Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Pengertian, Pengaruh dan Dampak Etnosentrisme

Pengertian, Pengaruh dan Dampak Etnosentrisme – Di jaman internet seperti saat ini, ternyata masih ditemukan berbagai macam tindakan tidak terpuji yang berhubungan dengan SARA utamanya tentang budaya seseorang.

Jika tidak percaya, silahkan anda posting sebuah kebudayaan yang anda puji dan agungkan, pasti diantara orang yang membalas postingan anda ada yang meremehkan dengan kata kata kasar dan nyinyir.

Pengertian Pengaruh dan Dampak Etnosentrisme

Pengertian Pengaruh dan Dampak Etnosentrisme

Pertanyaannya adalah apakah insiden ini wajar dilakukan? Lantas apa hubungan antara merendahkan peradaban bangsa lain dengan istilah etnosentrisme?

Baca Juga : Pengertian, Manfaat dan Contoh Dari Tradisi

Nah, pada artikel kali ini, kami akan mengangkat tentang etnosentrisme. Ujaran ini akan dilengkapi dengan definisi, pengaruh dan dampaknya bagi kehidupan dunia yang harmonis.

PENGERTIAN ETNOSENTRISME

Etnosentrisme adalah sebuah pandangan tentang budaya. Biasanya, akibat pandangan yang berlebihan, penganut etnosentrisme akan menilai kalau budaya yang dia miliki lebih bernilai tinggi dibandingkan budaya orang atau bangsa lain.

Mereka tidak segan segan merendahkan bahasa, adat istiadat bahkan mereka pun tidak segan segan mencemooh agama yang berbeda dengan agama mereka.

Menurut ilmu psikologi, pandangan ini cukup wajar karena merupakan aktualisasi dari rasa cinta dan patriotisme terhadap daerahnya atau bangsanya. Tetapi, terkadang, masalah etnosentris inilah yang menjadi pemicu konflik perang antar penduduk setempat bahkan antar negara.

Akar masalah munculnya etnosentrisme adalah pola pikir masyarakat dalam hal politik berbudaya yang masih fundamentalis bahkan terkesan irasional. Pikiran mereka belum terbuka melihat berbagai macam kemungkinan fakta baru tentang budaya dunia yang dinamis dalam bergerak. Akibatnya mereka terkungkung dalam perspekstif “ budaya aku yang paling benar”.

Nah, dari argumen singkat diatas, pengertian etnosentrisme bisa dimaknai sebagai pandangan individu atau golongan yang menganggap budaya mereka lebih baik dan bernilai tinggi dibandingkan budaya orang lain sehingga mereka boleh merendahkan dan tidak mengikuti budaya tersebut demi rasa cinta terhadap kultur budaya sendiri dan sebagai tanda bukti patriotisme kepada bangsa dan negara.

PENGARUH ETNOSENTRISME

Ada beberapa pengaruh etnosentrisme terhadap kehidupan berbudaya di dalam suatu bangsa. Tidak menafikan kalau pengaruh pengaruh tersebut ada yang positif dan ada yang negatif. Nah, pada list berikut ini kami akan jabarkan pengaruh etnosentrisme bagi kehidupan wisdom baik yang bernilai bagus dan mulia maupun yang tercela.

  1. Budaya dan Kebudayaan Semakin Kuat dan Tahan Lama

Para penganut etnosentris akan mempertahankan budaya dan kebudayaannya sekuat tenaga. Jangankan orang yang hendak merubah esensi dari budaya mereka, jika ada yang menjelekkan saja, pengikut aliran ini akan siap membela dengan nyawa. Akhirnya, budaya dan kebudayaan terjaga dengan baik dan terus eksist sepanjang jaman.

  1. Fanatisme Golongan Bermunculan

Dengan adanya aliran etnosentrisme, dimana mana kita temui individu maupun golongan menunjukkan eksistensi budayanya di atas budaya orang lain. Bahkan, mereka beranggapan kalau agama, bahasa dan budayanya adalah agama, bahasa dan budaya yang paling benar, sedangkan yang lain adalah salah.

Akibatnya, orang orang semacam ini tidak lagi mau membuka diri, sekalipun transaksi transaksi berbasis budaya demi toleransi berbangsa sudah acap dilakukan. Ya, pengikut etnosentris akan menutup diri dari individu yang datang dari luar lingkungannya. Tetapi merangkul erat kawan segolongan.

  1. Mencegah Transformasi Budaya

Seharusnya, di jaman digital seperti saat ini, perubahan perubahan dinamika kehidupan menjadi niscaya agar suatu bangsa tidak mundur ke belakang menjadi pengekor. Tetapi sekalangan pengikut etnosentris, akan menolak perubahan tersebut. Padahal budaya yang mereka pertahankan sudah uzur dan perlu pembaruan.

Sisi positifnya adalah aliran etnosentrisme bisa dijadikan tameng mencegah masuknya budaya jahat dan amoral masuk ke dalam bangsa. Namun, sebaliknya, teknologi akan dilarang mencampuri entitas budaya yang sudah mengakar padahal teknologi itulah yang bisa membuat budaya terekspos lebih megah.

Contohnya, petani di dalam hutan yang masih menggunakan bajak sapi akan menolak bantuan traktor sekalipun traktor lebih bermanfaat.

  1. Membangun Rasa Cinta dan Patriotisme

Kaum etnosentris akan menjaga budaya bangsanya dengan sekuat tenaga. Mereka siap perang jika budaya bangsanya dirusak, dicaplok bahkan dihina bangsa lain. Saya masih teringat kasus pencaplokan negara Malaysia terhadap budaya Reog Ponorogo. Semua rakyat bergolak bahkan saking cintanya pada negara, mereka siap angkat senjata.

DAMPAK ETNOSENTRISME

Dampak etnosentrisme ada yang positif dan ada yang negatif. Jadi anda harus lebih bijak dan cerdas membaca keduanya. Ini dia dampak etnosentrisme yaitu :

a). Dampak Positif

  1. Meningkatkan Kekompakan Masyarakat suatu daerah
  2. Budaya Jahat dan amoral bisa disingkirkan sebelum mengganggu budaya lokal
  3. Menimbulkan Patriotisme
  4. Budaya tetap murni seperti baru dilahirkan

b). Dampak Negatif

  1. Budaya berjalan di tempat karena tidak berusaha diintegrasikan dengan teknologi terkini.
  2. Terjadi konflik sosial yang berujung adu fisik antar golongan dan antar negara.
  3. Saling Klaim Kebenaran berujung polemik dan mediasi tidak kunjung usai

Itulah pengertian, pengaruh dan dampak etnosentrisme. Saran kami bagi anda para penganut aliran etnosentris, membuka dirilah terhadap kemajuan teknologi. Karena teknologi akan membuat budaya kita semakin megah tanpa harus membuang esensi pentingnya.

Baca Juga : Pengertian Norma Sosial

The Author

ilmudasar

Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ilmu Pengetahuan Dasar © 2018