Pengertian Media dan Jenis Media

Diposting pada

Pengertian Media dan Jenis Media – Media adalah alat komunikasi kolektif yang digunakan untuk menyimpan dan menyampaikan informasi atau data.

Pengertian Media dan Jenis Media
Pengertian Media dan Jenis Media

Media dapat terkait dengan media komunikasi ataupun media massa yang secara khusus digunakan untuk bisnis seperti media print, press, fotografi, periklanan, perfilman, penyiaran (Radio dan televisi), dan penerbitan.

Media massa sendiri berarti media yang digunakan untuk berkomunikasi di hadapan public, termasuk teknologi yang ditujukan untuk memberitahukan khalayak pemirsa.

Masyarakat umum sangat bergantung pada media massa untuk mendapatkan informasi terkait isu politik, isu social, hiburang, dan berita terkait kultur pop.S

Asal Kata dan Pengertian Media

Istilah “medium” (bentuk tunggal dari media) didefinisikan sebagai salah satu yang dikenal sebagai bentuk komunikasi umum dalam masyarakat, seperti koran, radio, dan televisi.

Pada mulanya, komunikasi manusia dilakukan melalui channel yang telah dirancang, seperti bentuk tubuh yang tidak disuarakan, apabila mundur ke belakang yang mengarah pada lukisan kuno, peta yang digambar, dan tulisan.

Namun, sekarang istilah media seringkali dikaitkan dengan komunikasi. Hal ini disebabkan penggunaannya pada saat pertama kali oleh teoris Kanada Marshall McLuhan (1954), “Media bukanlah mainan. Media sebaiknya berada di tangan artis baru, karena merupakan salah satu karya seni.” (Baca Juga : Pengertian Seni Lukis)

Jenis Media

Media modern umumnya muncul dalam berbagai bentuk, termasuk media cetak (buku, majalah, koran), televisi, film, video game, musik, dan berbagai jenis software, serta internet.

Setiap media melibatkan konten, dan juga peralatan atau objek yang akan menyebabkan isi media dapat tersampaikan dengan baik.

  • Media Cetak

Istilah media cetak seringkali digunakan untuk mendeskripsikan media cetak berbasis tradisional atau bentuk kuno, dimana media ini merupakan media yang sudah ada sejak zaman orang tua kita, termasuk koran, majalah, buku, komik atau novel grafis.

Berdasarkan riwayat sejarah, hanya penerbit kaya yang mampu melakukan akses terhadap teknologi modern untuk mencetak material cetak, namun hal ini telah berubah pada beberapa tahun terakhir.

Seluruh orang telah memiliki akses terhadap software yang telah diterbitkan di seluruh dunia.

Lebih lagi, beberapa tahun terakhir ini, sudah muncul aplikasi pembaca buku elektronik seperti Amazon Kindle yang akan menyimpan beratus-ratus buku pada alat tunggal dan memberikan kesempatan kepada pembaca untuk mengunduh buku dan koran secara langsung.

  • Televisi

Televisi telah menjadi hiburan bagi seluruh keluarga di seluruh dunia selama lebih dari 50 tahun.

Pada mulanya, terdapat hanya beberapa program yang dapat disaksikan, namun saat ini, beratus-ratus channel yang umum dan special dapat dipilih oleh pemirsa. Hal ini disebabkan beribu-ribu program sudah ada di televisi untuk dipilih.

Namun, hal ini tidak dapat menjadi pilihan apabila program harus ditayangkan secara langsung.

Hingga saat ini, para  pemirsa dapat memiliki beragam film atau televisi yang mereka inginkan, baik dari TV kabel berbayar ataupun siaran yang memang sudah tersedia gratis di televisi.

Selain itu, beragam episode dari internet juga dapat diunduh untuk ditonton melalui computer. Pemirsa umumnya akan menggunakan DVR (Digital Video Recorder) untuk merekam program dan menontonnya di lain waktu.

Pemirsa juga seringkali dapat menggunakan telepon selular untuk menonton program.

  • Film

Film adalah bentuk tertua dari teknologi dengan gambar bergerak yang mampu menangkap foto bergaya video.

Aslinya, film hanya dapat ditonton dan dinikmati di bioskop, namun saat ini film sudah tersebar secara luas untuk dinikmati di dalam rumah, bahkan dengan menggunakan computer atau telepon.

Film yang dikomersialkan umumnya akan diisarkan melalui televisi dan melalui TV kabel dan satelit yang menampilkan video dan suara dengan kualitas High Definition (HD), sehingga akan memberikan efek menonton film seperti di bioskop.

Film ini umumnya seringkali didistribusikan melalui DVD dan disket Blue Ray, yang dapat disewakan dari berbagai toko dan melalui layanan khusus yang dikenal sebagai Netflix, bahkan melalui file computer, yang dapat secara legal diunduh dari pelayanan penyewaan film, seperti Amazon dan iTunes.

Selain itu, film juga dapat direkam oleh amatir dengan menggunakan kamera video yang tidak mahal melalui sharing website yang dikenal sebagai YouTube dan Vimeo.

  • Video Games

Video games sudah tersedia sejak awal tahun 1980, dan telah menjadi popular di antara para kalangan remaja.

Permainan game saat ini sudah menggunakan grafis dan modern yang sangat modern sehingga memampukan permainan game secara tiga dimensi dapat dilakukan.

Hal ini seringkali menunjukkan bentuk pemandangan dan simulasi fisik yang begitu realistis, dan kemampuan untuk bertarung melawan pemain lain melalui jaringan koneksi. Video games yang modern seringkali menyenangkan dan bersifat interaktif.

Pemain akan merasakan situasi yang sesunggunya karena grafis dan suara yang menyerupai keadaan asli.

Melalui video games, para remaja dapat memperlama aksi permainannya, seperti menjadi tentara, alien, pengemudi balap mobil, petarung jalanan, dan bahkan pemain sepak bola.

Gambar Gravatar
Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *