Pengertian dan Rasul Yang Memperoleh Gelar Ulul Azmi

Pengertian dan Rasul Yang Memperoleh Gelar Ulul Azmi – Jika Anda sering mendengar istilah Ulul Azmi dan tidak memahaminya. Berikut merupakan penjelasan lengkapnya.

Pengertian dan Rasul Yang Memperoleh Gelar Ulul Azmi

Pengertian dan Rasul Yang Memperoleh Gelar Ulul Azmi

Pengertian Ulul Azmi

Ulul Azmi adalah gelar dengan kedudukan yang sangat istimewa di hadapan Allah SWT.

Ulul Azmi sendiri berasal dari bahasa Arab, yaitu “Ulu al-Azmi”, yang mana merupakan sebuah gelar khusus yang diberikan kepada Nabi dan Rasul terpilih yang memilihi kesabaran dan ketabahan yang sangat besar ketika menyebarkan agama Tauhid.

Sementara itu, nabi-nabi yang menerima Gelar Ulul Azmi juga memiliki beberapa ciri khusus diantaranya adalah :

  • Memiliki kesabaran dan ketabahan yang sangat besar
  • Memperoleh pengiktirafan dari Allah SWT
  • Memiliki keazaman yang tinggi selama melakukan dakwah
  • Senantiasa memohon kepada Allah SWT agar umatnya tidak dijatuhi Azab
  • Senantiasa memohon kepada Allah SWT agar umatnya selau diberi hidayah.

Siapa Saja Rasul yang Menerima Gelar Ulul Azmi?

Tidak semua utusan Allah SWT menerima gelar Ulul Azmi. Terdapat 5 nabi yang berhak menerima gelar Ulul Azmi sesuai dengan yang tercantum pada QS. Al-Ahzab ayat 7, yang mana bunyinya adalah :

“Dan (ingatlah) ketika Kami mengambil perjanjian dari nabi-nabi dan dari kamu (Muhammad), dari Nuh, Ibrahim, Musa, dan Isa putra Maryam, dan Kami telah mengambil dari mereka perjanjian yang teguh.”

Berikut 5 nabi dan rasul yang mendapat kehormatan untuk memperoleh gelar tersebut.

  • Nabi Musa

Kisah antara Nabi Musa dan Fir’aun sangat populer di kalangan masyarakat. Ketika sedang menyebarkan agama Islam, Nabi Musa mendapat tantangan untuk membagikan dakwah kepada Fir’aun.

Ketika itu, Nabi Musa menunjukkan mukjizat dengan membelah lautan menggunakan tongkat yang dimilikinya, serta mengubah tongkat tersebut menjadi ular. Namun, Fir’aun yang menyaksikan hal tersebut masih juga tidak taat.

Fir’aun yang merasa terancam akan keberadaan Nabi Musa yang menyebarkan ajaran Allah SWT akhirnya memutuskan untuk bertarung dengan Nabi Musa. Kemenangan akhirnya dicapai oleh Nabi Musa.

Berbagai cara dilakukan oleh Nabi Musa untuk menyebarkan agama Tauhid dan pada akhirnya Nabi Musa memperoleh gelar Ulul Azmi atas kegigihan dan kesabarannya.

Sementara itu, Nabi musa juga memperoleh mukjizat penting berupa diturunkannya kitab Taurat yang berisi ajaran pokok 10 perintah dari Allah SWT. Kitab ini dikenal juga dengan sebutan kitab perjanjian lama.

  • Nabi Nuh

Pada zaman tersebut, Nabi Nuh merupakan salah satu nabi yang dengan gigih dan sabar menyebarkan dakwah agama Islam meskipun banyak orang yang tidak percaya dan menolak ajaran tersebut.

Hingga pada suatu titik, Nabi Nuh diberi peringatan berupa banjir besar yang akan menimpa banyak orang.

Allah memerintahkan Nabi Nuh untuk membuat sebuah kapal raksasa yang mampu menampung umat manusia.

Ketika peringatan tersebut Nabi Nuh sampaikan kepada banyak orang, tidak ada yang percaya kepadanya dan justru mencemoohnya.

Pada akhirnya, banjir besar benar-benar terjadi pada musim kemarau dan menenggelamkan orang-orang yang tidak percaya akan peringatan Allah.

  • Nabi Ibrahim

Cerita mengenai Nabi Ibrahim sudah sering terdengar. Meskipun seringkali tertimpa ujian, Nabi Ibrahim juga dikenal karena mendapat banyak mukjizat dari Allah.

Beberapa mukjizat yang terkenal adalah pembangunan Ka’bah di kota Mekkah, serta mukjizat dalam wujud selamat dari kobaran api.

Ketika itu, Nabi Ibrahim tidak terima terhadap orang-orang yang meyembah berhala raja Namruj. Karena sikapnya yang melawan raja, maka ia dibakar hidup-hidup.

Namun Allah SWT memberikan mukjizat dengan menyelamatkannya dari kobaran api tersebut.

  • Nabi Isa

Selanjutnya, terdapat Nabi Isa yang telah memperoleh banyak mukjizat. Nabi Isa merupakan putra dari Siti Maryam yang dilahirkan tiba-tiba ketika Siti Maryam masih belum memiliki suami.

Ketika itu, banyak orang yang curiga dan mencemooh Siti Maryam. Lalu, Nabi Isa yang ketika itu masih bayi tiba-tiba berbicara dan menjelaskan hal yang sebenarnya terjadinya.

Selain itu, Nabi Isa juga memperoleh berbagai mukjizat lain mulai dari mengubah tanah liat menjadi seekor burung, menyembuhkan berbagai penyakit seperti kebutaan, menghidupkan orang yang telah meninggal, selamat dari penyaliban, hingga diturunkannya kitab Injil yang merupakan pedoman hidup bagi umat Islam ketika masa itu.

  • Nabi Muhammad

Sebagai nabi terakhir umat Islam, Nabi Muhammad paling banyak memperoleh ujian dibandingkan nabi lain.

Namun, Nabi Muhammad juga memperoleh banyak mukjizat dari Allah SWT.

Beberapa mukjizat yang diberikan kepada Nabi Muhammad diantaranya adalah diturunkannya kitab suci Al-quran kepada Nabi Muhammad sebagai pedoman hidup dari manusia, serta kemampuan mengeluarkan air dari sela-sela jari Nabi Muhammad.

Baca Juga :

Selain itu, Nabi Muhammad sebagai rasul terakhir juga berperan dalam menyempurnakan ajaran-ajaran Islam.

Itu dia pengertian dari Gelar Azmi dan 5 orang nabi yang memperoleh gelar tersebut. Semoga penjelasan ini memberikan manfaat bagi Anda.

The Author

ilmudasar

Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..