Pengertian Teori Swot : Penerapan Dalam Periklanan

Pengertian Teori Swot : Penerapan Dalam Periklanan – Dalam menjalankan bisnis agar berjalan lancar harus diperhatikan beberapa aspek.

Pengertian Teori Swot : Penerapan Dalam Periklanan

Pengertian Teori Swot : Penerapan Dalam Periklanan

Salah satu yang dapat membuat bisnis dikenal oleh banyak orang yaitu dengan meningkatkan teknik marketingnya.

Salah satu caranya bisa dengan mempromosikan bisnis yang kita miliki dengan memasukannya di perusahaan periklanan.

Ada banyak perusahaan periklanan ang dapat membantu membuatkan iklan untuk bisini kita.

Perusahaan periklanan yang baik dan benar selalu memperhatikan analisis SWOT dalam membangun usahanya tersebut.

Analisis SWOT melibatkan diskusi tentang kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang mungkin dihadapi oleh perusahaan periklanan.

Pengertian Teori SWOT

SWOT adalah singkatan dari Strenghts, Weaknesses, Opportunities, dan Threats dimana SWOT merupakan metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi dari segi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman dalam suatu usaha yang dijalankan dalam suatu bisnis.

Menurut Harisson yang dimaksud dengan teori SWOT adalah penyelidikan terhadap kekuatan dan kelemahan organisasi, peluang pertumbuhan dan perbaikan organisasi dan ancaman lingkungan eksternal yang ada agar organisasi dapat bertahan.

Dalam penerapannya, teori SWOT juga memiliki faktor internal dan juga eksternal. Penjabaran lebih lanjut mengenai faktor internal dan eksternal di dalam SWOT yaitu :

  1. Strenghts yang artinya kekuatan yang dimiliki dari suatu organisasi. Mengacu pada berbagai faktor internal yang mendukung organisasi untuk mencapai tujuannya.
  2. Weakness yang artinya kelemahan yang dimiliki dari suatu organisasi. Mengacu pada berbagai faktor internal yang dapat menjadi hambatan untuk mencapai tujuan dalam sebuah organisasi.
  3. Opportunities yang artinya peluang yang dimiliki dari suatu organisasi. Mengacu pada berbagai faktor eksternal yang memberikan keuntungan dari organisasi yang dijalankan.
  4. Threats yang artinya ancaman yang dimiliki dari suatu organisasi. Mengacu pada berbagai faktor eksternal yang dapat menyebabkan masalah yang timbul di dalam organisasi.

Faktor-faktor tersebutlah yang mendukung atau tidaknya target untuk mencapai tujuan tersebut. Teori SWOT dapat diterapkan dengan cara menganalisis dan memilah berbagai hal yang mempengaruhi kekuatan, kelemahan peluang dan ancaman.

Sehingga pengaplikasian SWOT adalah bagaimana kekuatan (strenghts) dapat mengambil keuntungan dari peluang (opportunities) yang ada, bagaimana cara mengatasi kelemahan (weakness) yang mencegah keuntungan dari peluang (opportunities) yang ada, bagaimana kekuatan (strengths) mampu menghadapi ancaman (threats) yanga ada, dan bagaimana cara mengatasi kelemahan (weakness) yang mampu membuat ancaman (threats) menjadi nyata dan bahkan mampu menciptakan sebuah ancaman baru.

Penerapan Teori SWOT dalam Periklanan

Bukan hanya di sebuah perusahaan besar, analisis SWOT juga dapat diterapkan di dalam perikalanan. Penerapan SWOT antara perusahaan satu dengan lainnya pasti berbeda. Bukan hanya dalam merencanakan bisnisnya, teori SWOT dalam periklanan penting sangat penting terkait dengan presentasi perusahaan periklanan terhadap konsumennya. Dengan adanya penerapan analisis SWOT maka mampu membantu perusahaan untuk berkompetisi dengan kompetitor dengan menekankan pada spek positif dan mengurangi efek negatif dari perusahaan periklanan yang bersangkutan.

Penerapan SWOT dalam perikalanan yaitu sebagai berikut:

  • Strenghts (Kekuatan)

Perusahaan menganalisis faktor – faktor yang dapat menjadi kekuatan dari usaha yang dijalankannya seperti faktor keahlian, pengalaman, rekam jejak yang baik dalam industri periklanan serta banyaknya peminat yang sedang atau pernah menggunakan jasa periklanan dari perusahaan tersebut.

Efeknya akan berpengaruh pada keuangan perusahaan. Keuntungan dari kekuatan usaha periklanan yaitu tidak memiliki banyak modal dan memiliki banyak eluang yang dapat dimanfaatkan.

  • Weakness (Kelemahan)

Selain memperhatikan faktor yang mendorong kekuatan usaha, perusahaan juga harus menyusu faktor – faktor yang mempengaruhi kelemahan perusahaan. Kelemahan tersebut seperti kurangnya pemahaman konsumen dalam bidang periklanan, kurangnya keterampilan dari sumber daya manusia perusahaan periklanan itu sendiri, atau promosi yang dijalankan kurang menarik perhatian dan minat konsumen.

Untuk itu perusahaan membutuhkan sumber daya manusia yang memiliki skill yang tinggi, juga memiliki relasi yang luas untuk mengembangkan bisnisnya.

  • Opportunity (Peluang)

Setelah mengetahui faktor kekuatan dan kelemahan dari suatu perusahaan maka teknik selanjut yaitu memanfaatkan peluang.

Dengan memanfaatkan hal-hal yang terdapat di dalam kehidupan, perusahaan akan menjadikan peluang tersebut menjadi keuntungan usahanya.

Seperti memanfaatkan kemajuan teknologi yang bisa digunakan untuk membuat sebuah iklan yang lebih berkualitas dan bermutu bagi pelanggan.

Perusahaan juga dapat melihat peluang dari belum banyaknya kompetitor yang tertarik di dalam bidang periklanan sehingga perusahaan dapat menghasilkan banyak produk untuk yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat.

  • Threats (Ancaman)

Selain peluang tentunya terdapat beberapa ancaman yang dapat mengancam perusahaan dalam menjalankan usahanya.

Ancaman – ancaman tersebut daat di minimalisir dengan pemahaman teori SWOT.

Ancaman tidak hanya datang dari kompetito namun bisa juga datang dari konsumen.

Jika ancaman sudah mempengaruhi di dalam perusahaan maka perusahaan akan menerima beberapa efek yang mungkin kurang menyenangkan seperti melemahnya siklus keuangan di perusahaan.

Baca Juga :

Dengan adanya teori SWOT maka perencanaan bisnis yang dikembangkan memiliki tujuan yang spesifik untuk melakukan perencanaan dan manajemen yang strategis.

Dengan teori SWOT organisasi dapat melihat kelemahan organisasinya dengan realistis.

Updated: —

The Author

ilmudasar

Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *