Pengertian Konduktor, Isolator, dan Semikonduktor

Pengertian Konduktor, Isolator, dan Semikonduktor – Alat elektronik yang kita miliki tidak on atau aktif begitu saja.

Pengertian Konduktor, Isolator, dan Semikonduktor

Pengertian Konduktor, Isolator, dan Semikonduktor

Didalamnya terdapat rangkaian listrik yang berisi konduktor, isolator dan semikonduktor yang bisa menghidupkan alat sehingga bisa kita manfaatkan dalam kehidupan sehari hari. Seperti HP, televisi, Mesin cucu, seterika listrik dan banyak lagi alat elektronik yang lain.

Baca Juga : Fungsi dan Jenis Induktor

Nah rangkaian rangkaian yang kami sebutkan diatas itulah yang akan kami bahas secara lengkap pada artikel kali ini. Semoga bisa menjadi meningkatnya wawasan keilmuan anda tentang perangkat elektronik juga komponen komponennya.

PENGERTIAN KONDUKTOR

Konduktor adalah zat atau bahan yang didalamnya memiliki tahanan kecil sehingga mampu menghantarkan arus listrik dengan baik.

Jika harganya tidak mahal, emas merupakan bahan yang bisa bekerja secara konduktor yang bagus. Namun, karena terkendala harga, bahan konduktor biasanya menggunakan tembaga dan aluminium.

Ketahanan sebuah konduktor tergantung pada bahan atau material yang menjadi inti dari isinya. Selain itu, ketahanan ini juga disesuaikan dengan seberapa panjang dan luas ukuran bahan.

Contoh, kawat tembaga yang tebal otomatis memiliki ketahanan lebih kuat karena resistensinya lebih kecil dibandingkan kawat tembaga yang tipis. Teori ini juga berlaku pada perbandingan ketahanan kawat tembaga panjang dengan yang pendek.

Konduktor adalah perangkat yang dibutuhkan oleh alat alat elektronik. Karena peran dan fungsinya begitu vital. Kurang lebih ada tiga fungsi penting konduktor yaitu

  1. Satu bahan yang mudah tersalurkan listrik
  2. Salah satu materialnya banyak digunakan di dalam instalasi listrik
  3. Sebagai alat penghantar listrik yang aman.

Bahan bahan konduktor bisa kita temukan pada perangkat listrik yang kita pakai setiap hari. Seperti seterika, kompor listrik dan solder.

Ciri ciri konduktor adalah perangkat yang mengantarkan panas pada alat tersebut.

Biasanya berbentuk lilitan kawat. Sedangkan perangkat lain tergolong perangkat isolator seperti pegangan panci yang mencegah tangan kepanasan dan lain lain.

PENGERTIAN ISOLATOR

Isolator adalah perangkat yang rangkaian bahannya tidak bisa atau sulit untuk menghantarkan arus listrik. Karena didalam alat ini terdapat elektron valensi atom yang terikat erat dengan isolasi.

Isolator terkadang difungsikan sebagai pemisah antara konduktor sehingga terjadi pembelokan arus listrik tetapi tidak sampai mengeluarkannya dari perangkat. Yang perlu anda ketahui, isolator ternyata menjadi alat pendukung transmisi listrik yang terpasang pada tiang listrik rumah anda.

Bahan yang bisa digunakan sebagai pembentuk isolator tidak sembarangan. Dan tidak sembarang bahan yang bisa memblokir atau membelokkan arus listrik.

Tetapi bahan yang dipakai juga harus mudah dibuat dan lentur ketika dibentuk. Maka dari itu, bahan untuk isolator kabel biasanya menggunakan bahan sintesis yang mampu bekerja di tingkat tegangan menengah.

Fungsi isolator tentunya tidak sama dengan fungsi konduktor. Bahkan, fungsi isolator bertolak belakang dengan fungsi konduktor. Berikut ini kami list fungsi isolator yang bisa anda pahami, yaitu :

  1. Sebagai alat yang tidak bisa dialiri oleh listrik
  2. Sebagai sekat pemisah antara hantaran bertegangan dengan hantaran yang memiliki tegangan lain atau justru dengan hantaran yang tidak memiliki tegangan.
  3. Untuk menjaga manusia dari tersengat listrik ketika sedang menggunakan alat alat elektrik.

Nah, apa yang akan terjadi pada kita jika alat elektronik tidak tersusun juga dari perangkat isolator.

Tentu alat tersebut tidak bisa digunakan sebagaimana mestinya. Bahkan amat berbahaya bagi kehidupan manusia sekecil apapun aliran listrik yagn ada didalamnya.

PENGERTIAN SEMI KONDUKTOR

Semi konduktor adalah alat yang tidak bisa menghantarkan listrik untuk tegangan rendah. Tetapi untuk tegangan tinggi, alat ini bisa menjadi penghantar listrik yang baik.

Bahan semikonduktor bisa anda temukan pada peralatan canggih seperti HP dan lampu LED. Yang mana peralatan ini sudah memiliki komponen vital seperti Dioda, transistor dan IC atau integrated circuit yang merupakan rangkaian berbasis semikonduktor aktif.

Maka dari itu, tidak bisa dipungkiri, terciptanya peralatan super canggih di jaman millennial ini merupakan sumbangsih besar dari ditemukannya alat semikonduktor.

Semi konduktor tidak berfungsi sebagai konduktor ataupun isolator. Artinya alat ini tidak menjadi penyalur listrik tidak juga sebagai pembeloknya. Namun, semi konduktor bekerja di antara fungsi kedua alat tersebut.

Sedangkan perbedaannya dengan alat resistor, adalah konduktor juga bisa menghantar listrik pada kondisi tertentu dan dalam tegangan tertentu.

Itulah pengertian konduktor, isolator dan semi konduktor yang harus anda pahami.

Setelah menyimak artikel diatas, tentu kita semakin sadar kalau peralatan diatas harus ada pada setiap perangkat elektronik yang kita miliki. Jika salah satunya saja tidak ada apalagi perangkat konduktor dan isolator, tentu alat elektronik tidak akan bekerja dengan baik.

Baca Juga : Fungsi Jangka Sorong

Updated: —

The Author

ilmudasar

Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *