Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Pengertian Jenis Dan Proses Tahapan Siklus Karbon

Pengertian Jenis Dan Proses Tahapan Siklus Karbon – Pergerakan sebuah karbon dari area ke area lainnya ini merupakan dasar dari siklus karbon.

Pengertian Jenis Dan Proses Tahapan Siklus Karbon

Pengertian Jenis Dan Proses Tahapan Siklus Karbon

Karbon ini memiliki peran yang sangat penting sekali untuk kehidupan dibumi. Yang sudah anda ketahui bahwa karbon ini terdapat pada semua jenis makhluk hidup, karbon dihasilkan dari sumber alami dan buatan manusia.

Siklus karbon yaitu sebuah aliran karbon melalui berbagai bagian sistem dibumi ini bisa melalui tumbuhan, hewan, dan manusia terjadi secara alami.

Baca Juga :

Siklus karbon ini merupakan daur biogeokimia adalah salah satu siklus alam yang melibatkan aspek kehidupan, bumi dan kimia didalam proses perputaran siklusnya.

Pengertian siklus karbon

Siklus karbon ini memiliki peran penting didalam proses pemanfaatan co2, yang ada di udara. Ini memiliki beberaparapa manfaat untuk keperluan fotosintesis tumbuhan serta pembentukan co2 kembali. Co2 atau karbondioksida ini adalah gabungan dari 1 molekul karbon serta 2 molekul oksigen.

Gas yang digunakan dalam menyusun ini ditemukan dalam jumlah yang sedikit kurang lebih 0,03%. Co2 yang ada diatmosfer ini berbanding terbalik dengan banyaknya tumbuhan hijau, yang ada diwilayah tersebut. Dan bagaimanapun juga co2 yaitu komponen utama dalam proses fotosintesis tumbuhan.

Sumber penyumbang karbon

Siklus karbon ini diawali dengan pembentukan karbon (co2) diudara, co2 ini bisa terbentuk karena adanya 2 hal yakni:

Karena aktivitas organisme

Misalnya saja: respirasi mahluk hidup, dekomposisi makhluk hidup yang sudah mati. Sumber karbon yang ada dibumi sangat melimpah sekali, respirasi ini akan menghasilkan senyawa karbon atau co2.

Dan penggunaan bahan bakar fosil dapat juga menghasilkan karbon, tidak hanya itu co2 di udara juga dimanfaatkan tumbuhan untuk melakukan proses fotosintesis.

Dan hasil proses ini yaitu terbentuknya oksigen, oksigen ini merupakan zat yang dihasilkan kemudian digunakan untuk bernafas bagi manusia serta hewan.

Didalam proses pernafasan pada manusia ini akan menghasilkan h2 dan co2. Setelah itu co2 akan dimanfaatkan lagi oleh tumbuhan, lalu berulang kembali dan seterusnya. Fotosintesis dan respirasi dari makhluk hidup ini menjadi salah satu sumber terbentuknya co2 atau karbondioksida.

Sedangkan kadar dari co2 dan o2 dibumi ini dipengaruhi oleh beberapa aktivitas fotosintetik. Tentu saja semakin banyaknya populasi makhluk hidup seperti manusia serta hewan.

Maka ini akan membutuhkan karbon di udara semakin banyak atau meningkat. Salah satu cara untuk menjaga karbon dioksida diudara yakni dengan menanam tumbuhan.

Siklus karbon sederhana dan singkat pada mahluk hidup

Siklus yang satu ini terjadi karena ada proses dari 2 langkah, yang meibatkan fotosintesis serta respirasi.  Tanaman akan mengalami fotosintesis pada siang hari dengan menghirup karbondioksida, setelah itu melepaskan oksigen (o2) dan zat gula.

Lalu makhluk hidup manusia dan hewan akan menghirup oksigen dan mengeluarkan co2 karbondioksida, yang akan kembali pada tumbuhan. Yang perlu anda diketahui bahwa tumbuhan saat malam hari akan melakukan hal sebaliknya.

Yaitu dengan menyerap oksigen kurang dari ½ oksigen dan mengeluarkan karbondiokasida. Berikut ini kami akan berikan penjelasan siklus karbon yang terkjadi karena organisme.

Fotosintesis

Terjadinya fotosintesis ini, maka tumbuhan akan menggunakan energi radiasi matahari yang digunakan untuk mengubah air atau karbondioksida menjadi karbohidrat. Photosynthetic acid radiation (par) inilah yang menjadi salah satu proses fotosintesis pada tanaman yang memanfaatkan radiasi cahaya matahari.

Didalam proses inilah tumbuhan atau pohon akan mengubah energi radiasi dari sinar matahari menjadi energi kimia. Ini akan ditangkap oleh ikatan molekul karbon yang bisa didapatkan dari gas co2.

Dan proses fotosintsis yang terjadi pada tanaman akan menghasilkan senyawa glukosa yang mengandung c6h12o6. Tumbuhan akan menggunakan sumber energi pada molekul karbon untuk bisa tumbuh berkembang, bertahan hidup serta berkembang biak.

Respirasi

Respirasi yang ada pada tumbuhan ini merupakan kebalikan dari fotosintesis yakni sebuah proses penguraian bahan makanan, yang akan menghasilkan energi. Dan proses inilah terjadi di stomata atau mulut daun.

Karena melalui stomata maka tumbuhan ajan menyerap oksigen mengeluarkan atau menghasilkan co2 (karbondioksida). Hal ini memiliki tujuan untuk mendapatkan energi, dan respirasi ini terdapat pada tumbuhan tingkat rendah dan tumbuhan tingkat tinggi. Untuk respirasi yang terjadi pada manusia dan hewan yakni suatu proses mulai dari pengambilan oksigen, hingga pengeluaran sisa berupa karbondioksida serta uap air.

Dan untuk menghasilkan energi adenosin tri phosphat (atp) dalam reaksi kimia oksigen diperlukan oleh semua sel sel tubuh. Manusia akan bernafas dengan menghirup oksigen dalam udara bebas lalu akan membuang co2.

Aktivitas alam

Lalu ada juga contoh dari aktivitas alam ini terdiri dari kebakaran hutan dan erupsi vulkanik karena dari aktivitas gunung merapi. Gunung tersebut akan mengeluarkan larva ini akan menjadi salah satu sumber karbon bumi.

Baca Juga :

Segala aktivitas diatas itu menjadi salah satu contoh sumber co2 diudara, yang bisa menyebabkan efek rumah kaca. Semoga artikel pengertian jenis dan proses tahapan siklus karbon pada kesempatan kali ini bisa bermanfaat untuk kita semua.

The Author

ilmudasar

Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ilmu Pengetahuan Dasar © 2018