Pengertian Pramuka : Sejarah dan Manfaat

Pengertian Pramuka : Sejarah dan Manfaat Pramuka – Pramuka adalah aktivitas positif. Terutama dilakukan oleh siswa.

Pengertian Pramuka : Sejarah dan Manfaat

Pengertian Pramuka : Sejarah dan Manfaat

Bahkan, semua hierarki pendidikan, dari SD hingga perguruan tinggi, akan mewajibkan siswa dan mahasiswanya untuk beraktivitas pramuka.

Spesialnya lagi, pramuka dijadikan ekstra kurikuler wajib di sebagian besar sekolah.  Pertanyaannya adalah apakah pramuka dan bagaimana sejarahnya?

Pengertian Pramuka dan Sejarah Pramuka

Untuk menjawab pertanyaan di atas, berikut ini kami jabarkan pengertian pramuka serta sejarah munculnya kegiatan pramuka. Sedangkan di akhir nanti kami sertakan manfaatnya yang menjadikan kegiatan pramuka layak diajarkan.

Pengertian Pramuka

Pramuka adalah singkatan dari Praja Muda Karana. Sebuah organisasi kepanduan milik Indonesia. Di dalamnya dibangun sinergi yang baik untuk membelajarkan kepramukaan dan segala pernak-perniknya.

Kegiatan kepramukaan berjalan sesuai anggaran dasar pramuka. Di dalamnya juga dituliskan kode kehormatan pramuka. Kode ajar dan latih yang disesuaikan dengan tingkatan usia dan kondisi tubuh jiwa.

Menurut pengertian khusus, antara pramuka, kepramukaan dan kegiatan kepramukaan adalah definisi berbeda.

Menurut definisi ini, Pramuka merupakan orang-orang yang memiliki jiwa muda nan kreatif.

Mereka selalu berpikir paradigmatik tentang masa depan. Sedangkan kepramukaan adalah kegiatan yang dilakukan oleh orang-orang tadi (pramuka). Maka dari itu di dalam kepramukaan ada aktivitas tolong menolong, latih kecakapan yang dikemas dengan menarik.

Gerakan Pramuka juga dimaknai berbeda. Menurutnya gerakan pramuka adalah lembaga.

Sekretariat yang menaungi seluruh anggota pramuka dalam menyelesaikan masalah kepramukaan. Di sinilah dikenal istilah gugus depan, kwartir daerah dan lain sebagainya.

Sejarah Pramuka

Untuk rilis sejarah pramuka, kami sorot dari dua historis awal kepramukaan. Yaitu sejarah pramuka di dunia yang disebut kepanduan dan sejarah awal munculnya pramuka di Indonesia.

Dengan rilis ini, masyarakat akan lebih tahu tentang sejarah pramuka. Sebuah edukasi yang full tidak parsial. Sehingga ada motivasi untuk ikut mempelajari dan berkecimpung di dalamnya.

  • Sejarah Pramuka Dunia

Aktivitas pramuka atau kepanduan dunia pertama kali diperkenalkan oleh Lord Baden Powel.

Beliau merupakan mantan tentara yang sangat menyukai adventures terutama petualangan di alam.  

Saking senangnya bermain di alam, Baden Powell suka membangun kemah di tengah hutan.

Karena progresnya bagus untuk mental, maka dia mempublikasikannya sehingga mendapat kesempatan membuka kemah pertama internasional di Inggris pada tahun 1 Agustus 1907. Tanggal ini pula dijadikan hari jadi kepramukaan internasional.

  • Sejarah Pramuka di Indonesia

Sedangkan sejarah pramuka di Indonesia bisa dilihat di Kepres RI No. 112 Tahun 1961 yang dikeluarkan pada tanggal 5 April 1961. Di sini dijelaskan tentang rilis panitia pembantu pembentukan kegiatan pramuka di Indonesia.

Akhirnya gerakan pramuka diresmikan dan dipublikasikan pada tanggal 14 Agustus 1961 saat presiden Soekarno mengeluarkan panji gerakan pramuka sesuai kepres di atas. Maka dari itu, tanggal 14 agustus selalu menjadi hari jadi kepramukaan di Indonesia.

Manfaat-Manfaat Pramuka

Progres pramuka begitu tinggi tidak lain akibat manfaat positif kegiatan pramuka.

Faedah yang menjadikan siswa layak memegang kepemimpinan di masa depan. Makanya, jika ingin generasi muda menjadi terampil, kreatif dan bermoral, kegiatan pramuka adalah solusi yang tepat.

  • Menjadi Pribadi Mandiri

Semua kegiatan kepramukaan terutama berkemah dilakukan sendiri oleh anggota pramuka.

Itu artinya, mereka berlatih hidup secara mandiri. Tanpa tergantung pada lingkungannya. Termasuk bergantung kepada orang tua, saudara, asisten rumah tangga dan lain-lain.

  • Melatih Kedisiplinan

Di dalam kegiatan pramuka, semua aktivitas diatur sesuai tata tertib. Bahkan waktu mengerjakan tugas hingga disiplin berpakaian juga ditegakkan. Jika melanggar tatib, mereka mendapatkan tindakan tegas.

  • Latihan Jiwa Kebersamaan dan Gotong Royong

Semua aktivitas perkemahan membutuhkan kerja sama. Bahkan, satu tenda diisi beberapa anggota. Tentu harus ada interaksi di sana. Jika ada teman sakit, semua anggota harus merawat.

Selain itu pembagian jadwal memasak, berjaga, mencuci juga digarap bersama-sama.

Baca Juga : Pengertian Gotong Royong

  • Meningkatkan Kepedulian

Kegiatan kepramukaan mengajarkan kepedulian tinggi. Karena di dalamnya ada kegiatan bakti sosial, amal sosial hingga merawat kawan yang sakit. Sumber dana hasil dari urunan setiap anggota.

Dengan kegiatan ini, tentu sifat sosialis generasi muda semakin terlecut. Jiwa luhur yang amat bagus jika dipegangnya sampai ia terjun ke lingkungan masyarakat.

  • Mencintai Alam

Manfaat kegiatan kepramukaan selanjutnya adalah mencintai alam. Setiap perkemahan pasti dilakukan di alam.

Dari sini diharapkan anggota bisa berinteraksi secara langsung dengannya. Menikmati pemandangan dan merenungkan fungsi alam bagi kehidupan.

Baca Juga :

Dari sini diharapkan ada perasaan cinta generasi muda terhadap alamnya. Sehingga  mereka peduli bahkan enggan untuk merusaknya.

Itulah pengertian, sejarah dan manfaat pramuka. Dengannya menjadi layak kegiatan ini diajarkan. Karena efeknya luar biasa. Positif serta meningkatkan sikap generasi muda ke arah lebih baik.

The Author

ilmudasar

Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..