Updated: —

The Author

ilmudasar

Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *