Pengertian Pengumuman : Syarat, Ciri, Jenis dan Contoh Pengumuman

Pengertian Pengumuman : Syarat, Ciri, Jenis dan Contoh Pengumuman – Pemberian kabar atau informasi penting untuk disebarkan kepada orang yang dituju dapat dilakukan secara langsung, melalui media cetak ataupun melalui media elektronik.

Pengertian Pengumuman : Syarat, Ciri, Jenis dan Contoh Pengumuman

Pengertian Pengumuman : Syarat, Ciri, Jenis dan Contoh Pengumuman

Dengan kemajuan teknologi yang telah dirasakan saat ini, banyak orang yang lebih memilih menggunakan media elektronik. Dibanding lebih mudah dan gampang, memberikan informasi melalui media ele

ktronik juga dapat menghemat waktu dan biaya. Infromasi tersebut disebut pengumuman.

Pengertian Pengumuman

Pengumuman adalah sebuah pesan yang ditujukan kepada masyarakat secara umum atau kepada lebih dari satu orang yang tujuannya supaya orang yang mendengar atau melihat pengumuman tersebut dapat menerima informasi yang jelas.

Pengumuman bersifat umum dan terbuka dimana dapat di dengar dan dilihat oleh semua orang baik dalam bentuk lisan maupun bentuk tulisan.

Pengumuman yang disampaikan secara lisan seperti pesan yang diampaikan saat pidato dihadapan banyak orang, pengumuman melalui radio atau televisi.

Pengumuman yang disampaikan secara tertulis seperti pengumuman yang tertulis disebuh kertas yang ditempel di majalah dinding, termuat di dalam koran atau majalah atau yang disebarkan melalui media internet.

Syarat Pengumuman

Suatu pesan dapat dijadikan penguman dengan melengkapi syarat-syarat seperti berikut:

  1. Menggunakan bahasa yang dapat dipahami oleh masyarakat umum. Bukan menggunakan bahasa isyarat atau bahasa daerah dan bahasa asing jika pengumuman tersebut ditujukan untuk seluruh masyarakat. Bahasa yang digunakan juga bukan bahasa singkatan atau bahasa yang telah di modifikasi. Kalimat yang dipakai menggunakan kalimat yang sopan.
  2. Kalimat yang dipakai menggunakan kalimat yang sopan.
  3. Memuat isi yang jelas sehingga tidak menimbulkan salah paham kepada pembaca dan pendengarnya. Isi pengumuman memuat setidaknya kepala pengumuman, salam pembuka, isi dari pesan yang ingin disampaikan dan salam penutup.
  4. Sumber atau pembuat pengumuman harus jelas, keakuratan sebuah pesan dilihat dari siapa yang menyampaikan pesan tersebut. Setiap pengumuman yang disampaikan harus mencantumkan sumber dari pembuat pengumuman tersebut yang dapat dipertanggungjawabkan dari isi pengumuman yang disampaikan.

Ciri – Ciri Pengumuman

Tidak semua pesan selembaran yang menempel di mading atau menyebar di internet atau yang disampaikan di saat pidato termasuk pengumuman. Pesan yang dimaksud sebagai pengumuman memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  1. Pengumuman ditujukan untuk umum, pengumuman bertujuan untuk memberikan informasi kepada masyarakat seluas-luasnya untuk itu pengumuman harus ditujukan kepada lebih dari satu orang.
  2. Bersifat umum bukan rahasia, artinya siapa saja berhak dan boleh mendengar dan melihat pengumuman yang disampaikan.
  3. Disampaikan secara terbuka, pengumuman disampaikan secara terbuka baik melalui pesan yang diutarakan secara lisan secara langsung ataupun yang melalui tulisan.
  4. Isinya berhubungan dengan kepentingan banyak orang, pesan yang disampaikan di dalam pengumuman harus bertujuan kepada kepentingan banyak orang.

Jenis – Jenis Pengumuman

Pengumuman dibedakan menjadi dua jenis yaitu:

  • Berdasarkan sifatnya

Berdasarkan sifatnya pengumuman dibedakan menjadi pengumuman formal dan pengumuman tidak resmi atau non-formal.

Pengumuman formal yaitu pengumuman yang menggunakan bahasa formal atau bahasa baku yang lugas dan mudah dimengerti oleh masyarakat umum dan memiliki penyusunan kalimat yang rapih.

Sedangkan pengumuman tidak resmi atau non-formal menggunakan bahasa yang tidak baku, namun meski menggunakan bahasa tidak baku pengumuman tidak resmi tetap harus memperhatikan tatanan bahasa yang digunakan sehingga mudah dimengerti orang dan tetap menggunakan kalimat yang sopan.

Pengumuman resmi menggunakan kop surat atau logo instansi yang mengeluarkan pengumuman, serta diberikan penomoran.

Sedangkan untuk pengumuman tidak resmi cukup menggunakan kop atau kepala pengumuman apabila yang mengeluarkan pengumuman tersebut sebuah organisasi atau lembaga non-formal.

  • Berdasarkan Pihak yang Mengeluarkan Pengumuman

Pengumuman dikeluakan baik dari orang perseorangan maupun dari lembaga. Pengumuman yang dikeluarkan dari perseorangan yaitu pesan yang diberikan oleh perseorangan yang diumumkan kepada masyarakat luas.

Sedangkan pengumuman yang disampaikan oleh lembaga adalah pesan yang menyangkut kepentingan lembaga tersebut kepada masyarakat untuk mencapai kepentingan bersama.

Contoh Pengumuman

Contoh pengumuman yang sering dijumpai di kehidupan sehari-hari seperti:

  1. Pengumuman libur hari raya idul fitri yang ditunjukan kepada seluruh karyawan di kantor.
  2. Pengumuman kenaikan tarif jasa angkutan yang ditunjukan kepada kepada seluruh penumpang jasa angkutan.
  3. Pengumuman pendaftaran lomba dalam rangka menyambut HUT RI ke 73 disebuah kampung di Jawa Tengah yang ditujukan oleh seluruh warganya untuk mengikuti lomba.
  4. Pengumuman tentang adanya pemadaman listrik di salah satu Kelurahan yang dikarenakan adanya gangguan pada tiang listrik sehingga menyebabkan listrik warga mati untuk beberapa saat.

Pengumuman juga dapat diartikan sebagai suatu bentuk pemberitahuan mengenai sebuah fakta, kejadian atau niat yang dituangkan secara tertulis maupun yang diungkapkan secara lisan.

Pengumuman dapat dijumpai dimana-mana. Karena sifatnya yang terbuka untuk umum sehingga masyarakat berhak untuk mendengar dan menerima segala bentuk informasi yang terjadi.

Updated: —

The Author

ilmudasar

Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *