Proses Cara Dan Jenis Penyerbukan Bunga Tulip

Proses Cara Dan Jenis Penyerbukan Bunga Tulip – Tahukan kamu bahwa penyerbukan adalah peristiwa menempelnya serbuk sari di kepala putik. Dan penyerbukan disebut juga persarian.

Nah, hasil dari penyerbukan adalah pembuahan. Lalu kepala putik ada yang berbulu halus, ada yang berlendir, fungsinya agar serbuk sari mudah melekat pada kepala putik.

Dan pada penyerbukan, serbuk sari dapat mencapai kepala putik secara alami atau dengan bantuan manusia. Jadi secara alami, serbuk sari dapat mencapai kepala putik dengan perantaraan angin, hewan, dan air.

Baca Juga : Morfologi Tanaman Hias Tulip

Dari perantara yang menyebabkan terjadinya penyerbukan disebut polinator. Jadi berdasarkan macam perantaranya, penyerbukan dapat dibedakan menjadi penyerbukan oleh angin, hewan, air, dan manusia.

Dalam penyerbukan oleh angin, bunga yang diserbukkan oleh angin mempunyai ciri-ciri sebagai berikut.  Pada bunganya tidak berwarna dan tidak mempunyai kelenjar madu. Lalu serbuk sari berjumlah banyak dan ringan sehingga mudah diterbangkan angin.

Dan kepala sari besar lalu tangkai sari panjang serta bergoyang kalau ditiup angin. Selain itu, putiknya terentang keluar, panjang, dan berbulu. Seperti contoh penyerbukan oleh angin adalah bunga kelapa, rumput, dan jagung.

Dan walaupun kelebihan perkembangbiakan vegetatif lebih unggul daripada perkembangbiakan generatif. Akan tetapi tetap saja, biji yang menjadi sumber benih memang perlu dilakukan perbanyakan. Maka dari itu, perbanyakan tumbuhan dapat dilakukan dengan menjaga siklus pertumbuhan dan perkembangannya.

Dan pada tumbuhan, penyerbukan merupakan salah satu fase terpenting dalam mengembangbiakan tumbuhan dengan cara generatif dan vegetatif. Maka kegiatan ini terjadi karena ada persilangan sendiri atau tetangga antar bunga tulip.

Dan faktor pewarisan sifat dari penyerbukan bunga tulip hampir sama dengan pewarisan sifat pada manusia.  Tahukah kamu jika penyerbukan bunga tulip sendiri tergantung dari jenis bunga tulip yang ditanam. Selain itu, ada beberapa jenis bunga tulip yang tumbuh tetapi masa berbunganya memakan waktu yang sangat lama, kemudian ada juga bunga tulip yang berbunga dalam waktu dekat.

Maka dari itu, cara penyerbukan bunga tulip tergantung dari jenis bunga tulip itu sendiri. Dibawah ini cara penyerbukan bunga tulip yang bisa dilakukan supaya menghasilkan bunga tulip yang beragam warna.

Cara penyerbukan bunga tulip oleh hewan

Dan tidak mungkin bunga tulip yang dikenal dengan bunga yang tidak menghasilkan nektar ini bisa dilakukan penyerbukan oleh hewan. Akan tetapi faktor warna bunga yang mencolok dapat memikat hewan polinator untuk membantu penyerbukan bunga tulip.

  1. Pertama siapkan bunga tulip yang ingin anda lakukan penyerbukan. Apabila bunga tulip belum mekar atau kuncup kamu bisa melakukan perlakuan penusukan pada bagian kuncup bunga supaya gas yang diproduksi keluar. Dan tujuannya adalah supaya bunga tulip menjadi mekar. Selain itu pada bunga yang sudah mekar anda tidak perlu melakukan perlakuan ini.
  2. Hewan polinator akan mengampiri bunga tulip yang mekar atau terbuka mahkota bunganya.
  3. Lalu hewan polinator mencari nektar disepanjang bagian bagian bunga tulip. Kemudian pada bunga tulip putih dari afrika, warna organ seksual berwarna kuning.
  4. Selanjutnya penyerbukan terjadi ketika serbuk sari dari tubuh hewan polinator ke bagian putik atau stigma
  5. Terakhir tahapan perkembangbiakan dari pertemuan serbuk sari dan putik sehingga menghasilkan bakal buah

Dan cara penyerbukan bunga tulip oleh angin

Dalam bunga tulip bisa dilakukan penyerbukan dengan bantuan angin. Dan istilah penyerbukan oleh angin sering dikaitkan dengan anemogami. Lalu  ciri ciri penyerbukan anemogami yang memiliki bunga dengan serbuk sari yang ringan.

Dan merupakan ciri yang paling mencolok dari bunga tulip. Pada saat kondisi angin lebih kencang. Maka kegiatan penyerbukan akan mudah dilakukan karena angin mampu membawa serbuk sari bunga tulip terbang ke stigma bunga tulip lainnya. Untuk itu berikut ini tahapan penyerbukan bunga tulip dengan angin.

  1. Serbuk sari yang melekat pada bunga tulip akan melekat pada hewan
  2. Lalu diwaktu bersamaan angin berhembus sehingga penyebaran serbuk sari dari bunga tulip terjadi.
  3. Jika serbuk sari jatuh pada bunga tulip yang berbeda warna, maka hasil biji dari pembuahan tersebut akan menghasilkan warna yang berbeda. Lalu sedangkan pada serbuk sari yang jatuh pada bunga tulip dengan warna yang sama maka akan menghasilkan warna yang sama.

Cara penyerbukan bunga tulip oleh manusia

Dan cara penyerbukan bunga tulip oleh manusia dilakukan apabila penyerbukan oleh hewan dan manusia sulit dilakukan. Selain itu biasanya penyerbukan yang dilakukan oleh manusia menghasilkan warna bunga yang lebih banyak.

Oleh karena itu  banyak ahli botani yang melakukan rekayasa genetika lewat penyerbukan bunga tulip. Lalu penggunaan alat yang dibutuhkan dalam penyerbukan bunga tulip pada tahapan ini terbilang sangat mudah.

  1. Pertama siapkan bunga tulip yang akan dilakukan penyerbukan yaitu sebagai penyedia serbuk sari dan putik.
  2. Ambil serbuk sari pada bunga tulip menggunakan brush atau kuas supaya menempel.
  3. Lalu pindahkan pada putik yang ada di bunga tulip yang terdapat putik.
  4. Tunggu hingga bunga tulip terjadi pembuahan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Dan semoga dapat memberikan manfaat dan terimakasih.

Baca Juga : Cara Budidaya Tanaman Hias Tulip

The Author

ilmudasar

Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *