Pengertian dan Contoh Paradigma

Pengertian dan Contoh ParadigmaBahasa Indonesia adalah bahasa yang kaya akan kata. Setiap kata memiliki makna dan pengucapan yang berbeda.

Pengertian dan Contoh Paradigma

Pengertian dan Contoh Paradigma

Banyak kata-kata dalam Bahasa Indonesia yang memiliki makna ganda ataupun ambigu.

Karena banyaknya kosakata dalam Bahasa Indonesia ternyata banyak kata-kata di dalam Bahasa Indonesia yang jarang at bahkan tidak pernah diucapkan oleh orang sama sekali.

Salah satu kosakata yang terdengar kurang familiar di telinga orang atau jarang digunakan oleh kebanyakan orang yaitu kata paradigma. Paradigma sendiri dapat diartikan berbeda-beda tergantung konteks kalimatnya.

Kata paradigma tergolong kosakata yang paling jarang digunakan oleh manusia dalam percakapannya sehari-hari. Kata paradigma pertama kali diperkenalkan oleh Thomas Kuhn lalu dipopulerkan oleh Robert Friedrichs. Istilah paradigma pada awalnya berkembang dalam dunia ilmu pengetahuan terutama dalam kaitannya dengan filsafat ilmu pengetahuan.

Munculnya kata paradigma membuat banyak para ahli menyimpulkan arti dari paradigma itu sendiri.

Pengertian Paradigma

Paradigma adalah seperangkat konsep yang berhubungan satu sama lain secara sosiologis membentuk kerangka pikir.

Paradigma adalah perspektif fundamental atau cara kita melihat, berfikir, mengartikan, merespon dan memilih tindakan terhadap fenomena yang ada.

Paradigma adalah diagram atau kerangka kerja yang menjelaskan sebuah fenomena yang berisi konsep yang berkaitan dengan fokus sainsnya.

Istilah paradigma cenderung merujuk kepada dunia pola pikir ataupun teknis penyelesaian masalah yang dilakukan oleh manusia.

Paradigma digunakan untuk menjelaskan suatu fenomena sebagai tahapan dalam mencapai suatu teori yang diterapkan dalam kehidupan. Para ahli mendefiniskan paradigma sebagai berikut :

  • Thomas Kuhn

Paradigma merupakan konsep dasar atau dapat disebut juga landasan pikiran yang dijadikan dasar pikiran disiplin ilmu tentang apa yang menjadi pokok persoalan.

  • Robert Friedrichs

Paradigma adalah sekumpulan tata nilai yang membentuk pola pikir seseorang sehingga dapat menuntun orang tersebut untuk dapat menangani sebuah realita.

Paradigma akan membuat seseorang memiliki pandangannya sendiri setelah terbentuk citra seseorang terhadap realita dan berujung pada ketentuan bagaimana cara untuk menangani realita tersebut.

  • George Ritzer

Paradigma adalah pandangan yang mendasar dari ilmuwan tentang apa yang menjadi pokok persoalan yang semestinya dipelajari oleh suatu disiplin ilmu pengetahuan.

Jadi sesuatu ilmu tersebut menjadi pokok persoalan suatu disiplin ilmu. Paradigma merupakan sebuah pendekatan terhadap penyelidikan suatu objek atau titik awal yang mengungkapkan sudut pandang, perumusan teori, pertanyaan desain atau refleksi sederhana.

  • Robert Cohenn

Paradigma adalah acuan atau inti bersifat filosofis yang digunakan sebagai pelaksanaan suatu motif atau tujuan.

  • Guba

Paradigma adalah suatu keyakinan dasar yang dapat membimbing atau menuntut manusia dalam bertindak.

  • Bilken

Paradigma dinyatakan sebagai kumpulan longgar sejumlah asumsi, konsep atau proposisi logis yang terkait mengarahkan pada suatu cara berpikir dan tentang semua hal yang berkaitan dengan penelitian.

  • Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Di dalam KBBI paradigma diartikan sebagai daftar semua bentukan dari sebuah kata yang memperlihatkan konjugasi dan deklinasi kata tersebut.

Paradigma juga dapat dikatakan sebagai model dalam teori ilmu pengetahuan dan juga sebagai kerangka berpikir.

Contoh Paradigma

Ada beberapa contoh dalam paradigma yaitu sebagai berikut :

  • Paradigma Kualitatif

Paradigma ini sering digunakan dalam pembuatan makalah sebagai acuan untuk menentukan teori apa yang akan digunakan dengan mencari gambaran teori sosial melalui teori induktif.

  • Paradigma Piramida

Paradigma yang memiliki metode atau konsep bertahap layaknya piramida, baik itu dimulai dari tngkatan bawah ataupun dimulai dari tingkatan atas.

  • Paradigma Deduksi Induksi

Paradigma deduksi menggunakan metode kualitatif sedangkan paradigma induksi menggunakan metode kuantitatif dengan tahapan dari pengumpulan data hingga kesimpulan.

  • Paradigma Rekonstruksi Teori

Paradigma yang didasarkan pada perancangan kembali suatu teori ataupun metode yang telah tersedia dan kembali digunakan dalam penelitian baru namun masih relevan dengan teori yang lama sehingga memiliki kesinambungan yang tidak terpisahkan.

  • Paradigma Siklus Empiris

Paradigma yang menjelaskan suatu fenomena ilmiah.

Paradigma memiliki arti yang berbeda jika digunakan pada konteks yang berbeda, menurut konteksnya arti paradigma menjadi:

  1. Dalam bahasa sehari-hari paradigma menjadi sebuah pola dibalik contoh-contoh khas sesuatu.
  2. Dalam ilmu komputer paradigma dipakai di dalam bahasa pemrograman.
  3. Dalam ilmu informatika paradigma merupakan akronim dari analisis, prarelisme, desain dan implementasinya dengan metode umum.
  4. Dalam ilmu eksperimental paradigma sebagai sebuah instalasi eksperimen.
  5. Dalam ilmu linguistika paradigma sebagai infleksi atau pentakrifan.

Paradigma dapat disimpulkan sebagai metode untuk meraih beberapa jenis tujuan.

Paradigma berkaitan erat dengan prinsip lainnya untuk menentukan berbagai jenis pandangan.

Di Indonesia, paradigma ditunjukan pada pancasila. Pancasila merupakan suatu pandangan hidup, sumber nilai dan acuan yang digunakan sebagai kerangka dasar dalam bernegara.

Paradigma pancasila maliputi politik, ekonomi, sosial budaya, hukum, bidang kehidupan antar agama.

The Author

ilmudasar

Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..