Pengertian, Jenis, Fungsi Dan Rumus Transformator

Pengertian Transformator : Jenis, Fungsi Dan Rumus Transformator – Di dalam keseharian kita, pasti berhubungan dengan yang namanya alat alat elektronik atau alat alat yang menggunakan listrik.

Seperti lampu, televisi, komputer, radio tape, pemasak nasi dan banyak lagi benda benda elektronik lainnya yang menggunakan bantuan energi aliran listrik.

Baca Juga : Pengertian Resistor

Aliran listrik tersebut terkadang mengandung tegangan yang cukup tinggi. Sehingga harus diturunkan dan distabilkan untuk mencegah terjadinya over hate.

Karena jika tegangan listrik melebihi kapasitas maksimum, potensi kebakaran alat elektornik yang anda punya sangat besar. Maka dari itu, dibutuhkanlah perangkat mesin yang mampu menstabilkan tegangan.

Nah, untuk menurunkan tegangan arus listrik maka lahirlah perangkat atau alat elektronik yang disebut trafo atau transformator.

Pada artikel berikut ini, kami akan menjelaskan tentang pengertian, jenis dan fungsi rumus transformator ( trafo ) yang mungkin berguna bagi anda yang ingin mempelajari perangkat listrik lebih detail.

PENGERTIAN TRANSFORMATOR

Transformator adalah perangkat yang bekerja sebagai penaik dan penurun tegangan listrik ( stabilisator ).

Sedangkan pada sesi sesi tertentu, trafo juga berfungsi sebagai pengirim energi listrik, memisahkan rangkaian, menyesuaikan tegangan, hingga memberi tenaga dan energi terhadap benda benda elektronik.

Transformator atau trafo terangkai dari kumparan ganda atau lebih.  Sifat dari kumparan ini salah satunya adalah bersifat feromagnetik yang berarti kumparan bisa dijadikan sebagai filter pembungkus inti besi.

Format letak kumpuran di dalam trafo tidak bersambung atau terpisah. Kumparan yang terkait dengan aliran listrik AC disebut kumparan primer sedangkan kumparan lain yang terkait dengan alat elektronik disebut kumparan sekunder.

Itu artinya transformator atau trafo termasuk perangkat elektronik yang harus ada pada benda elektronik seperti radio, Komputer, Televisi, Sound Sistem dan lain lain.

Jika benda benda tersebut tidak memiliki trafo, dikhawatirkan masuknya arus listrik menjadi radikal. Bahkan jika tegangan listrik yang masuk begitu tinggi melebihi kapasitas mesin, benda elektronik yang anda punya bisa terbakar akibat kelebihan daya.

JENIS TRANSFORMATOR

Transformator terdiri dari beberapa jenis. Selain bentuk perangkatnya berbeda, fungsi fungsinya juga berbeda. Berikut ini, kami list jenis jenis transformator atau trafo yang lebih lengkap, yaitu :

  1. Transformator Step Up

Transformator step up adalah trafo yang memiliki lilitan sekunder cukup banyak daripada lilitan primernya. Pada umumnya trafo jenis ini hanya berfungsi untuk menaikkan tegangan sebuah pembangkit listrik.

  1. Tranformator Step Down

Transformator step down adalah trafo yang memiliki fungsi berbeda dengan trafo step up. Selain lilitan sekundernya lebih banyak dari lilitan primer, trafo ini hanya berfungsi untuk menurunkan tegangan listrik dari sebuah perangkat.

  1. Auto Transformator

Auto transformator adalah trafo yang hanya memiliki satu jenis lilitan yang bisa disebut lilitan sekunder bisa juga disebut lilitan primer. Namun, yang jelas, lilitan sekunder akan selalu berbanding lurus ke arah arus listirik primer.

Keunggulan dari trafo jenis ini ialah bentuknya yang minim namun kualitas performanya sangat tinggi dibandingkan performa yang dihasilkan oleh trafo berjumlah lilitan ganda atau lebih.

  1. Auto Transformator Variable

Auto transformator variable adalah jenis trafo yang lilitan primer dan sekundernya bisa diubah ubah.

  1. Transformator Isolasi

Transformator jenis ini mempunyai jumlah yang sama antara lilitan primer dan sekundernya. Karena jumlah lilitannya sama, tentu tegangannya juga sama.

  1. Transformator Pulsa

Transformator pulsa adalah jenis trafo yang sengaja dibuat untuk melahirkan getaran pulsa. Perangkat trafo ini terdiri dari bahan pro up sehingga ketika sampai pada titik tertentu, arus listrik di dalam perangkat bisa memunculkan yang namanya fluks magnet.

  1. Tranformator Tiga Fase

Transformator tiga fase adalah alat elektronik yang terhubung secara bersamaan dengan tujuan untuk memaksimalkan fungsi didalam mengatur tegangan arus primer dan sekunder.

FUNGSI TRANSFORMATOR

Transformator atau trafo merupakan perangkat elektronik yang memiliki fungsi besar bagi kebutuhan manusia. Terutama kebutuhan pada pasokan arus listrik. Untuk lebih jelasnya ini dia fungsi fungsi transformator tersebut, yaitu :

  1. Sebagai penyalur arus listrik ke berbagai tegangan baik tinggi maupun rendah.
  2. Sebagai penyeimbang arus dan tegangan
  3. Sebagai sistem komunikasi berbasis frekwensi radio
  4. Sebagai perangkat distribusi listrik dari pembangkit ke pengguna

RUMUS TRANSFORMATOR

Nah setelah kami jelaskan singkat padat tentang pengertian, jenis dan fungsi transformator, berikut ini kami jelaskan juga  tentang rumus transformator.

Untuk menghitung kerja transformator bisa menggunakan tehnik persamaan dengan menggunakan rumus matematis dibawah ini :

Vp = Tegangan primer

Vs  = Tegangan Sekunder

Np = Jumlah lilitan kumparan primer

Ns = Jumlah lilitan kumparan sekunder

Itulah penjelasan tentang pengertian, jenis dan fungsi transformator yang kami kolaborasikan dengan cara menghitung kerja dari transformator dalam bentuk matematis yang disebut dengan istilah rumus transformator.

Baca Juga : Pengertian Dioda

The Author

ilmudasar

Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *