Pengertian dan Fungsi NIC

Pengertian NIC : Fungsi NIC – Mungkin bagi anda yang saat ini menggeluti dunia jaringan komputer, tentu sudah tidak asing dengan yang namanya NIC yang mana perangkat ini merupakan salah satu hardware atau perangkat keras yang sudah diterapkan sebagai perangkat standar dunia.

Pengertian dan Fungsi NIC

Pengertian dan Fungsi NIC

Hal ini menandakan bahwasanya seluruh perangkat komputer maupun juga laptop harus terdapat NIC di dalamnya karena tentu alat ini yang memiliki peran penting di dalam pengkoneksian perangkat anda dengan internet.

Baca Juga : Fungsi Perangkat HUB

Selain itu, memang NIC merupakan perangkat keras yang memiliki peran penting atau sentral di dalam sebuah jaringan komputer, terlebih lagi di era sekarang ini yang semuanya sudah canggih sehingga akan menambah peranan NIC sebagai salah satu perangkat jaringan komputer yang paling dibutuhkan.

Berikut ini kami akan memberikan penjelasan lebih lengkap kepada anda mengenai pengertian dan fungsi NIC yang harus anda perhatikan.

Dengan memahami informasi ini diharapkan anda akan semakin paham mengenai hal-hal yang berhubungan dengan NIC.

Pengertian NIC

NIC sebenarnya merupakan singkatan dari Network Interface Card yang menandakan bahwasanya perangkat komputer yang satu ini merupakan salah satu perangkat yang sangat penting dan harus ada pada setiap komputer maupun juga laptop yang anda miliki.

Jika anda perhatikan, NIC merupakan sebuah perangkat keras yang memiliki bentuk tidak jauh berbeda dengan kartu ekspansi yang mana NIC akan memungkinkan komputer anda untuk terhubung dengan perangkat lainnya di dalam satu jaringan.

Sebenarnya NIC juga memiliki beberapa istilah yang mungkin anda masih belum mengetahuinya.

Beberapa istilah dari NIC antara lain LAN Card atau Local Area Network Card, Ethernet Card maupun juga Network Card atau Kartu Jaringan.

Meskipun memiliki nama yang berbeda, namun kesemuanya itu merujuk pada satu perangkat yang sama, baik dari segi bentuk maupun kegunaannya.

Perangkat ini nantinya akan dipasang pada sebuah slot yang sudah disediakan pada motherboard.

Selain itu, NIC sudah support dengan segala jenis motherboard jadi anda tidak akan kesulitan untuk menemukan NIC mana yang cocok untuk motherboard komputer maupun juga laptop anda.

Pada bagian ujungnya, NIC menggunakan port yang banyak orang menyebutnya sebagai RJ – 45 yang memiliki kegunaan di dalam menghubungkan kabel maupun juga wireless yang ada pada sebuah komputer maupun juga laptop.

Fungsi NIC

Setelah mengetahui pengertian dari NIC, maka hal selanjutnya yang ingin kami jelaskan kepada anda adalah mengenai seperti apa fungsi atau tugas dari NIC yang mungkin anda belum mengetahuinya.

  • Sebagai media untuk mengirimkan data

Fungsi yang pertama yang ada pada NIC adalah digunakan sebagai sebuah media yang berguna untuk mengirimkan data yang berasal dari satu ke komputer kepada komputer yang lainnya.

Biasanya tugas yang dilakukan tersebut lebih banyak merupakan tugas yang dimiliki oleh komputer server yang memang memiliki peran yakni sebagai perangkat untuk menyediakan data maupun sebagai penyedia berbagai macam transmisi atau permintaan data yang dilakukan oleh client atau user.

Dengan begitu, nantinya server akan dengan mudah melakukan pengelolaan data yang nantinya akan dibutuhkan oleh client sehingga data tersebut akan langsung dikirimkan kepada client.

Salah satu contoh sederhana dari penerapan fungsi yang pertama ini adalah pada komputer warnet yang mana ada satu komputer yang bertugas sebagai server yang mengontrol seluruh aktivitas dari komputer client.

  • Sebagai pengontrol data flow

Fungsi yang kedua mengenai NIC adalah ia sebagai perangkat yang bertugas untuk melakukan pengontrolan terhadap data flow yang ada sebuah jaringan komputer, terutama bagi jaringan yang menggunakan media kabel.

Hal ini bertujuan agar supaya data yang dikeluarkan oleh komputer benar-benar sesuai dengan permintaan dan tidak sampai mengalami kelebihan data.

Selain itu, dengan adanya fungsi ini, maka NIC akan memiliki peran penting di dalam mengatur arus lalu lintas jaringan sehingga tidak sampai mengalami gangguan atau crash.

  • Penerima data

Fungsi NIC bukan hanya sebagai perangkat yang akan berguna di dalam pengiriman data, melainkan ia juga memiliki tugas sebagai perangkat yang akan membantu di dalam penerimaan data. Kita ambil contoh sederhana pada warnet, komputer server yang ada pada warnet tersebut mampu menerima data yang dikirimkan oleh client.

Ketika client tersebut ingin mencetak file, maka ia hanya perlu mengirimkan data tersebut kepada server sehingga nantinya server akan langsung memprosesnya dan mencetak file tersebut.

  • Menerjemahkan data menjadi bit

Fungsi lain NIC adalah ia akan menerjemahkan data menjadi bit sehingga akan mudah dibaca oleh komputer yang lainnya.

Hal ini nantinya akan membuat data tersebut akan berguna sehingga tidak sampai mengalami sebuah hal yang dinamakan sebagai kesalahan data.

Demikian informasi dari kami mengenai pengertian dan fungsi NIC. Semoga bermanfaat.

Baca Juga : Pengertian Booting

Updated: —

The Author

ilmudasar

Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *