Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Pengertian, Manfaat dan Contoh Dari Tradisi

Pengertian, Manfaat dan Contoh Dari Tradisi – Setiap daerah pasti memiliki tradisi yang sudah diturunkan dari generasi ke generasi. Tradisi ini tidak boleh dirusak bahkan harus dijaga dengan baik. Karena jika dirusak, sang pelaku bisa mendapat hukuman yang bernama sanksi sosial. (Baca Juga : Jenis Norma Sosial)

Dia akan dikucilkan dari lingkungannya bahkan, di daerah tertentu mereka juga dikenakan sanksi adat bisa berupa denda, pengusiran dan lain lain.

Pengertian, Manfaat dan Contoh Dari Tradisi
Pengertian, Manfaat dan Contoh Dari Tradisi

Tentu argumen diatas bukan untuk menakut nakuti anda. Justru, pernyataan diatas bisa menjadi penyemangat anda untuk terus menjadikan tradisi sebagai kebanggaan individu, kebanggaan penduduk setempat dan kebanggaan negara. Jika ini sudah berakar pada semua tradisi di Indonesia, tradisi sebagai budaya dan identitas bangsa akan terus ada sampai kapanpun juga.

Pertanyaannya sekarang apakah tradisi itu? Apakah kita sudah tahu manfaat manfaatnya? Apakah anak anak sudah kita ajarkan contoh contoh tradisi?

Nah, pada artikel berikut ini kami akan menjelaskan secara detail tentang pengertian tradisi, manfaat serta contoh contoh tradisi di Indonesia.

PENGERTIAN TRADISI

Menurut definisi secara etimologis, tradisi adalah kebiasaan yang dilakukan berulang ulang. Sehingga, kebiasaan ini menjadi trand setter tersendiri atau menjadi ciri khas dari penduduk setempat, suatu daerah bahkan menjadi ciri khas suatu negara.

Biasanya tradisi ini memiliki unsur budaya atau kebudayaan.  Maka dari itu, seluruh hasil cipta dan karya manusia yang berupa kesenian, adat istiadat dan tehnik berkehidupan, merupakan unsur tradisi. Namun, sayang pada dekade ini pengertian tradisi mengkerucut hanya pada kesenian atau kebudayaan saja.

Tradisi muncul akibat semangat para leluhur yang tidak patah motivasi ketika mengenalkan tradisi ke generasi selanjutnya. Dan salah satu metode yang mereka gunakan untuk mengenalkan tradisi kepada generasi yang lebih muda adalah melakukan tradisi secara berkelompok.

Nah, dari analisis diatas bisa kita tentukan pengertian tradisi secara detail adalah segenap cipta dan karya manusia baik yang berupa budaya, kesenian dan adat istiadat yang dilakukan secara berulang ulang oleh penduduk setempat di setiap generasi sehingga menjadi ciri khas daerah tersebut dan menjadi kebanggaan bangsanya.

MANFAAT TRADISI

Menjaga tradisi berarti sama juga dengan menjaga warisan leluhur, nenek moyang dan tetua tetua kita. Bukan itu saja, jika dianalisis lebih jernih, ternyata tradisi juga memiliki manfaat yang besar. Bahkan manfaat ini, berhubungan langsung dengan sumbangsih kita pada kedaulatan negara.

Nah, pada ulasan berikut ini, kami akan menjelaskan tentang manfaat manfaat tradisi utamanya tradisi yang ada di Indonesia, yaitu :

  1. Meningkatkan Keharmonisan Antar Masyarakat

Masyarakat adalah keluarga dalam lingkup lebih besar. Melakukan acara acara yang melibatkan masyarakat adalah tindakan bagus untuk mempererat keharmonisan keluarga dalam tanda petik ini.

Nah, acara acara inilah yang ketika dilakukan secara terus menerus akhirnya menjadi tradisi. Efeknya tentu, keharmonisan bermasyarakat juga menjadi tahan lama.

  1. Menjaga Kehidupan Anda tetap Balance

Aktivitas harian merupakan kegiatan rutin yang terkadang terikat dengan regulasi peraturan dan lain lain. Contohnya adalah profesi anda.

Nah, jika ini saja yang anda lakukan, tentu anda akan kepayahan dan stress. Maka dari itu, tradisi, utamanya yang berhubungan dengan tontonan dan pengembangan bakat diri di luar kerja formal seperti membatik, membuat kerajinan dan membajak sawah di sore hari,  bisa digunakan untuk menghilangkan rasa penat. Jika ini anda terapkan secara serius tentu kehidupan anda akan lebih seimbang.

  1. Membangun Ikatan Kedaerahan yang Kental

Ketika kita merantau, tentu yang paling kita ingat adalah rumah kita di kampung. Kita akan bernostalgia dengannya  setiap waktu dengan cara menelpon dan lain lain.

Namun, ada cara lain yang bisa membuat ikatan kita dengan kampung tidak luntur sekalipun sudah di kampung orang, yaitu menonton atau melihat budaya dan tradisi dari kampung kita.

Contoh, ketika kita duduk duduk di pinggir pantai lalu teringat masa masa ketika menonton petik laut di kampung. Pasti, kita akan terharu, ada serakan romatisisme yang menyeruak masuk ke dalam hati anda. Bahkan anda pun pingin segera pulang menjumpai keluarga. Hanya karena ingat tradisi dan budaya petik laut semata.

  1. Mengenalkan Bangsa Sebagai Bangsa Terhormat

Jika bangsa sudah dikenal dengan budaya dan tradisi yang luhur, tentu pandangan masyarakat bangsa lain akan hormat. Bahkan mereka akan berduyun duyun datang untuk melihat dari dekat tradisi dan budaya yang luhur tersebut.

CONTOH CONTOH TRADISI

Nah, ketika anda sudah tahu tentang pengertian dan manfaat tradisi, maka berikut ini akan kami list contoh contoh tradisi di Indonesia supaya pemahaman anda semakin lengkap.

A). Tradisi Madura

  1. Kerapan Sapi
  2. Tari Muang Sangkal
  3. Bertani Tembakau
  4. Pakaian Pak Sakera

B). Tradisi Jawa Barat

  1. Ondel ondel
  2. Upacara Adat Seren Taun
  3. Kuliner Gado Gado
  4. Musik Angklung

C). Tradisi Jogyakarta

  1. Upacara sekaten
  2. Pakaian adat sikep alit
  3. Wayang kulit
  4. batik Kawung

Itulah sebagian kecil tradisi kebanggaan Indonesia. Semoga kita semua masih memiliki semangat tinggi untuk menjaga tradisi tetap ada dan dikenal di masa masa yang akan datang.

You May Also Like

About the Author: ilmudasar

Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *