Sejarah dan Asal Usul Hari Raya Idul Fitri

Sejarah dan Asal Usul Hari Raya Idul Fitri – Bagi setiap orang mungkin belum tahu tentunya, beberapa orang islam tentang Sejarah dan Asal Usul Hari Raya Idul Fitri. Di sini saya akan menjelaskan Sejarah dan Asal Usul Hari Raya Idul Fitri.

Sejarah dan Asal Usul Hari Raya Idul Fitri

Sejarah dan Asal Usul Hari Raya Idul Fitri

supaya kalian mengerti tentang sejarah dan asal usulnya, kenapa ada hari besar umat islam yaitu Idul Fitri ini.

Yuk, mari saya jelaskan secara singkat, padat, dan jelasnya supaya yang belum tahu menjadi tahu dan yang tahu menjadi ingat tentang hari besar ini terutama umat islam.

Idul Fitri adalah hari raya bagi umat islam di dunia yang dilaksanakan pada 1 syawal pada penanggalan hijriah.

Hari raya idul fitri bisa dibilang adalah hari kemenangan bagi umat islam yang telah melaksanakan puasa di bulan romadhon.

Puasa wajib di bulan romadhon yang dimulai dari terbit fajar sampai terbenam matahari.

Di rayakan setiap tahun bagi umat islam. Namun, karena mengikuti tanggal hijriah maka tanggal hari raya idul fitri ini berubah ubah tidak mengikuti tanggal masehi.

Idul Fitri ini juga menjadi awal baru dari umat islam setelah menunaikan hari kemenangan yang suci ini.

Berbagai cara juga dilakukan untuk menyambut Idul Fitri. Tentunya kegiatan dan sesuatu untuk jadi orang yang lebih baik lagi di dunia.

Contoh hal hal atau kegiatan yang sering dilakukan terutama di Indonesia pada saat bulan romadhon atau setelah hari raya idul fitri adalah sebagai berikut :

  1. Melakukan mudik ke rumah keluarga atau pulang kampung ke rumah orang tua atau ke sanak saudara yang lain.
  2. Adanya tradisi ketupat setelah seminggu hari raya
  3. Adanya malam takbiran di malam hingga pagi sebelum melaksanakan sholat idul fitri
  4. Adanya budaya ke tetangga salam salaman yang biasa dilakukan sambal mengucap Minal Aidin Wal Faidzin atau mohon maaf lahir batin
  5. Datang ke makam saudara atau orang tua yang telah meninggal dengan ziarah dan mendoakannya

Seperti itulah beberapa hal yang dilakukan orang Indonesia saat hari raya idul fitri. Setiap tahun selalu seperti ini karena juga menjadi hal yang wajib dalam hari raya idul fitri. itulah beberapa sejarah idul fitri di Indonesia.

Nah, awal mula idul fitri atau asal usulnya sehingga ada sampai sekarang dan turun temurun.

Sejarah dan Asal Usulnya

Dahulu sebelum ada agama islam yang dibawa oleh Nabi Muhammad Saw.

Pada jaman jahiliyah sudah ada dua perayaan besar yang di namakanNairuz dan Mahrajan.

Kedua hari raya itu di adakan oleh kaum jahiliyah di mekkah dengan mengadakan pesta besar besaran seperti menari-nari, bernyanyi, menyantap hidangan lezat dan tentunya minim minuman yang memabukkan.

Saat agama Islam yang dibawa oleh Nabi Muhammad Saw. Menurut ensiklopedia islam Hari raya idul fitri pertama kali pada tahun ke 2 hijriyah.

Dan saat itu, sedang ada peperangan yaitu perang badar. Dan umat islam juga dalam puasa di bulan Ramadhan.

Dalam pertempuran ini kaum Nabi Muhammad mendapat kemenangan saat perang dan di kondisi berpuasa Nabi Muhammad dan para pengikutnya juga menang menahan puasa saat perang.

Dari sinilah kata “minal faidin wal faizin” yang lengkapnya Allahummaj’alna Minal aidin walfaidzin yang artinya Ya Allah, jadikanlah kami termasuk orang orang yang kembali (dari perang badar) dan mendapatkan kemenangan.

Dalam sebuah riwayat Nabi Muhammad dan Kaumnya menunaikan Sholat Idul Fitri dengan luka luka yang belum pulih dari perang badar.

Sampai sampai Nabi SAW menyampaikan Khotbah dengan letih. Saat sholat dan khotbah selesai, para sahabat saling bertemu dan mengucapkan “Taqobbalallahu minna waminkum” yang artinya Semoga Allah Menerima Ibadah kita semua.

Nah singkatnya seperti itu, dan tiap tahun selalu ada dari jaman Nabi Muhammad sampai sekarang.

Bersyukurlah kita umat islam sudah di takdirkan islam. Kita harus terus menjaga agama islam ini di jaman sekarang sampai besok dan seterusnya. Demikian artikel yang saya buat. Semoga bermanfaat.

The Author

ilmudasar

Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..