Pengertian Prakarya dan Wirausaha

Diposting pada

Pengertian Prakarya dan Wirausaha – Anda tentu pernah mendengar istilah prakarya. Nah ulasannya akan menjadi narasi artikel kami kali ini. Untuk memadatkan materi, kami juga sertakan penjelasan tentang pengertian kewirausahaan. Termasuk di dalamnya definisi tentang wira usaha.

Pengertian Prakarya dan Wirausaha
Pengertian Prakarya dan Wirausaha

Pengertian Prakarya

Prakarya terbangun dari dua istilah. Yaitu Pra dan karya. Keduanya memiliki makna etimologi belum dan hasil kerja. Kalau menurut definisi di atas, pra karya adalah sebuah hasil kerja yang belum jadi.

Bisa juga hasil pekerjaan yang belum final. Bentuknya masih bahan mentah. Yang dalam istilah kerennya disebut proof of concept.

Sedangkan menurut arti lebih luas, prakarya adalah keterampilan hasta karya. Di dalamnya termuat tentang kerajinan tangan, keterampilan tangan dan semacamnya.

Bahan yang digunakan terbagi menjadi dua. Bisa membeli bahan yang dijual di pasar. Bisa juga dengan memanfaatkan limbah serta bahan bekas pakai.

Prakarya sangat penting untuk dipelajari. Karena dengannya pengembangan bakat dan kreativitas akan muncul. Sehingga berbagai karya hasil inovasi baru akan terus mengalir.

Karena ini selaras dengan filosofi prakarya yaitu pengolahan. Artinya, di dalam aktivitas ini ada proses pembuatan dan penciptaan produk yang berkelanjutan.

Memang, prakarya masih belum mendapat pemasaran ideal. Sehingga penyebarannya tidak terlalu maksimal. Sebagian besar konsumen untuk hasil prakarya adalah orang-orang tertentu termasuk si pembuat sendiri. Maka dari itu, kualitas bukan ukuran yang penting, asal bentuk dasar karya sudah terlihat.

Manfaat Prakarya

Manfaat prakarya sangat banyak terutama bagi anak. Dengannya kecerdasan lebih meningkat. Sekaligus meningkatkan motorik halusnya.

Jika skill ini dikembangkan terus menerus, tentu kebergunaannya lebih besar. Bahkan masa depan anak lebih cerah dan progresif. Apalagi benda hasil prakarya dibutuhkan oleh masyarakat. Sehingga daya jualnya masih lumayan tinggi.

Selain meningkatkan kerja otak kiri, prakarya juga menyeimbangkan antara dua otak. Yaitu otak kiri dan otak kanan. Otak kiri atau otak logis, lebih mengacu pada teknis.

Bisa juga disebut otak dengan kemampuan kuantitatif. Otak ini akan berfungsi ketika anak berpikir tentang teknik dan langkah membuat prakarya.

Sedangkan otak kanan identik dengan keindahan atau seni. Bisa disebut otak kanan adalah otak yang berpikir kualitatif atau kualitas benda.

Jika kedua otak ini seimbang, tentu anak lebih bisa mengatur emosi dan sabar. Akhirnya hasil prakarya lebih rapi dan indah. Berikut beberapa manfaat prakarya yang lebih detil yaitu:

  • Menumbuhkan sifat inovatif dan kreatif.
  • Meningkatkan kemampuan motorik halus.
  • Melatih skill atau keterampilan sejak kecil
  • Melatih sebuah kesabaran dan berpikir praktis.
  • Menyeimbangkan otak kanan dan kiri.

Pengertian Kewirausahaan

Kewirausahaan identik dengan Entrepreneur. Sedangkan definisi singkatnya ialah proses kemanusiaan ketika menghasilkan keuntungan. Sebuah teknik yang berkaitan dengan tindakan kreatif untuk menciptakan peluang serta inovatif dalam mengelola sebuah usaha.

Dengan proses tersebut, pekerjaan (usaha) berhasil dilakukan dengan cepat dan bebas masalah. Selain itu, hasil pekerjaan lebih bagus sehingga bisa mendatangkan laba besar.

Ada dua unsur penting bagi tercapainya kewirausahaan. Yaitu, unsur kreatif dan inovatif. Kreatif adalah kemampuan untuk melahirkan produk-produk baru berkualitas tinggi yang berbeda dalam satu benda yang sama. Sedangkan inovasi kemampuan kreatif dalam melahirkan produk yang berbeda.

Pengertian Kewirausahaan Menurut Ahli

  1. Peter F Drucker

Menurut Drucker, Kewirausahaan adalah kemampuan seseorang. Kemampuan yang dimaksud ialah, kreativitas dan inovasinya ketika melahirkan produk baru yang berbeda.

  1. Arif F. Hadipranata

Sedangkan menurut Hadipranata, kewirausahaan diartikan sebagai sosok peresiko dalam bisnis. Maka dari itu, orangnya dibutuhkan untuk pengelolaan manajemen bisnis demi keuntungan atau laba.

  1. Thomas W Zimmerer

Kewirausahaan menurut Zimmerer identik dengan penerapan kreativitas dan keinovasian seseorang. Di dalamnya mencakup tentang kemampuan memanfaatkan peluang yang muncul dalam kehidupan.

Pengertian Wirausaha

Istilah wira usaha diambil dari dua kata. Yaitu kata Wira dan kata Usaha. Keduanya memiliki makna Sendiri dan Usaha. Jadi dari definisi etimologi ini, wira usaha bermakna usaha sendiri.

Wira usaha merupakan unsur kewirausahaan. Namun bukan asal orang, melainkan insan yang memang kreatif dan inovatif dalam menjalankan usahanya.

Menurut pengertian umum, wira usaha bisa dimaknai sebagai orang yang berani mengambil resiko. Salah satunya adalah kemantapan jiwa untuk menjalankan usaha secara mandiri.

Semua aktivitas pekerjaannya dilakukan secara teliti dan akurat. Tujuannya adalah untuk mengembangkan usaha menjadi lebih menghasilkan.

Demikian pengertian atau definisi prakarya dan kewirausahaan. Keduanya memiliki keterkaitan yang tidak bisa dipisahkan. Singkatnya, dua istilah di atas bisa disebut hubungan antara barang dengan teknik penjualannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.