Pengertian dan Contoh Slogan

Pengertian Slogan : Contoh Slogan – Tahukah anda apa itu slogan? Tentu kita sering menemukan slogan, baik melalui media sosial, elektronik, maupun juga media cetak yang mana di dalam slogan tersebut berisi sebuah gagasan, ide, atau sebuah tujuan yang biasanya diulang-ulang mengenai penjelasan atau juga pemberitahuan untuk melakukan sesuatu.

Pengertian dan Contoh Slogan

Pengertian dan Contoh Slogan

Di dalam penulisan slogan, kalimat yang ditulis harus sependek mungkin namun tetap memiliki arti atau pesan yang menonjol.

Selain itu, bagi anda yang menulis slogan, maka anda harus memastikan bahwasanya kalimat anda tersebut benar-benar menarik agar supaya mampu mengajak orang lain untuk membiasakan diri melakukan seperti apa yang terkandung di dalam pesan selogan anda.

Kali ini kami akan memberikan informasi mengenai seperti apa pangertian dan contoh slogan agar supaya anda mengetahui bahwa ada beberapa ketentuan yang harus anda perhatikan ketika anda membuat sebuah selogan.

Pengertian Slogan

Mungkin slogan bisa didefinisikan sebagai serangkaian kata yang disusun secara singkat yang memang dibuat menarik serta mudah diingat yang mana di dalam slogan tersebut berisikan informasi mengenai sebuah ajakan, nasehat, penjelasan, untuk melakukan atau membiasakan diri melakukan sesuatu.

Biasanya slogan yang ditulis berisi mengenai sebuah ide atau gagasan yang disusun oleh seseorang atau kelompok dengan menggunakan diksi yang menarik dan mudah untuk diingat oleh semua orang yang membacanya.

Ciri-ciri Slogan

Tentu saja ada beberapa ciri dari slogan yang harus anda ketahui yang mana ciri-ciri tersebut membedakan slogan dengan istilah yang lainnya.

Salah satu ciri yang ada pada slogan adalah ia memiliki sebuah kalimat atau rangkaian kata yang sangat menarik dan mudah untuk diingat oleh siapapun yang membacanya.

Selain itu, slogan biasanya menggunakan sebuah frase atau motto yang isinya mudah untuk ditangkap oleh siapapun yang membacanya sehingga tidak sampai membuat orang bertanya-tanya mengenai maksud dari slogan tersebut.

Slogan bisa digunakan dalam berbagai konteks atau tema, seperti misalnya politik, agama, lingkungan, budaya, keluarga, dan lain sebagainya.

Yang terpenting dari penulisan sebuah slogan adalah anda harus bisa menggunakan diksi yang tepat dan kemudian menyusunnya semenarik mungkin.

Dan juga anda harus mampu membuat sebuah kalimat yang mudah dipahami dan diingat oleh siapapun yang membaca slogan anda.

Tujuan Slogan

Sebenarnya tujuan slogan tidak jauh berbeda dengan sebuah teks berita maupun juga teks iklan yang sering anda temukan. Beberapa tujuan dari slogan antara lain:

  • Untuk mengubah pola berpikir masyarakat terhadap sebuah fenomena
  • Untuk menyampaikan sebuah informasi
  • Untuk menghimbau masyarakat
  • Untuk mempengaruhi seseorang agar melakukan atau tidak melakukan sesuatu
  • Slogan juga bertujuan untuk memberikan motivasi kepada masyarakat agar mereka mampu melakukan sesuatu

Contoh Slogan

Setelah kami menjelaskan mengenai pengertian dan juga contoh slogan, maka di bawah ini kami akan memberikan contoh kepada anda semuanya mengenai seperti apa contoh slogan yang mungkin bisa anda jadikan sebagai sebuah bahan referensi di dalam pembuatan slogan sesuai dengan tema atau konsep yang anda inginkan.

1. Slogan Pendidikan

Dari namanya  saja mungkin anda sudah tahu bahwasanya slogan yang akan kami berikan contoh di bawah ini ada kaitannya dengan dunia pendidikan.

Adapun tujuan dari slogan pendidikan adalah untuk memberikan motivasi atau ajakan kepada para peserta didik agar mereka lebih giat dan termotivasi lagi untuk belajar dengan rajin atau untuk menuntut ilmu guna menjadi pribadi yang bermanfaat di masa yang akan datang.

  • Buku adalah jendela ilmu. Mari membiasakan membaca!
  • Kegagalan adalah guru yang terbaik
  • Kegagalan merupakan sebuah keberhasilan yang tertunda
  • Ilmu merupakan harta yang paling berharga dan tiada tara
  • Belajar dengan tekun, agar nanti tua tidak melamun
  • Tidak ada yang kekal di dunia ini, kecuali ilmu

2. Slogan Kesehatan

Slogan kesehatan berisi informasi mengenai ajakan kepada masyarakat untuk membiasakan diri melakukan sesuatu atau untuk menghindari sesuatu yang memang dianggap berbahaya di dalam dunia kesehatan.

Beberapa contoh dari slogan yang bertema kesehatan antara lain seperti di bawah ini:

  • Kebersihan itu sebagian dari iman
  • Buanglah sampah pada tempatnya
  • Merokok membunuhmu!
  • Merokok adalah awal dari penyakit
  • Lingkungan kotor, awal dari penyakit
  • Menjaga lingkungan, sama dengan menjaga rumah kita

3. Slogan Lingkungan

Sebenarnya untuk slogan lingkungan di sini tidak jauh berbeda dengan slogan kesehatan karena terkadang keduanya saling berhubungan satu dengan yang lainnya.

Adapun beberapa contoh dari slogan lingkungan akan kami berikan di bawah ini:

  • Hijaulah alam, lestarikan lingkungan.
  • Reboisasi solusi penangkal longsor
  • Penggundulan hutan, penyebab utama longsor
  • Mari menjaga alam, demi anak cucu kita!

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan kepada anda mengenai seperti apa pangertian dan contoh slogan. Semoga bermanfaat.

The Author

ilmudasar

Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..