Pengertian Flashdisk Adalah : Fungsi, Kelebihan dan Kekurangan

Pengertian Flashdisk Adalah : Fungsi, Kelebihan dan Kekurangan Flashdisk – Kita tentu sudah tak asing dengan benda kecil penyimpan data bernama flashdisk.

Pengertian Flashdisk Adalah : Fungsi, Kelebihan dan Kekurangan

Pengertian Flashdisk Adalah : Fungsi, Kelebihan dan Kekurangan

Dari yang masih sekolah hingga yang sudah bekerja kerap kali menggunakan alat ini.

Berbeda dengan generasi sebelumnya, disket yang berukuran lebih besar namun berkapasitas kecil, Flashdisk nampak menjawab semua kekurangan tersebut.

Pengertian Flashdisk

Flashdisk atau bisa juga disebut USB Flash drive adalah satu media penyimpanan data eksternal/portabel yang dapat dihubungkan ke komputer atau laptop melalui port USB.

Penyimpanan di flashdisk akan permanen tanpa perlu aliran listrik. Hal ini karena didalam flashdisk terdapat controller dan memori penyimpanan data yang bersifat non-volatile yaitu penyimpanan datanya tidak akan hilang meskipun tidak terdapat aliran listrik.

Saat ini banyak merek flashdisk yang beredar. Merek-merek yang umum dijumpai ialah Sandisk, Kingston, Toshiba, Adata, Hp, Sony, v-gen, dan Phillips.

Namun harus berhati-hati juga karena mulai banyak beredar flashsik merek abal-abal, meskipun dijual lebih murah tetapi biasanya akan lebih cepat rusak.

Fungsi Flashdisk

Secaran umum, Flashdisk berfungsi untuk menyimpan dan memindahkan data. Hampir semua jenis format data bisa disimpan di flashdisk.

Apalagi sekarang tidak hanya komputer dan laptop yang bisa dihubungkan dengan flashdisk, melainkan juga sudah merambah segala perangkat eletrkonik seperti TV dan audio player.

Baca Juga :

Karenanya, kita bisa dengan mudah menonton film atau mendengar musik langsung di tv menggunakan flashdisk tanpa harus menggunakan DVD lagi.

Jika dijabarkan lebih terperinci lagi, maka flashdisk memiliki beberapa fungsi dan manfaat, yaitu :

  • Menjalankan aplikasi portable yang ada di flashdisk.
  • Flashdisk bisa digunakan untuk melakukan boot dari windows atau linux melalui USB flashdisk.
  • Menghubungkan jaringan nirkabel menggunakan Wireles Network Setup Wizard di Windows XP agar lebih cepat dan mudah menghubungkan satu komputer atau perangkat WCN-kompatibel.
  • Membuat disk reset password yang berguna ketika lupa password untuk account pada Windows yang bukan merupakan bagian domain.
  • Meningkatkan kecepatan boot saat menjalankan Windows Vista dengan teknologi ReadyBoost sebagai memori cache tambahan hard disk.
  • Flasdisk juga dapat mengelola drive dengan cara menginstall Microsoft USB Flash Drive Manager.
  • Dapat melindungi data dengan password menggunakan Rohos Mini Drive. Ini merupakan alat keamanan dengan membuat partisi pada drive rahasia kemudian menguncinya.
  • Dapat untuk menjalankan fungsi web yaitu menjalankan server yang mendukung PHP, Apache, Perl, dan MySQL.
  • Dapat untuk mengunci PC dengan cara menginstall Utilitas Freeware.

Kelebihan Flashdisk

Penggunaan flashdisk yang bisa dikatakan sangat besar membuktikan bahwa sejauh ini flashdisk memiliki keunggulan tersendiri dibanding generasi sebelumnya disket yang memang sudah tidak lagi digunakan atau CD room yang sampai sekarang masih digunakan. Jika dijabarkan, beberapa kelebihan dari flashdisk adalah

  • Ukurannya yang kecil dan sederhana menjadikannya sangat mudah disimpan dan dibawa
  • Harga flashdisk juga terbilang sangat ramah kantong sehingga bisa dijangkau semua kalangan.
  • Kapasitas penyimpanan file yang relatif besar untuk penyimpanan file-file standar, mulai dari 2 gb hingga umumnya sekitar 64 GB. Namun, seiring waktu kini mulai ada flashdisk yang berukuran 128 GB dan 400 GB, bahkan tengah dibuat flashdisk berukuran 1 TB. Menariknya, besarnya kapasitas flahsdisk tidak berarti ukuran fisiknya menjadi lebih besar pula.
  • Flashdisk juga sangat mudah digunakan. Tidak perlu melakukan instalasi, flashdisk cukup dihubungkan dengan usb port untuk digunakan.
  • Jika digunakan dengan benar dan tidak sembarangan, flashdisk bisa berumur panjang.

Kekurangan Flashdisk

Dibalik kelebihan, tentu ada juga kekurangannya. Beberapa hal yang bisa dikatakan kekurangan dari flashdisk adalah

  • Karena ukurannya yang kecil, flashdisk seringkali hilang atau lupa dimana meletakkannya. Hal ini tentu kembali ke kebiasaan penggunanya itu sendiri sehingga jika lebih hati-hati atau melakukan taktik-taktik khusus misal memberi gantungan, maka masalah ini bisa teratasi.
  • Karena termasuk barang elektronik, flashdisk juga mudah rusak jika terkena air. Jika sudah sekali terendam, maka biasanya flashdisk sudah tidak bisa digunakan lagi. Hal ini karena umumnya produk flashdisk tidak memiliki pelindung bagian dalam.
  • Flashdisk juga rentan terkena virus internet/komputer. Bahayanya, flashdisk yang terjangkit virus bisa membuat data didalamnya rusak bahkan hilang. Lebih dari itu, flashdisk yang bervirus juga menularkan virusnya ke perangkat komputer atau laptop yang terhubung dengannya. Karena itu penting untuk setiap pemilik flashdisk lebih hati-hati menghubungkan flashdisk ke perangkat lain. Hal ini juga bisa diatasi dengan menggunakan antivirus secara berkala.
  • Meskipun memiliki kapasitas yang cukup besar, tetapi saat ini belum bisa menandingi penggunaan memori eksternal yang memang kapasitasnya jauh lebih besar. Namun hal ini kembali lagi ke fungsi utamanya yang memang lebih kepada penyimpanan data skala kecil sampai sedang. Selain itu sesuai pula dengan harganya.

The Author

ilmudasar

Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *