Pengertian, Jenis, Tujuan dan Fungsi Peta

Pengertian Peta : Jenis, Tujuan dan Fungsi Peta – Saat masih sekolah di SMP dan SMA, tentu anda pernah bertemu dengan mata pelajaran Geografi yang salah satu sub mapel yang dipelajari adalah peta.

Pengertian, Jenis, Tujuan dan Fungsi Peta

Pengertian, Jenis, Tujuan dan Fungsi Peta

Pertama kali yang diperlihatkan kepada siswa pada pelajaran ini adalah sebuah kertas yang cukup lebar bahkan seukuran papan tulis yang didalamnya bertuliskan gambar gambar berwarna disertai dengan nama nama tempat, laut, gunung dll. Kertas inilah yang dikenal dengan sebutan peta.

Katanya, salah satu fungsi diajarkannya tentang peta di sekolah sekolah adalah untuk memberikan pemahaman kepada siswa tentang batas batas suatu negara.

Baca Juga : Pengertian Interpretasi Citra

Selain itu, peta juga berfungsi untuk memberitahukan jumlah daerah baik yang berbentuk kota maupun desa dari suatu negara tertentu.

Nah, agar pemahaman tentang peta menjadi semakin jelas, pada artikel berikut ini kami akan menjabarkan secara detail dari segi pengertian, jenis dan tujuan dibuatnya sebuah peta.

Sedangkan Di akhir nanti, kami juga akan mencoba mengulas tentang fungsi fungsi dari peta.

PENGERTIAN PETA

Menurut pengertian bebasnya, peta adalah imitasi dari bentuk bumi. Biasanya, peta ditulis kedalam sebuah kertas plastik dengan berbagai ukuran. Semakin kecil media kertas yang digunakan, gambar bumi imitasi tersebut juga semakin kecil.

Untuk memasukkan gambar bumi yang teramat besar tersebut ke dalam selembar kertas plastik diperlukan penurunan ukuran. Biasanya penurunan ukuran ini dihasilkan dari perhitungan skala.

Artinya, gambar bumi di minimalkan terlebih dahulu baru dihitung dengan menggunakan perbandingan matematis untuk menentukan bentuk peta yang diinginkan.

Mengingat peta adalah representasi keilmuan tentang geografi, maka pesan kartografi ini harus jelas. Maka dari itu, di dalam sebuh peta harus tertulis nama nama kota, negara, sungai, laut, gunung dengan peletakan warna warna tertentu sebagai pembeda.

Nah kesimpulannya adalah peta merupakan gambar permukaan bumi yang ditulis pada bidang bidang datar seperti kertas dan plastik yang berisi nama nama negara, kota, desa, gunung, laut dan samudera yang sudah melalui proses pengecilan objek dengan menggunakan skala perbandingan tertentu demi tujuan untuk menginformasikan bumi sebagai kajian ilmu geografi.

JENIS JENIS PETA

Ada banyak sekali jenis peta yang dikategorikan menurut dasar pembuatannya. Dari sekian banyak jenis peta, ada tiga garis besar yang perlu diketahui dan dipelajari bersama.

Yaitu jenis peta menurut isi, bentuk dan hitungan skala. Nah, para uraian selanjutnya, kami akan menjelaskan secara detail tentang ketiga jenis peta tersebut.

A). Jenis Peta Menurut Isi

Jenis  peta menurut isi terbagi menjadi dua yaitu peta umum dan peta khusus.

1. Peta umum

Peta umum adalah peta yang menjelaskan tentang seluruh alam semesta dengan bentuk maket gambar permukaan bumi yang menyeluruh. Pada jenis peta umum masih terbagi lagi menjadi tiga jenis peta yaitu peta dunia, peta topografi dan peta korografi.

  • Peta Dunia

Peta dunia adalah peta yang berisi bentuk bumi lengkap dengan posisi daerah, nama nama geografis terdekat yang digarap dengan skala tertentu.

  • Peta Topografi

Peta topografi ialah peta yang menggambarkan permukaan bumi lengkap dengan relief sederhana yang berhubungan dengannya.

  • Peta Korografi

Peta korografi adalah peta yang menggambarkan bumi dengan cukup kecil sehingga yang terpotret terkadang tidak menyeluruh atau memang sengaja mengangkat sebagiannya saja dari bentuk dunia.

2. Peta Khusus

Peta khusus adalah jenis peta yang hanya menggambarkan sebagian saja dari permukaan bumi.

Biasanya peta ini dibuat untuk menjelaskan permasalahan tertentu yang berhubungan dengan geografis pada satu dua daerah saja. Contoh,  untuk keperluan informasi cuaca di daerah jawa timur, maka peta yang ditunjukkan hanya gambaran di daerah Jawa Timur saja bukan di daerah yang lain.

B). Jenis Peta Menurut Bentuk

Jenis peta menurut bentuk ialah jenis peta yang dibedakan dari segi bentuk media penyampaiannya. Pada umumnya jenis peta menurut bentuk dibagi menjadi tiga, yaitu :

  • Peta Digital

Peta digital adalah gambaran permukan bumi yang dibuat dengan menggunakan sarana digital seperti komputer dan desain grafis.

  • Peta Relief

Peta relief yang juga disebut peta timbul memiliki arti jenis peta yang berhasil menggambarkan bumi sama dengan bentuk aslinya. Hanya bentuknya lebih kecil dibandingkan aslinya akibat sudah dihitung melalui sistem skala.

  • Peta Datar

Peta datar adalah gambaran bumi yang ditulis pada bidang datar seperti kertas plastik, papan tulis dari kayu, kaca hias dan lain lain.

C). Jenis Peta Menurut Skala

Jenis peta menurut skala adalah jenis peta yang dilihat dari segi ukurannya. Maka dari itu, untuk jenis peta ini bisa dikategorikan menjadi peta super besar ( kadaster ), peta besar, peta menengah ( medium ) dan peta kecil.

TUJUAN DAN FUNGSI PETA

Peta dibuat tidak didasarkan pada keisengan belaka. Apalagi sampai peta dianggap karya design yang hanya identik dengan estetika saja. Padahal, peta memiliki tujuan dan fungsi tertentu. Terutama tujuan dan fungsi yang berhubungan dengan geografi.

1. Tujuan Peta

  • menerangkan suatu daerah dengan gambar
  • Sebagai Media informasi tentang suatu wilayah
  • Sebagai perangkat menganalisis data geografis
  • Panduan untuk desain awal Proyek Pembangunan dan sarana sarana

2. Fungsi Peta

  • Untuk Menjelaskan tentang batas wilayah
  • Mempermudah cara menghitung luas wilayah
  • Agar mengetahui bentuk bumi dan semesta
  • Sebagai Sumber data yang Valid

Itulah definisi peta yang kami rangkai dengan jenis, tujuan dan fungsi pembuatannya. Semoga ada manfaatnya untuk kita semua.

Baca Juga : Pengertian Wilayah

The Author

ilmudasar

Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *