Pengertian Ilmu Kimia Adalah : Cabang-Cabangnya

Diposting pada

Pengertian Ilmu Kimia Adalah : Cabang-Cabang Ilmu Kimia – Pokok bahasan ilmu memang oke diperbincangkan. Salah satunya adalah membahas tentang hakikat ilmu kimia, yang disebut juga dengan istilah pengertian atau definisi ilmu kimia.

Pengertian Ilmu Kimia Adalah : Cabang-Cabang Ilmu Kimia
Pengertian Ilmu Kimia Adalah : Cabang-Cabang Ilmu Kimia

Atas dasar itulah, pada artikel berikut ini, kami jelaskan materi tersebut. Dan di akhir kami juga sertakan penjelasan tentang jenis-jenis kajian ilmu kimia.

Pengertian Ilmu Kimia

Kimia merupakan disiplin ilmu yang populer. Bidang telaahnya meliputi sifat, struktur, komposisi serta perubahan yang terjadi pada sebuah zat. Narasinya bermacam-macam. Ada yang menelaah tentang sifat unsur. Ada juga tentang pembentukan senyawa tertentu.

Selain itu, mempelajari fungsi senyawa juga kajian kimia. Seperti fungsi atom serta material terhadap ekosistem lingkungan dan kesehatan manusia serta yang lainnya.

Cakupan materi ilmu kimia sangat luas. Maka dari itu, science ini disebut pusat ilmu pengetahuan atau central science. Selain itu, ilmu kimia juga menjadi pijak riset antar ilmu. Diantaranya adalah ilmu fisika, astronomi serta biologi.

Definisi dari ilmu kimia

Ilmu kimia diambil dari bahasa arab Alkemi. Dalam pengertian ini, ilmu kimia dimaknai sebagai seni. Art dalam menyepuh logam dan air. Dalam konteks ini, ternyata kimia dasar sudah berkembang di jaman dulu. Sedangkan terobosan ahli di masa peradaban Eropa hanya perkembangannya saja.

Ilmu kimia tidak bisa dipisahkan dari kehidupan dan lingkungan. Karena dengan kajian ini, berbagai macam benda seperti obat, bensin, pupuk, semen, baju dan plastik dihasilkan.  Semua benda di atas akan mengalami ketiadaan. Jika ilmu kimia tidak berkembang pesat.

Cabang-cabang Ilmu Kimia

Karena keluasan ilmu kimia, kajiannya dipetakan lebih detil. Akhirnya muncullah istilah bidang dalam ilmu kimia. Ini dia beberapa penjelasannya, yaitu:

  1. Kimia Fisika

Kimia fisika adalah ilmu kimia yang fokus pada topik zat. Di sini dijelaskan tentang hukum dan konsep zat. Sedangkan kajian mendalamnya meliputi sistem kimiawi zat seperti atomik, maksroskospik dan lain-lain.

Kimia fisika masih dipecah lagi menjadi beberapa cabang. Fokusnya adalah prinsip dengan konsep fisika seperti gaya, energi, dinamika dan semacamnya.

Karena itulah, jangan heran kalau di ilmu ini banyak angkat-angka rumit. Karena esensinya adalah kalkulasi penghitungan matematis dari konsep zat.

  1. Kimia Analitik

Kimia analitik merupakan kajian ilmu kimia yang fokus pada zat sebagai penyusun materi. Di sini dipelajari tentang cara memisahkan dan mengidentifikasi sebuah zat dalam benda. Selanjutnya ditentukan pula jumlah zatnya.

Sedangkan kajian mendalamnya meliputi proses dari awal pembentukan materi. Di dalamnya dipelajari tentang identifikasi, pengelompokan dan terakhir adalah pembentukan zat baru.

Saking banyaknya bidang kajian, ilmu kimia cabang ini dibagi menjadi dua yaitu kimia analitik klasik dan instrumental. Metode klasik identik dengan pemisahan zat dengan ekstraksi sekaligus identifikasi senyawa dengan analisis warna dan bau.

Sedangkan analisis yang kedua mengkaji tentang pembentukan zat dalam benda dengan metode serapan cahaya dan konduktivitas zat.

  1. Kimia Organik

Cabang ilmu kimia yang ketiga adalah kimia organik. Tema kajiannya tentang sintesis serta identifikasi sifat zat organik. Di dalamnya mudah ditemukan rangkaian senyawa organik, yang sering dipetakan menjadi hidrokarbon dan zat di bawahnya.

Ada dua kajian penting dalam cabang ilmu ini. Yang pertama adalah analisis gugus karbon. Sedangkan yang kedua adalah analisis tentang atom karbon.

  1. Kimia Anorganik

Kimia anorganik merupakan cabang ilmu kimia yang harus dipelajari. Karena science inilah yang lebih dekat dengan kehidupan manusia. Kebalikan dari kimia organik, kimia anorganik fokus pada kajian sifat-sifat anorganik. Di dalamnya dikaji tentang garam, logam dan mineral.

Di ilmu kimia anorganik, bidang telaahnya meliputi pembentukan kristal dan mineral serta pemisahan zat anorganik. Selain itu, fungsi campuran bahan bakar juga ditelaah secara mendalam.

Penelitian di dalamnya dibutuhkan oleh masyarakat. Karena dengannya produksi seperti cat, plastik dan tekstil bisa dihasilkan.

  1. Biokimia

Biokimia merupakan satu cabang ilmu. Ikatannya merujuk pada ilmu kimia populer.  Di dalam disiplin ini dipelajari tentang proses kimiawi tubuh mahluk hidup. Termasuk di dalamnya manusia.

Selain itu, ilmu biokimia juga mempelajari tentang senyawa-senyawa tertentu. Sebagian besar adalah zat yang mendukung reaksi kimiawi di atas.

Singkatnya, ilmu kimia cabang biokimia adalah mempelajari detil tentang komponen riset tubuh. Sekaligus meneliti proses-proses kimia yang ditimbulkannya.

Dalam ilmu inilah kajian tentang pembuatan obat bermula. Selain itu riset genetika merupakan hasil kajian biokimia yang terbaru.

Itulah pengertian dan definisi serta cabang-cabang ilmu kimia. Silakan dipelajari terutama untuk para siswa atau mahasiswa. Jika sudah paham kaidah dasar ini, niscaya ilmu kimia yang lebih tinggi bisa dipelajari dengan mudah. Silakan di simak semoga ada manfaatnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.