Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Pengertian dan Faktor Yang Mempengaruhi Penyebaran Flora dan Fauna

Pengertian dan Faktor Penyebaran Flora dan Fauna – Flora dan fauna di dunia tersebar dengan sesuai dengan habitatnya. Belum pernah ada flora dan fauna yang tersesat dan keliru dimana tempat hidupnya.

Bagaimana bisa terjadi hal tersebut. Disini saya akan memberikan pengertian dan faktor yang mempengaruhi penyebaran flora dan fauna. Semoga penjelasan ini membuat anda lebih mudah dan paham faktor yang dapat memengaruhi penyebarannya.

Pengertian dan Faktor Yang Mempengaruhi Penyebaran Flora dan Fauna
Pengertian dan Faktor Yang Mempengaruhi Penyebaran Flora dan Fauna

Baca Juga :

Pengertian

Flora merupakan arti lain dari tumbuhan dan fauna merupakan arti lain dari hewan. Kata flora sendiri dari Bahasa latin yaitu flora yang berarti alam tumbuhan atau natabah.

Sehingga flora menyangkut dalam jenis hewan dan tumbuhan dan semuanya tentangnya. Sedangkan fauna berasal dari kata latin juga fauna yang berarti alam hewan yang mencakup semua yang berhubungan dengan hewan baik itu hewannya, keehidupannya dan lingkungannya.

Flora dan fauna hidup atau berada di permukaan bumi. Setiap daerah terkadang memiliki flora dan fauna yang unik dan khas sehingga terkadang tempat tersebut dijuluki sebagai negara yang sesuai dengan nama tanaman atau pun juga nama hewan.

Hal ini bisa terjadi di beberapa tempat tertentu, contohnya saja di Indonesia ada yang dijuluki pulau komodo dan di eropa khusunya di belanda yaitu bunga tulip.

Kenapa bisa terjadi seperti hal tersebut. Apa saja faktor faktor yang mempegaruhi penyebaran flora dan fauna. Berikut ini adalah faktor yang mempengaruhi penyebarannya :

Faktor Yang Mempengaruhi Penyebaran Flora dan Fauna

Dibawah ini merupakan faktor yang mempengaruhi penyebaran flora dan fauna, sebagai berikut :

  1. Faktor iklim

Faktor iklim ini mempengaruhi persebaran flora dan fauna. Iklim sendiri memiliki beberapa bentuk dari suhu, kelembapan udara dan kecepatan angin. Dari faktor suhu ini saja sudah bisa mempengaruhi penyebaran flora dan fauna di dunia. Karena suhu memiliki beberapa bentuk seperti suhu yang dingin, panas, lembab dan sebagainya.

Contohnya saja di suhu dingin hanya beberapa hewan saja yang mampu hidup seperti penguin dan anjing laut mereka mampu hidup di daerah yang sangat dingin dan tidak bisa hidup di daerah panas atau kering. Karena memang habitatnya yang bersuhu dingin.

Begitu pula sebaliknya hewan atau tumbuhan yang mampu hidup di daerah panas atau kering jika di pindah hidup di daerah yang dingin akan mati karena memang bukan habitat tempat hidupnya.

Dari kelembapan udara dan kecepatan angina saja bisa kita lihat dari bentuk burung yang memiliki sayap kecil dan lebar. Jika lebar biasanya burung itu terbang di kecepatan angina yang cukup kencang dan sebaliknya.

  1. Faktor tanah

Faktor tanah atau edafik juga mempengaruhi penyebaran flora dan fauna karena tanah juga merupakan faktor dari tanaman tumbuh atau tempat hidup hewan.

Faktor tanah ini di pengaruhi dari tekstur yang dimiliki tanah, tingkat kegemburan tanah, ada tidaknya jumlah mineral organic, dan juga kandungan jumlah udara tanah. Dari faktor cahaya matahari pun bisa seberapa tanah tersinari matahari atau tidaknya.

  1. Faktor biotik (makhluk hidup)

Faktor biotik ini jelas dari makhluk hidupnya sendiri baik itu manusia, hewan, dan tumbuhan. Terutama manusia, mereka mempunyai akal pikiran dan nafsu yang dapat membuat semuanya berubah sesuai apa yang mereka inginkan dan tanpa mereka sadari telah mempengaruhi penyebaran flora dan fauna di bumi ini. Manusia melakukan perubahan hutan tempat hunian hewan dan tumbuhan.

Kemudian mereka merubahnya jelas makhluk hidup yang lain akan berpindah tempat seperti hewan dan akan menyesuikan tempat lain dengan kehidupam dan lingkungan baru. Itu juga termasuk contoh dari manusia yang mempengaruhi penyebaran flora dan fauna.

  1. Faktor topografi/fisiograpi

Yang dimaksud ini adalah ketninggian dan kemiringan suatu wilayah. Semakin miring dan semakin tinggi daerah tersebut maka suhu dan udara pun berbeda.

Hal inilah yang dapat membuat perubahan dari flora dan fauna disana. Ada yang mampu hidup di dataran rendah, ada yang mampu hidup di daerah normal, dan ada yang hanya mampu hidup di daerah dataran tinggi. Di beberapa daerah tersebut memiliki flora dan fauna tersendiri yang mampu hidup dan dihidupkan.

Baca Juga :

Dari faktor diatas itulah faktor yang mempengaruhi penyebaran flora dan fauna. Demikian artikel tentang pengertian dan faktor yang mempengaruhi penyebaran flora dan fauna. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

You May Also Like

About the Author: ilmudasar

Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *