Pengertian, Gejala, Penyebab dan Cara Mengobati Penyakit Katarak

Pengertian Katarak, : Gejala, Penyebab dan Cara Mengobati Penyakit Katarak – Mari menjaga mata selalu sehat dan kuat. Tanpa mata yang sehat, anda tidak akan bisa menikmati indahnya dunia.

Apa artinya hidup di dunia jika keindahannya tidak bisa dilihat mata dengan sempurna. Maka dari itu, memiliki mata yang sehat adalah kebutuhan dan keharusan.

Mata yang sehat adalah mata yang bebas dari berbagai macam gangguan penyakit. Seperti penyakit rabun jauh, rabun dekat, mata minus dan katarak. Dari keempat jenis penyakit mata diatas, penyakit katarak lah yang harus anda hindari sejauh jauhnya.

Namun sayang, sekalipun banyak orang yang mencoba menghindari penyakit katarak, pemahaman mereka tentang penyakit mata ini ternyata masih kurang. Sehingga berbagai tehnik pencegahan dan pengobatan menjadi tidak maksimal.

Nah, pada artikel berikut ini, kami akan menjelaskan tentang penyakit katarak yang kami ulas dari segi pengertian, penyebab, gejala serta cara mengobati katarak.

Tujuan dari artikel ini adalah untuk memberikan pemahaman tambahan kepada anda sehingga anda tidak lagi salah ketika melakukan tindakan terhadap penyakit ini.

PENGERTIAN PENYAKIT KATARAK

Penyakit katarak adalah penyakit yang terjadi akibat lensa mata terlihat keruh dan berawan. Orang yang mengalami katarak, biasanya ketika melihat objek benda seperti melihat pergerakan asap.

Penyakit ini berjalan cukup lambat. Bahkan ketika pertama kali terjadi, katarak tidak menimbulkan gejala khusus dan pasien masih bisa melihat dengan normal.

Akan tetapi, ketika dibiarkan, perlahan lahan munculnya penyakit katarak semakin kentara dengan gejala penglihatan menjadi kurang jernih. Sehingga berbagai kesulitan bisa mendera pasien seperti sulit membaca dan sulit menyetir.

GEJALA KATARAK

Katarak adalah penyakit yang bisa menyerang kedua mata anda secara bersamaan. Namun, sebagian besar kasus yang terjadi, katarak hanya menimpa satu mata saja.

Nah, biar lebih jelas berikut ini kami list saja beberapa gejala katarak yang membedakannya dengan penyakit mata lainnya seperti rabun jauh, rabun dekat atau mata minus.

  1. Pandangan kabur terlihat seperti ada kabut
  2. Warna di sekitar mata tidak indah dan terkesan memudar
  3. Ketika melihat cahaya, mata terasa silau
  4. Terlihat lingkaran putih pada cahaya
  5. Pandangan membias sehingga satu objek terlihat menjadi dua objek
  6. Penglihatan terlihat menurun ketika di malam hari
  7. Sulit menemukan kacamata yang cocok.

Jika anda mengalami gejala gejala diatas, segera lakukan cek medis optical agar penyakit segera ditangani secara tepat dan cepat. Jangan tunggu parah! Karena jika sudah parah, pengobatannya menjadi sangat mahal dengan intensitas kesulitan yang cukup tinggi.

PENYEBAB KATARAK

  1. Faktor Usia

Penyebab terjadinya katarak yang paling sering terjadi adalah penuaan. Semakin tua usia manusia, fungsi organ tubuh juga semakin rendah. Termasuk fungsi organ mata.

  1. Faktor Trauma

Selain itu, terjadinya traumatic pada mata juga bisa memicu munculnya penyakit katarak. Traumatic yang dimaksud adalah mata terbentur benda tumpul, kelilipan benda kasar dan besar serta akibat mata digosok dengan keras ketika sedang gatal.

  1. Gumpalan Protein

Bergumpalnya protein di dalam lensa mata juga menjadi penyebab katarak. Karena dengan gumpalan tersebut, lensa anda terhalang ketika akan mengurai cahaya secara utuh sehingga cahaya yang ditangkap menjadi parsial, kurang jelas dan kehilangan ketajaman.

  1. Lensa Mata Terlalu Tebal

Ketebalan lensa juga ikut andil sebagai penyebab katarak. Lensa menjadi super tebal apabila volume air dan protein didalamnya semakin banyak. Akibatnya, pandangan menjadi rabun seakan terhalang titik air dan awan. Semakin tebal lensa anda, pandangan akan juga semakin kabur.

CARA MENGOBATI KATARAK

Penyakit katarak harus segera diobati. Jika tidak, aktivitas anda seperti membaca, menulis, mengetik, menonton dan lain lain menjadi terganggu. Bukan itu saja, penyakit katarak yang dibiarkan juga bisa membuat fungi mata anda menjadi hilang secara permanen.

Berikut ini, kami list cara mengobati penyakit katarak baik yang berupa tehnik pengobatan medis ataupun pengobatan tradisional yang bisa dilakukan di rumah. Ini dia tehnik pengobatannya, yaitu :

  1. Konsultasi medis secepatnya jika dirasa gejala gangguan mata sudah bermunculan
  2. Melakukan cek mata secara rutin minimal enam bulan sekali.
  3. Operasi katarak dengan cara mengiris lensa sesuai stadium penyakit. Sedangkan sisanya dikeluarkan melalui tehnik hisap
  4. Jauhkan mata dari paparan matahari secara langsung
  5. Mengatur kadar gula darah atau diabet
  6. Sesuaikan pencahayaan di rumah anda dengan kondisi mata
  7. Membaca dengan bantuan kaca pembesar
  8. Jangan Menyetir di Malam hari
  9. Menggunakan tetes mata jika katarak masih stadium ringan.

Itulah pengertian, gejala, penyebab dan cara pengobatan penyakit katarak. Semoga artikel ini bisa menjadi tambahan ilmu yang kelak bisa anda jadikan sebagai pedoman motivasi untuk selalu membuat mata lebih sehat dan jernih.

Baca Juga : Pengertian Cacat Mata

The Author

ilmudasar

Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *