Pengertian Dan Bagian-Bagian Putik

Diposting pada

Pengertian Dan Bagian-Bagian Putik – Putik adalah bagian dari bunga yang berfungsi sebagai alat kelamin betina pada tanaman. Pada bagian ini mengandung sel telur yang digunakan untuk proses pembuahan.

Pengertian Dan Bagian-Bagian Putik
Pengertian Dan Bagian-Bagian Putik

Umumnya tanaman melakukan proses perkembangbiakannya vegetatif atau tidak kawin. Sehingga perkembangbiakannya dengan cara penyerbukan.

Putik bagian bunga ini dapa dibedakan menjadi beberapa bagian menurut dari jumlah banyaknya daun buah yang menyusunnya, antara lain:

1). Putik tunggal

Untuk jenis ini bagian putik hanya tersusun dari sehelai daun buah, contoh tumbuhan seperti kacang panjang, dan sejenisnya.

2). Putik Majemuk

Untuk jenis ini Bagian putik tersusun dari dua daun buah bahkan lebih, misalnya pada tanaman kapas.

Dengan perbedaan dua jenis putik tersebut, dapat diketahui secara rinci perbedaan dari putik yang terdapat pada bunga. Selain itu putik pun dapat diketahui bagian-bagiannya agar lebih jelas perbedaannya antara lain:

a). Bakal buah

Bagian ini lebih dikenal sebagai ovarium dimana bagian putik ini akan terlihat membesar dan duduk di dasar bunga.

b). Kepala putik

Bagian ini merupakan putik yang terdapat paling atas yang letaknya di ujung tangkai kepala putik.

c). Tangkai Kepala putik

Bagian  putik yang agak sempit dan letaknya diatas bakal buah yang umumnya berbentuk seperti benang.

Setelah memahami bagian-bagian yang terdapat pada putik bunga, maka masyarakat dapat mengetahui bagian-bagian dan fungsinya masing-masing. bagian lain yang berfungsi penting dalam proses penyerbukan adalah kepala putik. bagian ini berperan menangkap serbuk sari sehingga terjadi penyerbukan yang sempurna.

Contoh beberapa kepala putik pada tanaman,  jagung berbentuk seperti benang, Padi bentuknya seperti bulu ayam, bunga kecipir seperti bulu-bulu, hingga bunga jeruk yang bentuknya bulat. beragam bentuk kepala putik menunjukkan memang bentuknya dapat bermacam-macam.

Bahkan adapula yang bentuknya seperti bibir, lalu daun mahkota, hingga berbentuk seperti cawan.

Dengan memahami tentang putik bunga tersebut khususnya para pelajar yang mempelajari tentang tanaman dan ilmu biologi dapat lebih mengerti perbedaan dan lokasi putik tersebut.

Sehingga dapat menguasai ilmu biologi khususnya tentang tanaman lebih terperinci lagi dari sebelumnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.