Ini Bedanya Daun Majemuk dan Daun Tunggal

Diposting pada

Perbedaan Daun Majemuk dan Daun Tunggal – Ini bedanya daun majemuk dan daun tunggal.  Pohon memiliki beberapa bagian yang memiliki fungsi sendiri-sendiri. Daun merupakan bagian yang juga sangan penting bagi pohon tersebut.

Perbedaan Daun Majemuk dan Daun Tunggal
Perbedaan Daun Majemuk dan Daun Tunggal

Daun teletak di tangkai atau batang, dan pada daun itu sendiri memiliki bagian-bagian yang juga memiliki fungsi sendiri-sendiri.

Maka dari itu sebelum kita mengetahui perbedaan antar daun majemuk dan daun tunggal. Alangkah baiknya jika kita mengetahui bagian-bagian dari daun itu sendiri.

Bagian Bagian Daun

Tangkai Daun

tangkai daun adalah bagian dari daun yang menghubungkan antara daun dengan pohon. Dimana setiap tangkai daun yang satu dengan yang lainnya memiliki bentuk yang tidak sama, tergantung dari besar kecil daun tersebut.

Apa lagi tangkai daun dari pohon yang memiliki perbedaan jenis, maka berbeda pula bentuk tangkainya. Jika dilihat dari segi penampangnya.

Daun memiliki bentuk yang berbeda seperti bulat dan berongga, pipih dengan tepi yang melebar, setengah lingkaran, dan ada juga yang bersegi.

Pelepah daun atau pupih

Pupih hanya terdapat pada tumbuhan berbiji satu atau disebut monokotil. Jadi tidak semua tumbuhan memiliki pupih. Baca Juga : Pengertian Tumbuhan Monokotil

Helai daun.

Bentuk dari helai daun sangatlah beragam, misalnya seperti di bagian tengah helai yang melebar, bagian bawah yang lebar dari pada daunya, ada juga yang sebaliknya, dan tentunya masih banyak yang lainnya.

Dan tentunya tidak hanya itu bagian-bagian yang dimiliki oleh daun. Selain tiga bagian di atas, daun juga memiliki bagian pelengkap lainnya seperti:

  • daun penumpu.
  • lidah daun.
  • selaput bumbung.

Supaya lebih mudah untuk membedakan antara daun tunggal dan daun majemuk. Sebaiknya kita mengerti ciri ciri dari salah satu daun tersebut. Dan dibawah ini adalah ciri ciri daun majemuk.

  1. Anak daun majemuk tumbuh bersama dan ketika gugur juga bersama.
  2. Karena tumbuh bersama maka umur dan ukuran mereka juga sama.
  3. Daun majemuk memiliki batas pertumbuhan, apabila sudah mencapi batas pertumbuhannya maka tidak akan bertambah panjag dan ujungnya tidak memiliki kuncup.
  4. Di bagian ketiak daun majemuk tidak memiliki kuncup.

Selain ciri ciri di atas kita bisa membedakan sesuai dengan susunan anak daun. Dan susunan anak daun tersebut dibagi menjadi empat.

  1. Daun majemuk menyirip
  2. Daun majemuk menjari
  3. Daun majemu bangun kaki
  4. Dan yang terakhir adalah daun majemuk campuran.

Dan lebih jelasnya ini bedanya daun majemuk dan daun tunggal adalah memiliki satu helai daun pada tangakinya, jika itu adalah daun tunggal, sedangkan daun majemuk pada tangkainya memiliki beberapa helai daun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.