Pengertian MOS Adalah : Tujuan dan Fungsi

Diposting pada

Pengertian MOS Adalah : Tujuan dan Fungsi MOS – Sebentar lagi sudah waktunya masuk sekolah. Untuk siswa yang akan masuk ke SMP dan SMA pasti akan segera melalui yang namanya MOS. Pertanyaannya adalah apakah pengertian MOS? Dan apakah manfaatnya bagi siswa?

Pengertian MOS Adalah : Tujuan dan Fungsi MOS
Pengertian MOS Adalah : Tujuan dan Fungsi MOS

Pengertian Masa Orientasi Siswa (MOS)

MOS adalah singkatan dari Masa Orientasi Siswa. Biasanya kegiatan ini dilakukan setiap awal tahun ajaran baru. Fungsinya adalah penyambutan peserta didik di suatu sekolah.

Tidak semua sekolah mengadakan acara ini. Melainkan sekolah menengah atas saja seperti SMP dan SMA. Sedangkan perguruan tinggi menggunakan nama berbeda.

Semua sekolah SMP dan SMA melakukannya. Baik dia lembaga negeri maupun swasta. Karena dengannya, pihak sekolah bisa mengenalkan almamater lembaga dengan metode menyenangkan dan unik.

Makna MOS

Ada dua orientasi yang disasar di kegiatan ini. Yaitu pengenalan lingkungan fisik sekolah dan lingkungan sosial. Lingkungan fisik meliputi gedung dan sarana sekolah. Sedangkan lingkungan sosial identik dengan interaksi antar personal seperti guru dan teman-temannya.

MOS juga memiliki filosofi dasar. Yaitu untuk mengakrabkan siswa dengan lingkungan baru.  Selain itu, MOS merupakan didikan pertama untuk meningkatkan mental psikologi siswa. Termasuk di dalamnya orientasi tentang disiplin dan pentingnya tali pertemanan.

Pelaksana MOS

Biasanya MOS tidak dilakukan oleh aparatur sekolah. Melainkan dikerjakan oleh siswa sendiri yang tergabung dalam OSIS.  Sedangkan peran kepala sekolah dan guru hanyalah sebagai pengawas. Memantau kelancaran MOS saat berlangsung.

Diadakannya MOS sangat masuk akal. Karena di kala itu, siswa baru harus menyesuaikan diri dengan lingkungan barunya. Sehingga harapan pelaksana adalah siswa tidak canggung ketika sudah memasuki jam aktif. Mereka juga tidak bingung ketika menggunakan fasilitas yang tersedia.

Tujuan Masa Orientasi Siswa (MOS)

Tujuan Masa Orientasi Siswa terbagi menjadi dua. Yaitu tujuan khusus dan tujuan umum. Berikut penjelasan lengkapnya.

1. Tujuan Khusus

Tujuan khusus pertama adalah memperkenalkan kepada siswa tentang sarana dan prasarana sekolah. Di dalamnya juga diberitahukan tentang sistem keamanan, fasilitas umum dan lainnya.

Tujuan khusus yang kedua adalah merangsang mental positif siswa. Maka dari itu, materi MOS identik dengan persatuan, hidup bersih dan keharmonisan. Di dalamnya juga digodok pasal kedisiplinan, etos kerja dan spirit gotong royong.

2. Tujuan Umum

Sedangkan tujuan MOS secara umum, narasinya lebih detil. Ini dia beberapa diantaranya:

  • Memperkenalkan siswa pada lingkungan sekolah yang baru mereka masuki.
  • Memperkenalkan seluruh komponen sekolah beserta tata tertib di dalamnya.
  • Memperkenalkan siswa pada keorganisasian.
  • Memperkenalkan siswa untuk menyanyikan lagu hymne dan mars sekolah.
  • Memperkenalkan siswa pada seluruh kegiatan yang ada di sekolah.
  • Mengarahkan siswa memilih kegiatan ekstrakurikuler yang sesuai bakat.
  • Menanamkan sikap mental, spiritual, budi pekerti yang baik, pada diri siswa
  • Menanamkan wawasan dasar sebelum memasuki kegiatan pembelajaran.

Fungsi Masa Orientasi Siswa (MOS)

1. Fungsi Bagi Siswa 

MOS adalah tempat siswa mengaktualisasikan dirinya. Sekaligus melakukan adaptasi terhadap lingkungan sekolah yang baru.

Bukan itu saja, dengan MOS, siswa lebih mengenal masyarakat pergaulan yang baru. Nantinya, pengetahuan ini bisa dijadikan landasan bersikap yang tepat.

Sedangkan bagi siswa senior, dengan MOS akan diketahui lebih detil siapa saja siswa penerus di sekolah tersebut yang potensional (kader). Hal ini berkaitan dengan kaderisasi kepemimpinan OSIS di sekolah yang bersangkutan.

2. Fungsi Bagi Personalia Sekolah

MOS juga berfungsi bagi aparatur sekolah. Dengannya, mereka lebih mengetahui kondisi anak didiknya yang baru. Sehingga konsep ajar yang diberikan bisa disesuaikan bakat, minat dan kemampuan mereka.

Pro dan Kotra MOS

Beberapa tahun belakangan ini, pro dan kontra MOS mulai bermunculan. Bahkan ada beberapa kalangan menganggap MOS tidak perlu diadakan.

Alasannya adalah banyaknya korban kekerasan yang dilakukan siswa senior. Sudah banyak bukti dan data terjadinya korban MOS. Bahkan ada yang merenggut jiwa.

Alasan Munculnya Pro Dan Kotra MOS

Penyebab dasarnya adalah kurangnya pengawasan dan minimnya SDM OSIS sebagai pelaksana. Akibatnya, terjadilah hal-hal yang seharusnya bisa dikendalikan.

Bukan itu saja, tidak sedikit MOS dijadikan balas dendam siswa senior kepada adiknya. Karena notabene, mereka juga pernah mengalami hal serupa.

Karena tak ingin terus berspekulasi, akhirnya pada Tahun 2016 pemerintah menyatakan pelarangan MOS. Terutama Masa Orientasi Siswa di tingkat pelajar.

Tentu tujuan pelarangan ini semata untuk menyelamatkan siswa baru dari tindakan kekerasan, bully dan semacamnya.

Demikian pengertian Masa Orientasi Siswa atau MOS serta tujuan dan pro kotranya. Semoga bisa dipahami dengan baik sehingga tidak ada lagi kecenderungan salah tafsir tentang kegiatan yang sesungguhnya bagus ini.

Gambar Gravatar
Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *