Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Pengertian dan Jenis-Jenis Lembaga Peradilan Indonesia

Pengertian dan Jenis Jenis Lembaga Peradilan Indonesia – Yang namanya hidup bermasyarakat, permasalahan dalam interaksi sosial pasti berkelindan bergantian.

Pengertian dan Jenis-Jenis Lembaga Peradilan Indonesia

Pengertian dan Jenis-Jenis Lembaga Peradilan Indonesia

Tidak tertutup kemungkinan, permasalahan permasalahan tersebut berkaitan dengan hukum yang mengharuskan tehnik penyelesaiannya juga melewati jalur hukum.

Baca Juga : Pengertian Makar

Maka dari itu, dibentuklah lembaga lembaga peradilan yang bertugas untuk menyelesaikan masalah hukum masyarakat secara tuntas dan adil.

Tidak semua masyarakat Indonesia sadar hukum. Tidak jarang mereka mentafsirkan hukum sebagai sebuah ketidak adilan sehingga bermunculan kata kata sarkastis seperti “ hukum tajam ke bawah tapi tumpul ke atas “, “ Pejabat kebal hukum “ dan lain lain.

Mereka pun beranggapan lembaga peradilan tidak bekerja proporsional dalam mengatasi masalah diatas.

keawaman atau ketidak tahuan akan persoalan hukum ini harus dihentikan. Supaya tidak terjadi pergolakan dan konflik berkepanjangan di arus bawah.

Maka dari itu, penting kiranya kami angkat artikel tentang lembaga peradilan lengkap dengan jenis jenisnya yang bisa anda jadikan sebagai pencerahan atau refleksi positif tentang hukum di Indonesia.

PENGERTIAN LEMBAGA PERADILAN INDONESIA

Peradilan adalah semua proses penegakan hukum yang adil yang dilakukan oleh institusi pemerintah.

Fungsi dari peradilan ini adalah membantu pihak yang bersengketa secara perdata dan pidana untuk mendapatkan keadilan dengan berlandaskan pada paparan bukti dan saksi yang transparan. Diharapkan dari proses ini, pihak yang bersengketa ( perdata ) menjadi reda dan pihak terdakwa mendapat hukuman ( pidana ) yang setimpal.

Sedangkan lembaga peradilan adalah institusi tertentu yang bertugas untuk menyelesaikan berbagai permasalahan permasalah hukum.

Lembaga peradilan inilah yang menjadi sarana masyarakat untuk meminta dan mendapatkan keadilan. Itu artinya, para pejabat dan pihak berwenang di dalam institusi peradilan berhak memutuskan perkara secara adil dan bermartabat.

JENIS JENIS LEMBAGA PERADILAN DI INDONESIA

Jenis jenis lembaga peradilan di Indonesia dibagi menjadi beberapa macam dilihat dari masalah hukum yang terjadi. Ada pengadilan pajak khusus masalah masalah pajak, ada pengadilan agama untuk menyelesaikan masalah masalah agama dan lain lain.

Nah, berikut ini kami list jenis jenis lembaga peradilan di Indonesia yang bisa anda manfaatkan sebagai solusi masalah hukum yang anda alami.

  • Pengadilan Negeri dan Pengadilan Tinggi

Pengadilan negeri terletak di kota kabupaten. Fungsi pengadilan ini adalah menyelesaikan berbagai macam kasus hukum. Baik yang berhubungan dengan kasus hukum pidana ataupun perdata.

Sedangkan pengadilan tinggi adalah lembaga peradilan yang disediakan bagi pihak yang dinyatakan kalah di sidang pengadilan negeri yang ingin mengajukan banding.

  • Pengadilan Agama

Pengadilan Agama adalah lembaga peradilan yang membantu umat islam menyelesaikan kasus kasus hukum syariah seperti masalah perceraian, perkawinan dan hak waris.

Lembaga peradilan ini hanya dikhususkan untuk umat muslim. Sedangkan umat non muslim menyelesaikan masalah masalah yang berhubungan dengan agamanya via pengadilan negeri.

  • Pengadilan Militer

Pengadilan militer perlu dilakukan. Semata untuk mencegah lahirnya oknum polisi dan tentara yang melanggar regulasi lembaganya.

Fungsi dari pengadilan ini, adalah untuk menyelesaikan kasus kasus indisipliner yang dilakukan oleh oknum militer sekaligus sebagai pemberi hukuman terhadap oknum tersebut jika sudah terbukti bersalah.

  • Pengadilan tata Usaha Negara

Pengadilan tata usaha negara dibangun untuk memfasilitasi masyarakat yang sedang berperkara hukum dengan pemerintah. Seperti berperkara dengan lembaga lambaga pemerintah, masalah dengan sekolah / perguruan tinggi, berkasus dengan pihak Bank dan lain lain.

  • Pengadilan Pajak

Masalah masalah hukum perpajakan bisa diatasi oleh lembaga peradilan ini. Perusahaan yang menunggak pajak dalam waktu lama akan mendapatkan sanksi setelah sebelumnya dilakukan proses persidangan di lembaga pengadilan pajak.

Lembaga ini juga memberi ruang bagi anda yang sudah membayar pajak, tetapi dianggap masih menunggak, maka anda bisa menggugat petugas pajak disini. Di lembaga inilah, anda akan mendapatkan kesempatan luas untuk mencari keadilan perpajakan yang seimbang.

  • Pengadilan Tindak Pidana Korupsi

Mengingat betapa latennya bahaya korupsi bagi stabilitas nasional, maka diperlukan tindakan tegas terhadap para pelakunya ( koruptor ). Pemerintah perlu menyediakan pengadilan khusus yang content nya hanya menyangkut masalah dengan permalingan uang negara.

Disinilah koruptor akan mendapatkan status terdakwa yang artinya siap di jeruji, tetapi di pengadilan ini pulalah, mereka akan dibebaskan jika terbukti tidak bersalah.

  • Mahkamah Agung

Mahkamah agung adalah lembaga peradilan final. Di lembaga ini kamu bisa mengajukan banding terakhir manakala banding di pengadilan tinggi ditolak. Lembaga ini juga menjadi tempat anda untuk mengajukan kasasi.

  • Mahkamah Konstitusi

Mahkamah konstitusi adalah lembaga peradilan yang menjadi sarana untuk menguji regulasi hukum seperti UU, Perpu dan lain lain. Lembaga ini juga menyelesaikan masalah hukum yang dilakukan oleh presiden dan wakil presiden.

Seperti presiden berbuat perbuatan buruk, atau presiden melanggar regulasi tentang kelayakan dirinya untuk menjadi pemimpin negara.

Itulah pengertian dan jenis jenis lembaga peradilan di Indonesia. Semoga dengan adanya artikel ini anda tidak salah memfungsikannya sehingga lembaga peradilan yang ana masuki memang cocok dengan masalah atau perkara hukum yang anda alami.

Baca Juga : Pengertian Ilmu Politik

The Author

ilmudasar

Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ilmu Pengetahuan Dasar © 2018